29 Penyebab Migrain Kiri, Kanan dan Cara Mengatasinya

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 19 Mei 2020 12:48
29 Penyebab Migrain Kiri, Kanan dan Cara Mengatasinya
Penyebab migrain berbeda-beda loh tergantung letaknya!

Ada beberapa penyebab migrain yang perlu kita ketahui. Letak sakit yang berbeda juga disebabkan faktor yang beda. Migrain sendiri adalah kondisi dimana sakit menyerang kepala. Rasanya kepala berdenyut dan biasa terjadi di salah satu sisi saja.

Biasanya memang bisa pulih dalam beberapa waktu saja. Namun, hal ini bisa cukup mengganggu aktivitas. Kenali penyebab migrain agar bisa mengatasinya.

1 dari 8 halaman

Penyebab Migrain Kiri

Penyebab Migrain © Diadona
Penyebab migrain kiri bisa dikarenakan faktor gaya hidup, seperti minum alkohol, telat makan, kurang tidur sampai stres. Ada juga faktor lain, seperti makanan yang bisa jadi penyebab migrain kiri.

Salah Makan


Penyebab migrain kiri bisa dari pola makan yang salah. Misalnya telat makan, sehingga kelaparan. Padahal otak membutuhkan glukosa dari makanan sebagai bahan bakar. Selain itu makan makanan yang mengandung bahan pengawet juga bisa memicu migrain di sebelah kiri. Misalnya keju tua, anggur merah, kacang-kacangan dan daging olahan.

Alkohol


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa mengonsumsi alkohol, bir, anggur dan lainnya yang mengandung etanol bisa menyebabkan pembuluh darah melebar. Hal inilah yang menyebabkan saraf di kepala tertekan.

2 dari 8 halaman

Stres

Ilustrasi Wanita Stres © Diadona
Mengalami stres menyebabkan tubuh melepaskan bahan kimia yang memiliki sifat 'figh or fligh'. Dimana hal ini menjadikan otot-otot tegang dan mengubah aliran darah sehingga kepala jadi sakit.

Insomnia


Insomnia atau kurang tidur juga bisa memicu sakit migrain di sebelah kiri. Ketika kepala sakit juga membuat kamu jadi susah tidur, iya kan? Jadilah lingkaran setan jika tidak segera ditangani.

Selain itu, posisi tidur yang salah juga bisa jadi penyebab migrain kiri. Di pagi hari nantinya leher akan terasa nyeri atay kaku dan inilah penyebab kepala sebelah kiri jadi sakit.

3 dari 8 halaman

Masalah Gigi

Ilustrasi Wanita Sakit Gigi © Diadona
Jika mengalami sakit gigi atau gusi juga bisa menyebar sampai ke kepala. Jika sakit gigi atau gusi di sebelah kiri maka, kepala sebelah kiri yang akan terserang.

Mengonsumsi Obat Berlebih


Sadar nggak, kalau kebanyakan minum obat bisa juga menyebabkan migrain? Apalagi kalau dikonsumsi dalam jangka panjang lebih dari tiga hari atau seminggu. Obat-obatan tersebut antara lain, tramadol, aspirin, parasetamol, ibuprofen, naproxen, triptan, ergotamin, oxycodone dan hydrocodone.

Infeksi dan Alergi


Adanya infeksi pernapasan atau pilek dan demam bisa jadi penyebab migrain kiri maupun kanan. Sebab saluran sinus yang tersumbat bisa membuat kepala sakit. Apalagi kalau menderita infeksi serius seperti ensefalitis dan meningitis bisa menyebabkan sakit kepala yang lebih parah. Biasanya disertai gejala lain seperti kejang, demam tinggi dan leher kaku.

