8 Manfaat Kunir Asem Sebagai Jamu, Faktanya Bagus Juga untuk Wanita

Reporter : Sheila Fathin
Kamis, 15 April 2021 16:47
8 Manfaat Kunir Asem Sebagai Jamu, Faktanya Bagus Juga untuk Wanita
Tidak hanya sebagai detoks tubuh, jamu kunir asem juga bagus untuk wanita saat sedang menstruasi, lho!

Manfaat Kunir Asem sangat dibutuhkan di tengah pandemi Covid 19 ini. Masyarakat Indonesia mulai membeli jamu dan kembali ke bahan-bahan tradisional yang sudah ada sejak zaman dulu. Minuman herbal tradisional seperti kunir asem mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan. 

Dikombinasikan dengan rempah-rempah lainnya, kunir asem dapat memberikan manfaat anti-inflamasi, antioksidan, antiseptik, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu kunir asem ini sangat enak apabila diminum dengan keadaan hangat. Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan dari jamu kunir asem. Diazens, tahu nggak manfaat kunir asem? Kalau belum tahu bisa simak baik-baik ya.

1 dari 2 halaman

Manfaat Jamu Kunir Asem

Manfaat Jamu Kunir AsemManfaat Kunir Asem © 2021 sri_sakorn42 on freepik.com

Kunir asem sangat populer di kalangan penggemar jamu tradisional. Selain enak dan segar, kunyit asam juga kaya manfaat untuk kesehatan, lho. Ini manfaat yang bisa kamu ketahui

Sebagai Anti-Inflammatory

Kunir asem memiliki bahan-bahan yang populer dan manjur sebagai obat herbal. Salah satu bahan dari kunir asem adalah kunyit yang mengandung kurkumin yang mampu mengurangi pembengkakan, nyeri, sakit kepala, dan osteoartritis. Selain itu manfaat kunir asem juga bisa digunakan untuk menyembuhkan radang usus, gatal, dan stress. 

Tinggi Antioksidan

Manfaat kunir asem merawat tubuh dan pikiran secara holistik, mengisi kembali tubuh kamu dengan banyak mineral dan vitamin yang kuat untuk vitalitas dan tingkat energi yang optimal. Asam jawa kaya akan senyawa organik, menjadikannya pelopor karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Madu juga mengandung antioksidan tingkat tinggi, sementara jeruk nipis meremajakan kulit, meningkatkan kadar vitamin C, dan membantu penyerapan zat besi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Secara luas kunir dipercaya dapat mencegah serangan jantung dan diabetes, sementara asem sendiri dapat mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular yang baik karena terdapat kandungan kalium. Manfaat kunir asem lainnya dari segi madu mampu menurunkan tekanan darah yang sangat bagus untuk kesehatan jantung dan mata karena memiliki tingkat antioksidan alami. Jahe menurunkan kadar kolesterol untuk membantu gaya hidup sehat dan seimbang.

Sebagai Detoks Alami untuk Hati dan Ginjal

Manfaat kunir asem bagi kita yang suka sekali ngemil tengah malam, makan-makanan yang berlemak dan lain sebagainya, kunir asem bisa membantu mengatur ulang beberapa racun yang terkumpul di dalam tubuh. Jahe, kunyit, dan asam adalah bahan yang sangat baik untuk membantu detoksifikasi hati dan ginjal, membersihkanya dari dalam ke luar untuk melepaskan kekebalan dan kekuatan alami. Jahe juga mengisi kembali kadar zat besi, natrium, vitamin A dan C, flavonoid, dan fitonutrien tubuh kamu.

Meningkatkan Pencernaan Tubuh

Asem adalah sumber serat makanan yang sangat baik, yang mengikat racun, garam empedu dan kelebihan kolesterol. Asem mampu mendetoksifikasi hal-hal tersebut keluar dari tubuh dengan aman dan bersih. Ini adalah bahan alami yang biasa digunakan untuk membantu pencernaan dengan lembut dan mengurangi ketidaknyamanan perut karena sembelit. Asem juga sering disebut sebagai “ buah pelangsing” karena efektif untuk menurunkan berat badan. 

Jahe juga meningkatkan berat badan yang sehat dan membantu pencernaan. Terakhir, madu meredakan banyak penyakit ringan, mengurangi gejala batuk, dan meningkatkan kualitas tidur.

2 dari 2 halaman

Manfaat Kunir Asem Bagi Wanita

Manfaat Jamu Kunir AsemManfaat Jamu Kunir Asem © 2021 nataliabostan on freepik.com

Manfaat jamu kunir asem ternyata bagus juga untuk wanita, lho. Khasiatnya juga dibutuhkan untuk wanita. Berikut ini manfaat kunir asem untuk wanita.

Meredakan Nyeri Saat Menstruasi

Manfaat kunir asem selain untuk pereda haid, ternyata khasiatnya bisa menghilangkan rasa nyeri akibat “ tamu bulanan”. Kandungan kurkumin dalam kunir asem dapat menurunkan produksi hormon pemicu peradangan dan nyeri. Tak hanya itu, asam jawa pada jamu kunyit asam juga dapat mempengaruhi sistem saraf dan otak. Dengan demikian, otak bisa mengirimkan sinyal ke tubuh sehingga kontraksi rahim bisa mereda dan nyeri haid berkurang.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat kunir asem lainnya adalah untuk menurunkan berat badan. Kandungan asem jawa dan kunir bisa menjadi alternatif minuman yang sehat. Sedangkan untuk kunir atau kunyit dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi respon inflamasi pada sel tubuh. Dengan menjaga kadar gula darah dan kolesterol dapat mencegah kenaikan berat badan secara drastis. Risiko obesitas juga bisa dikurangi.

Bagus untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Kunir asem memang bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, hanya saja mengonsumsinya tidak boleh terlalu banyak karena dapat membuat kontraksi rahim dan menyebabkan kelahiran prematur dan keguguran. Kandungan yang berada dalam kunir asem mampu meredakan rasa pegal-pegal pada ibu hamil. Kandungan kurkumin dalam jamu asam membuat jamu ini kaya manfaat. Wajar jika ibu hamil berminat meminum jamu asam jawa dan kunyit untuk meredakan pegal-pegal saat hamil.

Manfaat kunir asem bagus untuk kesehatan dan juga untuk wanita yang sedang hamil. Apalagi kunir asem ini cocok untuk kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan. Pencernaan sehat dan berat badan pun terkontrol.

Beri Komentar