17 Manfaat Jus Nanas Dicampur dengan Sayur Sawi dan Lobak untuk Diet

Reporter : Sheila Fathin
Senin, 3 Mei 2021 15:56
17 Manfaat Jus Nanas Dicampur dengan Sayur Sawi dan Lobak untuk Diet
Jus nanas yang dicampur dengan sayur-sayuran ini terlihat enak, ya

Manfaat jus nanas untuk kesehatan sangat penting. Jus nanas bisa digunakan sebagai penguat kekebalan tubuh dan menghilangkan peradangan serta membantu mendetoksifikasi tubuh dan pikiran. 

Jus nanas menawarkan segudang manfaat kesehatan dalam bentuk vitamin B1, B2, B3, B5, B6, C, bromelain, mangan, tembaga, kalium, beta-karoten, asam folat, dan serat makanan. Kandungan-kandungan tersebut berkhasiat untuk tubuh. Jus nanas juga bisa dicampur dengan sayur-sayuran lainnya untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak lagi. Nah, apa saja manfaat dari jus nanas yang dicampur dengan berbagai macam sayur-sayuran?

1 dari 3 halaman

Manfaat Jus Sawi Nanas

Sebagai Peningkat Imun Tubuh dan Melawan Peradangan

Manfaat jus nanas dan sawi penuh dengan nutrisi yang dapat meningkatkan jumlah granulosit dalam darah. Granulosit - Basofil, Eosinofil, dan Neutrofil - adalah sel darah putih yang bertanggung jawab untuk melawan virus dan bakteri. Selain itu, asam amino esensial dan non-esensial, antioksidan, dan Vitamin A tingkat tinggi dalam jus nanas dan sawi membantu mengurangi peradangan.

Manfaat Jus Nanas © Diadona

Sebagai Tingkat Antioksidan yang Tinggi

Sawi mengandung tingkat antioksidan yang sangat tinggi, selain itu juga mengandung vitamin A dan vitamin C. Manfaat jus nanas dan sawi ini dapat membantu mencegah beberapa jenis kerusakan sel dan mutasi DNA. 

Manfaat jus nanas dan sawi memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas atau stress oksidatif. Radikal bebas sangat berbahaya bagi sel dan jaringan tubuh, dan terkait dengan perkembangan kanker, penyakit neurodegeneratif, dan penuaan dini. 

Studi menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam nutrisi sawi dapat melindungi tubuh Anda dari masalah kesehatan ini dengan memerangi kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi peradangan, dan melindungi sel-sel sehat di seluruh sistem pencernaan, pernapasan, kardiovaskuler, dan saraf.

Mendukung Fungsi Hati

Manfaat jus nanas dan sawi dapat mendukung kesehatan hati. Hal ini dikarenakan efek anti inflamasinya dan juga mengandung klorofil yang tinggi dan bermanfaat untuk detoksifikasi. Selain itu jus ini bisa menetralkan bahan kimia yang ada di dalam hati.

Membantu Mendetoksifikasi Tubuh dan Pikiran

Manfaat jus nanas dan sawi sadat akan antioksidan dan enzim proteolitik -bromelain, yang mana merupakan minuman detoks terbaik. Jus nanas dan sawi bisa sebagai pembersih ampuh yang membuat tubuh menjadi alkali dan membantu memperlancar metabolisme. Vitamin B yang terkadung di dalam nanas merangsang fungsi otak untuk mengurango stress dan ketegangan. Selain itu, nanas mengandung Triptofan - asam amino yang terlibat dalam produksi Serotonin (hormon bahagia).

Membuat Mata Jauh Lebih Sehat

Sawi mengandung lutein dan zeaxanthin, keduanya bagus untuk mata. Terdapat penelitian menunjukkan bahwa antioksidan ini melindungi retina dari kerusakan oksidatif dan membantu menyaring cahaya biru. Selain itu, lutein telah terbukti mengurangi risiko degenerasi makula, suatu kondisi yang menyebabkan beberapa orang kehilangan penglihatan seiring bertambahnya usia.

Membantu Mengatur Tekanan Darah

Jus nanas dan sawi dapat membantu kamu menyeimbangkan kadar kalium kamu sehingga tekanan darah kamu tidak meningkat. Selain itu, nanas memiliki kandungan natrium yang paling rendah. Itulah sebabnya jika jus nanas dan sawi bisa membantu menurunkan dara tinggi dari penderita hipertensi.