4 dari 8 halaman

Menggunakan Penutup Kepala

Perempuan Pakai Helm © Diadona
Menggunakan penutup kepala seperti topi, helm atau lainnya memang bukan masalah. Tapi kalau memakainya terlalu kencang akan memberikan tekanan pada satu atau kedua sisi kepala. Hal inilah yang mungkin tanpa disadari bisa jadi penyebab migrain kiri maupun kanan.

Gangguan Saraf


Jika ada masalah pada saraf bisa jadi sumber sakit kepala di sebelah kiri. Iritasi pada saraf oksipital yang terletak di dasar tengkorak bisa menyebabkan rasa sakit yang hebat seperti ditusuk-tusuk di bagian belakang kepala.

Ada juga giant cell arteritis yang mana kondisi pembengkakan pembuluh darah di sepanjang sisi kepala. Biasanya akan mengalami sakit kepala, nyeri di rahang, bahu bahkan sampai pinggung seiring dengan perubahan visual.

Trigeminal neuralgia juga merupakan pernerima rangsang rasa pada wajah dan sebagain kepala. Jika ada gangguan pada saraf ini bisa mengakibatkan rasa sakit di sisi wajah sampai kepala yang terkena.

5 dari 8 halaman

Geger Otak


Pukulan keras di kepala bisa menyebabkan cedera otak traumatis. Rasa sakit ini bisa membuat kepala jadi nyeri di bagian kanan atau kiri. Selain itu juga geger otak membuat penderitanya merasa mual, muntah dan bingung.

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, ada juga beberapa penyakit yang jadi penyebab migrain kiri, di antaranya:

1. Hipertensi atau tekanan darah tinggi
2. Glukoma
3. Stroke
4. Tumor Otak

6 dari 8 halaman

Penyebab Migrain Kanan

Penyebab Migrain © Diadona
Kalau tadi sudah mengenal penyebab migrain kiri itu apa saja, sekarang giliran yang memicu migrain kanan. Biasanya akan merasa kepala berdenyut, penglihatan terganggu, mual, muntah dan sensitif terhadap cahaya maupun suara. Migrain di sebelah kanan bisa dideteksi dengan penyebab sebagai berikut:

1. Perubahan cuaca
2. Stres atau merasa cemas
3. Cahaya yang terlalu terang
4. Alkohol
5. Keju
6. Cokelat, karena adanya asam amino yang menyebabkan perubahan aliran darah
7. Daging
8. Perubahan hormon pada perempuan
9. Telat makan
10. Kelelahan, kurang tidur atau insomnia
11. Bau yang menyengat
12. Suara yang terlalu keras
13. Ada juga pendapat para ahli karena faktor keturunan
14. Gangguan pada otot leher
15. Penggunaan obat tertentu dalam jangka panjang

7 dari 8 halaman

Penyebab Migrain dan Cara Mengatasinya

Penyebab Migrain © Diadona
Kalau sudah tahu faktor-faktor yang bisa jadi penyebab migrain, inilah cara mengatasinya yang bisa dilakukan dengan cepat.

1. Mandi air hangat, dengan begitu otot akan rileks dan tidak tegang lagi.

2. Kompres leher bagian belakang dengan air hangat yang diletakkan pada handuk.

3. Berisitirahat atau tidur siang.

4. Minum air putih yang banyak.

5. Memijat bagian yang sakit.

 

8 dari 8 halaman

6. Menghindari kelelahan dan stres.

7. Memperbaiki posisi tidur.

8. Jangan terlalu sering mengikat rambut, biarkan tergerai bebas. Selain agar tidak pusing, juga membiarkan rambutmu bernapas.

9. Kalau cahaya berlebih atau suara dan bau jadi penyebab sakit kepala, maka hindari dan cari suasana baru yang lebih segar.

10. Olahraga atau melakukan pemanasan setiap hari agar otot-otot di badan tidak kaku.

Itu tadi beberapa penyebab migrain kiri maupun kanan yang sering terjadi dan cara mengatasinya. Selamat mencoba hidup lebih sehat ya guys!

Beri Komentar