9 Tips Menurunkan Gula Darah secara Alami

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 22 Agustus 2023 12:44
9 Tips Menurunkan Gula Darah secara Alami
Di antara tips menurunkan gula darah dalam tubuh yakni dengan menjaga asupan makanan, olahraga hingga cukup minum air putih.

Tahu nggak sih Diazens, tingginya gula darah akan memicu banyak penyakit yang fatal loh. Kalau kamu biarkan terus menerus dan tak melakukan upaya menurunkan gula darah, penyakit seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal dan serangan jantung akan menghampiri kamu.

Nggak peduli usia tua ataupun muda, gula darah bisa menyerang siapa saja. Jadi, jika kamu punya gula darah yang tinggi, maka kamu harus menerapkan pola hidup sehat untuk menurunkannya dan tidak melakukan beberapa pantangan. Seperti apa caranya?

Diadona telah merangkum beberapa tips menurunkan gua darah dari berbagai sumber yang bisa lakukan secara mandiri. Jadi, yuk simak beberapa caranya di bawah ini, Diazens!

1 dari 5 halaman

Kurangi Makanan Manis dan Berlemak

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Mengurangi konsumsi makanan manis dan berlemak adalah langkah pertama yang penting dalam menurunkan gula darah. Makanan manis mengandung gula tambahan yang dapat langsung meningkatkan gula darah kamu loh Diazens. Begitu pula dengan makanan berlemak tinggi, karena lemak jenuh dapat mengganggu sensitivitas insulin.

Menurut American Diabetes Association, mengurangi asupan gula tambahan dan lemak jenuh dalam diet dapat membantu mengontrol gula darah. Sebagai gantinya, pilihlah makanan alami seperti buah-buahan segar sebagai sumber gula alami dan lemak sehat seperti alpukat dan kacang-kacangan.

Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Serat adalah teman baik bagi kamu yang ingin menurunkan gula darah. Jadi, serat akan membantu memperlambat penyerapan gula dalam darah, sehingga mencegah lonjakan gula darah. Kamu bisa memanfaatkan sayuran hijau, biji-bijian utuh, dan buah-buahan berkulit adalah sumber serat yang baik.

Menurut Mayo Clinic, serat larut dalam air seperti yang terdapat dalam oat dan kacang-kacangan dapat membantu mengendalikan gula darah dengan cara yang lebih efektif.

2 dari 5 halaman

Batasi Asupan Karbohidrat

Ilustrasi Makanan Karbohidrat © Diadona

Kemudian, kamu juga harus membatasiasupan karbohidrat kamu. Jadi karbohidrat memengaruhi gula darah karena diubah menjadi glukosa oleh tubuh. Makanan kaya karbohidrat sederhana seperti roti putih dan nasi bisa menyebabkan lonjakan gula darah.

Sebagai alternatif, pilihlah karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh, beras merah, dan kentang manis. Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan menggantikan karbohidrat olahan dengan pilihan yang lebih sehat untuk membantu menjaga stabilitas gula darah.

Mengontrol Porsi Makanan

Yang nggak bisa kamu kesampingkan juga adalah mengontrol porsi makan. Mengontrol porsi makanan adalah cara penting untuk mengelola gula darah. Karena terlalu banyak makan dapat menyebabkan peningkatan gula darah yang signifikan.

Pertimbangkan untuk menggunakan piring yang lebih kecil, mengukur porsi makanan dengan tepat, dan menghindari makan berlebihan. American Heart Association menekankan pentingnya mengontrol porsi makanan untuk menjaga berat badan yang sehat dan mengatur gula darah.

3 dari 5 halaman

Perbanyak Air Putih

Ilustrasi Air Putih © Diadona

Kemudian memperbanyak asupan air putih juga penting loh. Air putih adalah elemen penting dalam menjaga kesehatan dan mengatur gula darah. Mengonsumsi cukup air membantu ginjal menghilangkan kelebihan gula melalui urin.

Selain itu, air dapat membantu mengurangi rasa lapar yang mungkin memicu makan berlebihan. Mayo Clinic merekomendasikan untuk minum air secara teratur sepanjang hari, terutama jika memiliki masalah gula darah yang tidak terkontrol.

Jaga Berat Badan Ideal

Lalu, kamu mau nggak haru s menjaga berat badan ideal kamu. Menjaga berat badan ideal merupakan langkah penting dalam mengendalikan gula darah. Kegemukan dan obesitas dapat menyebabkan resistensi insulin, yang membuat tubuh sulit menggunakan gula dengan efisien.

Dengan menjaga berat badan di kisaran yang sehat, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), penurunan sebanyak 5-10% dari berat badan awal dapat membantu mengontrol gula darah pada individu yang berisiko.

4 dari 5 halaman

Olahraga Teratur

Ilustrasi Olahraga © Diadona

Kemudian harus olahraga beratur juga ya Diazens. Olahraga tidak hanya membantu menjaga berat badan, tetapi juga berkontribusi dalam menurunkan gula darah secara alami. Saat berolahraga, otot-otot menggunakan lebih banyak glukosa untuk energi.

Nah, ini membantu mengurangi jumlah glukosa yang beredar dalam darah. American Diabetes Association merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik ringan hingga sedang per minggu, seperti berjalan cepat, bersepeda, atau berenang.

Istirahat yang Cukup

Jangn lupa juga untuk memiliki istirahat cukup. Tidur yang cukup dan berkualitas memiliki dampak besar pada kesehatan gula darah. Sebaliknya, kurang tidur dapat mengganggu regulasi hormon yang mempengaruhi gula darah, seperti insulin.

Oleh karena itu, pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup setiap malamnya. Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa umumnya membutuhkan 7-9 jam tidur per malam untuk menjaga kesehatan dan gula darah yang baik.

5 dari 5 halaman

Kendalikan Stress

Terakhir, jangan lupa untuk mengelola tingkat stress kamu ya Diazens. Pasalnya, stress yang berlebihan dapat memicu peningkatan gula darah karena tubuh melepaskan hormon stres seperti kortisol.

Mengelola stres dengan efektif dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Harvard Health Publishing merekomendasikan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, dan pernapasan dalam untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Dengan menggabungkan tips-tips di atas, kamu dapat mengelola dan menurunkan gula darah kamu secara alami dan meningkatkan kualitas hidup loh Diazens. Namun, selalu dahulukan untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan professiona sebelum melakukan sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan.

Terutama jika Kamu memiliki riwayat kondisi kesehatan yang kamu derita sebelumnya. So, stay healthy ya, Diazens!

Beri Komentar