2 dari 3 halaman

Manfaat Jus Nanas dan Lobak

Manfaat Jus Nanas © Diadona

Tinggi Serat

Manfaat jus nanas dan lobak mampu meningkatkan sistem pencernaan kamu karena mengandung serat yang cukup tinggi. Serat ini juga mengatur produksi empedu, melindungi hati dan kantung empedu dan sangat bagus untuk menjaga retensi air.

Menjaga Kesehatan Jantung

Lobak adalah sumber yang baik untuk antosianin yang menjaga kerja jantung berfungsi dengan baik serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Ditambah lagi nanas juga mengandung vitamin C, asam folat dan flavonoid juga. Sehingga perpaduan ini dapat menyehatkan kerja jantung jadi lebih baik.

Membentengi Pembuluh Darah

Manfaat jus nanas dan lobak memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen, yang pada gilirannya meningkatkan pembuluh darah kita dan mengurangi kemungkinan kita terkena aterosklerosis.

Meningkatkan Pencernaan yang Sehat

Manfaat jus nanas dan lobak dapat meningkatkan pencernaan yang sehat. Kandungan bromelain yang ada di dalam nanas mampu memecah protein kompleks. Yang mana hal itu berpotensi mempercepat pencernaan dan mengurangi perut kembung dan gangguan pencernaan. Jus nanas dan lobak menawarkan serat dalam jumlah yang cukup yang dibutuhkan untuk pencernaan yang baik. Selain itu, kandungan seratnya dapat menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, penumpukan gas, dan diare.

Baik untuk Pasien Rematik

Bromelain yang terkandung dalam nanas tampaknya membantu mengurangi nyeri artritis. 

Terdapat sebuah studi yang mengatakan bahwa subjek yang diberi berbagai dosis bromelain, mereka mengalami penurunan yang signifikan dalam pembengkakan jaringan lunak, nyeri dan / atau kekakuan sendi. Anehnya, tidak ada efek samping yang dilaporkan, yang sangat melegakan.

Mengurangi Kram Menstruasi

Nyeri haid yang sering terjadi akibat kontraksi rahim yang dipicu oleh sekelompok lipid yang disebut prostaglandin. Manfaat jus nanas dan lobak dapat mengurangi rasa nyeri saat haid karena nanas mengandung bromelain yang bisa melemaskan otot polos rahim.

Memperkuat Tulang

Kekurangan magnesium dan mangan bisa menyebabkan pengeroposan tulang. Namun manfaat jus nanas dan lobak dapat memperkuat tulang karena nanas mengandung mineral dan dapat meningkatkan kesehatan tulang. Faktanya, kombinasi magnesium, mangan, kalsium, tembaga, dan zinc bisa mengurangi pengeroposan tulang belakang pada wanita pasca menopause.

3 dari 3 halaman

Manfaat Jus Nanas untuk Diet

Manfaat Jus Nanas © Diadona

Nanas Rendah Kalori dan Karbohidrat

Nanas merupakan buah yang enak untuk dibuat camilan saat gabut, Selain itu dengan mengonsumsi nanas, kamu tidak akan menambah jumlah kalori harian kamu naik begitu tajam. Hal itu karena nanas rendah kalori dan karbohidrat. Selain itu manfaat jus nanas bisa membantu untuk program diet kamu.

Mengandung Enzim Proteolitik Dan Menargetkan Lemak Perut

Manfaat jus nanas untuk diet yang mengandung bromelain, enzim proteolitik yang membantu memecah molekul protein dalam tubuh. Bromelain membantu pencernaan dan pemanfaatan protein yang lebih baik, dan dengan demikian membantu mendapatkan massa tubuh tanpa lemak. Ini juga membantu dalam memobilisasi lemak perut.

Membatasi Nafsu Makan dan Membuat Tetap Terhidrasi

Nanas mengandung antioksidan, serat, dan air yang bisa membuat kamu kenyang dan terhidrasi pada saat bersamaan. Ketika tubuh kamu terhidrasi dengan baik, nafsu makan kamu akan berkurang dan kecenderungan kamu untuk makan berlebihan biasa berkurang.

Mengandung Mangan

Manfaat jus nanas mengandung mangan dan mengatur metabolisme lemak dan karbohidrat dalam tubuh, sehingga membantu mendorong penurunan berat badan secara holistik. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa asupan mangan berbanding terbalik dengan lemak perut.

Manfaat jus nanas sudah sangat bagus untuk tubuh, belum lagi jus nanas yang ditambah dengan sayur-sayuran. Tentunya manfaat yang didapatkan pada tubuh semakin plus-plus.

Beri Komentar