Resep Garang Asem Ayam Tanpa Santan yang Sederhana dan Segar

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 18 Desember 2023 13:11
Resep Garang Asem Ayam Tanpa Santan yang Sederhana dan Segar
Walau tanpa santan, namun lemak dari ayam yang dimasak dengan bumbu dan blimbing wuluh menghasilkan cita rasa gurih dan segar.

Kalau kamu bingung dengan resep olahan ayam yang gitu-gitu doang, yuk naikkan level kemampuan memasakmu dengan resep garang asem ayam tanpa santan dan daun pisang. Rasanya gimana? Ada asem dari belimbing wuluh, segar karena tak menggunakan santan dan tentu saja gurih karena rebusan ayam.

Dikutip dari Wikipedia, garang asem ayam adalah makanan tradisional khas Solo, Jawa Tengah yang dibuat dari olahan ayam yang dimasak dengan bungkus daun pisang. Cita rasanya asam, pedas dan juga segar. 

 

1 dari 4 halaman

Resep Garang Asem Ayam Tanpa Daun Pisang © Diadona

Tahukah kamu kalau ternyata nih makanan yang dibungkus dengan daun pisang memiliki cita rasa yang lebih nendang lho! Salah satu alasannya karena kandungan lilin alami di permukaan daun pisang. Saat dimasak, lilin pada daun pisang yang akan menguap dan menambah cita rasa makanan. Uap lilin ini juga bikin makanan jadi lebih harum, lho!

Lapisan lilin pada daun pisang juga menahan makanan berkuah di dalamnya biar nggak tumpah atau merembes keluar. 

Tapi bahaya nggak sih? Jawabannya adalah tidak sama sekali.

Makanya kamu bisa menggunakan daun pisang sebagai bungkus makanan tanpa perlu merasa khawatir. Yang penting adalah bungkus makanan dengan tepat sehingga makanan tidak tumpah.

Namun walaupun daun pisang punya peran penting dalam menambah cita rasa pada resep garang asem ayam, kamu tetap bisa membuat sajian ini tanpa kehadiran daun pisang kok! Ganti daun pisang dengan menggunakan pinggan tahan panas bila ingin memasaknya dengan cara dikukus, atau masak saja di atas wajan seperti biasa.

Cita rasanya mungkin akan sedikit berbeda, tapi tidak ada salahnya mencoba, bukan?

2 dari 4 halaman

Resep garang asem umumnya menggunakan santan di dalamnya. Pada masakan apapun, santan bertugas memberikan rasa gurih karena kandungan lemaknya. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, santan sebenernya punya banyak keistimewaan buat tubuh lho! Mulai dari meningkatkan kolesterol baik, meningkatkan berat badan sampai membantu kekebalan tubuh.

Tapi beberapa orang memilih untuk tak mengkonsumsi santan sama sekali dalam upaya menjaga berat badan dan kesehatan tubuh. Tentu saja kamu bisa menggantinya dengan pilihan santan sehat atau menghilangkan bahan santan dalam masakan itu sendiri.

Dalam resep garang asem tanpa santan yang dikutip dari akun Cookpad Fitri Yani berikut, rasa gurih masakan ditopang oleh lemak pada ayam yang direbus dan juga bumbu-bumbu yang ditumis. Bahannya sederhana dan gampang banget bikinnya!

3 dari 4 halaman

Resep Garang Asem Ayam Tanpa Santan © Diadona

Bahan : 

  • 500 gram ayam cuci bersih, beri garam dan jeruk nipis lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit untuk menghilangkan aroma amisnya. Cuci kembali di air mengalir hingga bersih.
  • 1 liter air
  • 8 buah belimbing wuluh, potong-potong
  • 1 buah tomat, belah jadi empat bagian
  • 8 siung bawang merah, iris
  • 5 siung bawang putih, iris
  • 5 buah cabe merah, iris
  • 5 buah cabe rawit, biarkan utuh
  • seruas jari jahe, iris
  • seruas jari lengkuas, geprek
  • 3 lembar daun salam
  • 1 buah sereh, geprek ikat
  • secukupnya garam dan gula

Cara Membuat :

Di minyak panas, tumis bawang merah, bawang putih dan juga cabe yang sudah diiris tipis. Tambahkan juga jahe, lengkuas, daun salam, serta sereh. Tumis seluruh bahan hingga harum.

Bila bumbu sudah tercium wanginya, masukkan ayam. Aduk sebentar hingga ayam tercampur rata dengan bumbunya.

Masukkan air, belimbing wuluh, cabe rawit dan tomat, beri garam dan gula secukupnya, koreksi rasanya. Selanjutnya masak hingga ayam matang dan kuah menyusut. Koreksi rasa dan sajikan deh!

4 dari 4 halaman

Kalau kamu nggak punya belimbing wuluh untuk menghasilkan cita rasa asem segar garang asem, kamu bisa menggantinya dengan tomat hijau kayak resep di video berikut ini :

Resep garang asem ayam tanpa santan dan tanpa daun pisang ternyata mudah sekali, bukan?

 

Beri Komentar