Kenapa sih Saat Siku Terbentur Rasanya Seperti Kesetrum?

Reporter : Mila
Sabtu, 14 Januari 2023 07:57
Kenapa sih Saat Siku Terbentur Rasanya Seperti Kesetrum?
Pasti pernah ngalamin dong?

Mungkin pernah sekali, dua kali, atau bahkan sering, siku tanganmu tanpa sengaja menabrak benda keras. Selain nyeri, kebanyakan orang lebih mengeluhkan rasanya yang seperti kesetrum.

Penasaran kenapa hal ini bisa terjadi? Simak penjelasan di bawah ya!

1 dari 8 halaman

Apa sih Penyebabnya?

Mengalami benturan pada area siku atau yang juga disebut dengan tulang lucu, memang membuat terasa tak nyaman. Dikatakan tulang lucu, bukan semata-mata dianggap sebagai sesuatu yang bakal memancing gelak tawa, melainkan merupakan titik saraf ulnaris.

Salah satu alasan titik saraf tersebut mendapat julukan tulang lucu, yaitu mungkin ada kemiripan suara antara nama tulang lengan atas “ humerus” dan kata “ humor”, sehingga digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang lucu.

Ini juga bisa merujuk pada sensasi kesetrum yang kamu rasakan saat siku terbentur.

2 dari 8 halaman

Pengaruh Saraf Ulnar

Semua sensasi yang muncul saat siku tangan terbentur sebenarnya bukan berasal dari tulang siku, melainkan karena ada saraf ulnar di dalamnya. Saraf ulnar pada siku terletak di belakang tulang humerus, yaitu tulang yang membentang mulai dari siku sampai ke bahu.

Fungsi saraf ulnar adalah sebagai pengatur otot yang memudahkan pergerakan jari, tangan, serta otot lengan bagian bawah. Berbeda dengan saraf lainnya di dalam tubuh, tidak semua bagian saraf ulnar dilindungi oleh otot atau tulang. Oleh karena itu, saraf ini sangat sensitif saat mengalami benturan.

3 dari 8 halaman

Respons Cepat ke Otak

Bagian saraf ulnar tidak tertutupi oleh tulang dan otot. Nah, bagian yang terbuka tanpa perlindungan itu yang sangat sensitif. Itulah kenapa saat siku terbentur tanpa disengaja, saraf ulnar di area siku akan mengirimkan sinyal ke otak dengan cepat.

Otak pun merespons hal ini dengan menimbulkan sensasi kesemutan seperti kesetrum ringan. Bahkan terkadang, kamu bisa sampai mengalami mati rasa di lengan hingga ke jari-jari tangan.

Tapi tenang, kondisi ini biasanya tidak akan bertahan lama dan bisa sembuh dalam hitungan menit setelah siku terbentur.

4 dari 8 halaman

Cubital Tunnel Syndrome

Meski tidak bahaya, dalam beberapa kasus lain saraf ulnar yang ada di siku mengalami tekanan sehingga menyebabkannya sensasi terasa kesetrum. Kondisi ini dikenal sebagai cubital tunnel syndrome.

Menurut American Academy of Orthopedic Surgeons, ada beberapa kegiatan yang berisiko mengakibatkan cubital tunnel syndrome.

Hal tersebut bisa terjadi kalau hobi menyandarkan siku pada permukaan yang keras, menekuk siku dalam waktu lama, melakukan aktivitas berat yang terlalu menekan saraf ulnar, atau memang ada masalah pada struktur tulang di bagian siku.

5 dari 8 halaman

Neuropati Perifer

Selain itu, siku terbentur terasa kesetrum bisa disebakan oleh kerusakan saraf tepi atau perifer yang juga disebut dengan neuropati perifer. Kendati begitu, kasus ini masih jarang terjadi karena biasanya ada kemungkinan penyebab atau komplikasi neurologis lain yang mendasari.

Hal ini termasuk cedera termal pada jaringan perineural, aktivitas sistem saraf simpatis yang berlebihan, cedera vaskular, dan perubahan histologis atau elektrofisiologis.

6 dari 8 halaman

Neuralgia

Neuralgia adalah nyeri pada jalur saraf. Secara umum, kondisi ini bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala cedera atau gangguan tertentu. Dalam banyak kasus, penyebab rasa sakit termasuk neuralgia trigeminal tidak diketahui secara pasti, tapi sering kali dapat ditandai dengan rasa sakit yang tajam dan terasa seperti kesetrum.

Biasanya, kalau benturan yang bersifat ringan, maka keluhan rasa seperti kesetrum akan menghilang sendiri dalam beberapa jam. Sementara kalau benturan yang terjadi cukup kencang, maka bisa menyebabkan beberapa kondisi yang lebih serius, seperti cedera saraf, cedera pada jaringan disekitar siku, patah tulang, dislokasi.

7 dari 8 halaman

Mengatasi Siku Terbentur dengan Rasa Kesetrum

  • Beristirahat dan menghentikan aktivitas yang memperparah kondisi, seperti menekuk siku.
  • Menggunakan belat atau penahan siku busa pada malam hari, untuk membatasi gerakan dan mengurangi iritasi.
  • Memakai bantalan siku, untuk melindungi dari iritasi kronis pada permukaan yang keras.
  • Mengonsumsi obat anti inflamasi, seperti ibuprofen atau naproxen.

Dalam beberapa kasus, kalau masalah siku kesetrum tidak kunjung sembuh, segera kunjungi dokter.

Beri Komentar