11 Cara Menghilangkan Pusing saat Hamil dengan Cepat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 28 Januari 2020 00:00
11 Cara Menghilangkan Pusing saat Hamil dengan Cepat
Sering dianggap remeh, pusing yang diderita bisa sangat mengganggu aktivitas. Walaupun begitu, ada banyak cara menghilangkan pusing semudah tidur nyenyak, dan hal-hal lainnya. Apa saja?

Bagi sebagian orang, pusing dapat berarti hal yang berbeda dan dapat disebabkan oleh berbagai alasan atau situasi. Misalnya, sebagian orang menggambarkan pusing sebagai perasaan yang bikin kepala berat, beberapa yang lain bilang kepala mereka seperti berputar, baik diri mereka sendiri maupun dunia di sekeliling mereka.

Namun, beberapa orang juga mengatakan mereka bisa mengalami pusing dengan kombinasi mual, muntah, atau perasaan akan pingsan. Yang perlu diketahui adalah, pusing terjadi bukan sebagai penyakit atau kondisi dengan sendirinya, tapi sebagai gejala dari masalah kesehatan lain.

Berikut 11 cara menghilangkan pusing yang dirangkum dari berbagai sumber:

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Pusing

Ilustrasi minum air putih © Diadona


Seiring dengan waktu, pusing di kepala biasanya kana berangsur hilang dengan sendirinya tanpa harus minum obat. Tapi ada juga harus melalui tahap pengobatan. Ini lho cara menghilangkan pusing yang mungkin cocok untuk kamu.

Berbaring

Kalau kamu saat berdiri, cara menghilangkan pusing bisa kamu lakukan dengan berbaring selama beberapa menit. Posisi ini akan mendorong aliran darah ke otak, sehingga rasa pusing akan berkurang. Setelah berbaring, coba duduk secara bertahap dan tetap duduk selama beberapa menit lagi sebelum berdiri - perlahan.

Tes Darah

Tes darah memang tidak bisa sebagai cara menghilangkan pusing, namun dapat mendeteksi apakah penyebab pusing berasal dari gangguan tekanan darah. Misalnya kalau ternyata penyebab pusing adalah karena anemia, maka cara menghilangkan pusing yakni dengan minum obat penambah darah, dan banyak konsumsi makanan tinggi zat besi.

 

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Pusing

Ilustrasi Tidur © Diadona

Pusing memang akan hilang seiring waktu. Sayangnya dalam beberapa kasus, pusing tidak akan hilang dengan sendirinya. Nah, berikut ada beberapa cara menghilangkan rasa pusing untuk kamu.

Tidur Nyenyak

Kecemasan, rasa sakit, terlalu banyak kafein, terlalu banyak minum obat, gelisah atau gangguan tidur dapat menyebabkan sulit tidur, yang pada akhirnya bikin kepala jadi pusing.

Untuk mencapai tidur yang nyenyak, usahakan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif misalnya suhu kamar yang pas untuk kamu, ruangan yang nyaman dan bersih. Dengan tidur yang berkualitas bisa menjadi cara menghilangkan pusing dengan mudah dan murah banget.

Banyak Minum

Secara umum, pusing biasanya terjadi sebagai akibat dari perubahan komposisi tubuh, berkurangnya fungsi ginjal, rasa haus, penyakit, dan penggunaan banyak obat-obatan. Keseluruhan hal tersebut dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Untuk itu sebagai cara menghilangkan pusing, usahakan untuk banyak minum air putih setiap hari.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Pusing saat Hamil

Ilustrasi wanita hamil © Diadona

Seperti hal nya dengan mual, pusing merupakan hal yang umum terjadi selama masa kehamilan. Seringnya pusing akan dialami pada trisemester pertana, namun bukan nggak mungkin kamu akan mengalaminya selama fase kehamilan.

Apa penyebabnya? Pusing selama hamil terjadi karena meningkatnya hormon yang menyebabkan pembuluh darah kamu rileks dan melebar. Pelebaran ini membantu meningkatkan aliran darah ke bayi, tetapi memperlambat pengembalian darah di pembuluh darah kepada dirimu sendiri. Akibatnya, tekanan darah jadi lebih rendah dari biasanya, mengurangi aliran darah ke otak dan hal tersebut lah yang bikin kepala jadi pusing.

Jangan Berdiri Terlalu Lama

Saat sedang hamil, cara menghilangkan pusing yakni menghindari berdiri terlalu lama. Kalau kamu memang diharuskan untuk berdiri, cobalah untuk tetap menggerakkan kaki untuk membantu meningkatkan sirkulasi.

Minum Teh Jahe

Kalau kamu merasakan pusing sebagai bagian dari mabuk perjalanan, hangatnya jahe mungkin bisa membantumu. Sebuah studi menyebut kalau makan permen jahe sangat efektif sebagai cara menghilangkan pusing bagi mereka yang rentan mabuk perjalanan.

Memijat

Memijat dapat mengaktifkan titik akupresur dalam tubuh, membuat tubuh jadi rileks, dan dapat sebagai cara menghilangkan pusing. Mengapa? Menurut Mayo Clinic, pusing dapat muncul karena perasaan cemas, sehingga aktivitas relaksasi yang meningkatkan rasa tenang dapat menjadi cara menghilangkan pusing.

 

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Pusing dengan Cepat

Ilustrasi Wanita Berendam © Diadona

Rasa pusing bisa terjadi secara bertahap, tiba-tiba, dan memiliki berbagai penyebab. Jika pusing yang kamu rasakan sudah sangat parah atau berlangsung lebih dari satu minggu, maka kamu harus segera menghubungi dokter. Namun terlebih dulu, coba deh cek cara menghilangkan pusing dengan cepat di ulasan Diadona berikut:

Hindari Mandi dengan Air Hangat terlalu Lama

Saat sakit, kamu akan cenderung ingin mandi atau berendah dengan air hangat. Padahal, air hangat justru akan membuat pusingmu semakin parah. Mengapa? Menurut Tania Elliott, MD , seorang instruktur klinis dalam bidang kedokteran di NYU Langone di New York City, panas melebarkan pembuluh darah kamu, yang dapat menyebabkan penurunan tekanan darah.

Jadi sebagai cara menghilangkan pusing, sebaiknya pilih mandi dnegan air dingin dengan durasi yangssingkat.

Cek Obat Kamu

Kalau kamu sedang mengkonsumsi obat-obatan lalu merasakan pusing setelahnya, sangat mungkin ini merupakan efek dari obat tersebut. Obat pemicu pusing diantaranya obat tekanan darah, diuretik, obat penghilang rasa sakit yang kuat dan beberapa antibiotik. Sebagai cara menghilangkan pusing, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk meninjau kembali obat-obatan yang kamu konsumsi.

Pisang

Pusing bisa terjadi karena kadar gula yang rendah di tubuh, sehingga dibutuhkan isi ulang glukosa dengan segera. Nah, buah pisang jadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dengan instan, sehingga bisa menjadi cara menghilangkan pusing yang cepat.

Manuver Posisi Kepala

Suatu metode yang disebut manuver Epley dapat sebagai cara menghilangkan pusing. Gerakan ini melibatkan Ini penggerakan posisi kepala dengan cara tertentu untuk memposisikan ulang kristal kalsium kecil yang menyebabkan pusing. Nah untuk melakukan gerakan ini, kamu harus berkonsultasi dulu dnegan dokter kamu lebih mengerti, ya!

Nah, diantara cara menghilangkan pusing seperti yang sudah Diadona rangkum berikut, mana nih yang ingin kamu coba terlebih dulu?

Beri Komentar