10 Manfaat Temu Putih untuk Kecantikan dan Kesehatan Wanita

Reporter : Sheila Fathin
Senin, 24 Mei 2021 15:20
10 Manfaat Temu Putih untuk Kecantikan dan Kesehatan Wanita
Temu putih bagus untuk kulit, lho

Manfaat temu putih sudah dikenal sejak dulu dengan ramuan kunonya yang memberikan manfaat pada kesehatan. Temu putih adalah tanaman tahunan herba dan rhizomatous milik keluarga jahe Zingiberaceae. Temu putih memang lebih sering digunakan untuk bumbu, tapi temu putih ini lebih dari sekedar bumbu karena dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatannya berkat senyawa yang disebut kurkumin yang ditemukan di dalamnya. 

Temu putih sendiri merupakan tumbuhan langka di India karena yang banyak muncul adalah kunir biasa. Temu putih sendiri adalah sumber pati yang baik dan dapat menumbuhkan energi. Akarnya mengandung minyak atsiri yang menawarkan manfaat pengobatan. Temu putih mengandung kurkumin, anti-inflamasi yang kuat, dan senyawa lain yang memberikan manfaat antimikroba, antijamur, antiulcer, antivenom dan antikanker.

1 dari 2 halaman

Manfaat Temu Putih untuk Kecantikan

Manfaat temu putih © Diadona

Temu putih memiliki manfaat yang banyak sekali. Tidak hanya untuk kesehatan, tapi digunakan sebagai bahan utama untuk merawat tubuh juga bisa. Untuk lebih lanjut berikut ini adalah manfaat temu putih :

Membantu Melawan Penyakit Kulit

Manfaat temu putih dikatakan mampu membantu mengatasi eksim, psoriasis, jerawat dan penyembuhan luka. Kurkumin yang dimurnikan dapat digunakan sebagai jika ingin menggunakan serum.

Mencerahkan Pigmentasi

Pigmentasi adalah kondisi kulit di mana muncul bercak warna yang lebih gelap di area sekitar kulit. Kondisi ini juga disebut dengan hiperpigmentasi. Dengan temu putih yang  mengandung antioksidan kurkumin, yang juga anti inflamasi, manfaat temu putih dapat mencerahkan pigmentasi.

Sebagai Agen Anti-Aging

Manfaat temu putih untuk kecantikan ini membantu memperlambat proses penuaan pada kulit. Temu kunyit untuk kecantikan berfungsi untuk menghilangkan kerutan, menjaga kulit tetap kenyal dan meningkatkan elastisitas kulit. 

Mencegah Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit umum yang ditandai dengan komedo, komedo putih, dan pustula. Manfaat temu putih memiliki potensi digunakan untuk mengatur produksi sebum kulit, yang dapat membantu orang yang berjerawat.

Mencegah Vitiligo

Vitiligo adalah suatu kondisi yang menyebabkan depigmentasi kulit, mengakibatkan bercak putih pada kulit. Dalam beberapa kasus,manfaat temu putih dapat mencegah stres oksidatif pada sel kulit epidermis yang bertanggung jawab untuk memproduksi melanin.

2 dari 2 halaman

Manfaat Temu Putih untuk Kesehatan Wanita

Manfaat temu putih © Diadona

Selain untuk kecantikan, temu putih juga bermanfaat untuk kesehatan wanita. Apa saja?

Membantu Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat temu putih adalah untuk kesehatan wanita adalah membantu sistem pencernaan kamu. Hal ini menyelesaikan masalah pencernaan yang sedang kamu alami. Temu putih membantu untuk memulihkan masalah gastrointestinal  yang membuat kamu teratur dalam buang air besar, gangguan pencernaan, dan membantu menghilangkan masalah perut kembung.

Sebagai Anti Bakteri dan Anti Jamur

Manfaat temu putih untuk kesehatan wanita bisa dianggap sebagai senyawa anti bakteri yang baik karena bekerja efektif untuk mengurangi jumlah mikroba di mulut, sama seperti obat kumur lain yang ditemukan di pasaran. Temu putih juga membantu menghambat aktivitas jamur di tubuh manusia.

Mengurangi Peradangan

Temu putih memiliki khasiat anti inflamasi yang dapat membantu merawat tubuh dari peradangan, terutama bagi penderita radang sendi. Manfaat temu putih untuk kesehatan wanita ini dapat mengobati luka dan penyakit kulit lainnya karena dapat mengurangi rasa sakit.

Memperkuat Sistem Pernapasan

Masalah pernapasan umumnya disebabkan oleh cairan seperti dahak dan lendir yang menumpuk di paru-paru dan area tubuh lainnya. Lendir dan dahak menyumbat saluran hidung dan menyebabkan kesulitan bernapas serta gangguan pernapasan lainnya seperti asma, batuk, dan pilek. Manfaat temu putih ini mampu melancarkan saluran hidung yang tersumbat dan meredakan rasa gatal di tenggorokan akibat dari batuk dan pilek.

Memiliki Sifat Anti-Alergi

Temu putih memiliki senyawa curcumin yang bekerja sebagai anti alergi. Manfaat temu putih  hadir untuk memberikan aktivitas anti alergi dan bekerja sebagai terapi untuk reaksi alergi yang berhubungan dengan kulit.

Manfaat temu putih ini sudah dikenal sejak zaman kuno sebagai ramuan kuno yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan. Tidak hanya kesehatan, beberapa produk kecantikan juga menggunakan temu putih untuk produk mereka. 

Beri Komentar