Apa Benar Nasi Dingin Lebih Baik untuk Penderita Diabetes?

Reporter : Mila Ismiranda
Rabu, 18 Januari 2023 07:57
Apa Benar Nasi Dingin Lebih Baik untuk Penderita Diabetes?
Simak faktanya di bawah ya!

Penderita diabetes harus berhati-hati dalam mengonsumsi nasi putih guna mencegah kenaikan gula darah secara drastis. Selain anjuran untuk membatasi asupannya, ada anggapan bahwa nasi putih yang dingin lebih aman untuk orang yang punya penyakit diabetes.

Apa benar demikian?

1 dari 5 halaman

Nasi Panas vs Nasi Dingin untuk Diabetes

Penderita diabetes harus membatasi konsumsi nasi putih karena makanan ini memiliki indeks glikemik (IG) yang tinggi. Semakin tinggi indeks glikemik suatu bahan makanan, semakin cepat makanan tersebut menyebabkan kenaikan gula darah.

Tapi, nasi dengan suhu yang lebih dingin mungkin tidak menimbulkan efek yang sedemikian drastis pada gula darah penderita diabetes. Inilah yang coba dibuktikan oleh sekelompok peneliti dari Universitas Indonesia pada 2015.

Mereka menemukan bahwa nasi dingin memiliki kandungan pati resisten yang lebih tinggi dari nasi panas. Pati resisten adalah sejenis serat yang tidak bisa dicerna oleh usus halus. Serat ini akan langsung bergerak ke usus besar untuk difermentasi.

2 dari 5 halaman

Pada uji coba tersebut, tim peneliti mendinginkan nasi dalam suhu 4 derajat Celsius selama 24 jam. Menariknya, kandungan pati resisten tetap sama dan indeks glikemiknya tidak meningkat bahkan setelah nasi dipanaskan kembali.

Dengan adanya kandungan pati resisten tersebut, nasi dingin secara tidak langsung membantu mengontrol gula darah penderita diabetes. Bahkan pada penelitian lainnya, konsumsi nasi dingin berpotensi mengurangi risiko penyakit ini.

3 dari 5 halaman

Manfaat Nasi Dingin untuk Diabetes

Secara umum, ini berbagai hal yang membuat nasi dingin lebih unggul dari nasi panas:

  • Membantu mengontrol gula darah
  • Membantu kerja insulin
  • Memberikan rasa kenyang
  • Mendukung pertumbuhan bakteri usus
  • Menurunkan kolesterol

4 dari 5 halaman

Tips Aman Makan Nasi untuk Penderita Diabetes

Nasi yang dingin memang lebih baik untuk penderita diabetes, tapi kamu juga perlu memilih jenis beras yang tepat. Beberapa jenis beras memiliki indeks glikemik rendah sehingga lebih baik untuk penderita diabetes yang harus mengontrol gula darahnya.

Beras basmati cokelat dan beras merah merupakan beras terbaik untuk penderita diabetes. Selain mempunyai indeks glikemik yang rendah, keduanya juga rendah kalori serta kaya akan serat dan protein.

Saat mengonsumsi nasi, perhatikan pula porsinya. Ikuti saran dokter atau ahli gizi mengenai banyaknya nasi yang boleh kamu konsumsi dalam sehari.

Beri Komentar