Ternyata Ada Lho Orang Alergi Buah, Apa saja Tandanya?

Reporter : Mila
Rabu, 11 Januari 2023 07:57
Ternyata Ada Lho Orang Alergi Buah, Apa saja Tandanya?
Kok bisa ya?

Umumnya, alergi makanan disebabkan oleh bahan yang mengandung kacang, susu, atau bahkan sumber protein lainnya. Tapi, tahukah kamu kalau ada juga yang mengalami alergi buah?

Sama seperti alergi makanan lainnya, alergi buah akan menyebabkan rasa gatal setelah memakannya. Lantas, mengapa seseorang bisa mengalami alergi buah?

1 dari 6 halaman

Alergi Buah

Alergi buah adalah kondisi saat tubuh seseorang menganggap zat yang terkandung dalam buah tersebut berbahaya, sehingga menimbulkan reaksi alergi berupa gatal-gatal atau bengkak setelah mengonsumsinya.

Pertama, tubuh mengalami sensitisasi yaitu saat paparan alergi masuk ke dalam tubuh sistem kekebalan akan melihat zat tersebut sebagai ancaman yang berbahaya.

Kemudian, tubuh menghasilkan antibodi yang akan memicu pelepasan zat pelawan alergen seperti histamin. Keluarnya histamin yang bertemu dengan alergen inilah yang nantinya menimbulkan reaksi alergi.

2 dari 6 halaman

Kandungan yang Menyebabkan Alegi Buah

Pada orang dengan alergi buah, salah satu kemungkinan penyebabnya yaitu kandungan profilin, sejenis protein nabati, pada buah. Protein ini berperan dalam pembentukan sel tanaman dan dapat ditemukan pada melon, semangka, jeruk, dan pisang.

Ada pula dua kondisi yang sering menjadi pemicu terjadinya reaksi alergi pada buah-buahan, yaitu sindrom alergi oral dan alergi lateks.

Sindrom alergi oral (pollen-food allergy syndrome) dipicu adanya protein dari buah yang mirip protein penyebab alergi. Protein penyebab alergi makanan ini biasanya ditemukan pada serbuk sari, seperti ragweed, birch, mugwort, dan rumput.

Sementara, alegi lateks terjadi saat tubuh sensitif terhadap protein tertentu yang ada dalam karet lateks, maka besar kemungkinannya juga akan sensitif pada buah-buahan yang memiliki kandungan protein yang mirip dengan lateks.

3 dari 6 halaman

Siapa Saja yang Berisiko Alegi Buah?

Orang dengan riwayat reaksi alergi terhadap pohon birch, tanaman ragweed, atau serbuk sari rumput bisa mengalami sindrom alergi oral. Tapi, kondisi ini biasanya tidak ditemukan pada anak-anak.

Sebaliknya, anak 10 tahun ke atas atau menginjak remaja dan orang dewasa muda malah bisa mengalami alergi buah meski sudah makan buah yang sama bertahun-tahun. Ini karena sensitivitas oral bisa berkembang seiring bertambahnya usia.

4 dari 6 halaman

Gejala saat Reaksi Alergi Buah Terjadi

Reaksi alergi biasanya akan muncul hanya dalam hitungan menit setelah konsumsi buah pemicu. Tapi, ada juga beberapa orang yang baru mengalami reaksi setelah satu hingga dua jam.

Beberapa gejala alergi makanan yang disebabkan karena buah termasuk:

  • ruam pada kulit,
  • gatal pada kulit,
  • bengkak dan gatal-gatal pada bibir, lidah, dan area dalam mulut,
  • tenggorokan gatal,
  • sakit perut, mual, dan muntah,
  • bersin, serta
  • pilek.

5 dari 6 halaman

Mengatasi Alegi Buah

Kalau kamu sudah benar-benar didiagnosis mengidap alergi ini, mulailah hindari makanan atau minuman yang mengandung buah pemicu, tak terkecuali produk kecantikan yang menggunakan buah tersebut sebagai bahannya seperti lip balm.

Saat pergi berbelanja bahan-bahan makanan, ingatlah untuk selalu membaca label komposisi bahan. Pastikan produk yang dibeli terbebas dari buah yang dapat memicu alergi.

Beri Komentar