10 Manfaat Tebu, Air hingga Sarinya Bagus untuk Mencegah Bau Mulut

Reporter : Sheila Fathin
Rabu, 19 Mei 2021 16:19
10 Manfaat Tebu, Air hingga Sarinya Bagus untuk Mencegah Bau Mulut
Doyan yang manis-manis tapi takut kadar gula naik? Air tebu bisa jadi solusi

Manfaat tebu sendiri lebih bagus daripada tebu yang sudah diolah menjadi gula. Ari tebu hitam sendiri mengandung banyak vitamin dan mineral. Air tebu hitam adalah minuman yang mengandung rasa manis secara alami yang dihasilkan dari batang tebu hitam. 

Sebelum diolah menjadi air tebu, tebu merupakan bahan baku yang digunakan untuk membuat gula. Namun ternyata air tebu lebih menyehatkan ketimbang gula pasir biasa. Hal ini dikarenakan air tebu tidak melewati proses olahan yang begitu panjangnya. Untuk mendapatkan air tebunya sendiri hanya perlu diperas menggunakan mesin sehingga tidak menghilangkan nutrisi yang ada di dalamnya. 

Nah, berikut ini adalah manfaat tebu hitam yang harus kamu ketahui.

1 dari 3 halaman

Manfaat Air Tebu

Manfaat tebuManfaat tebu © 2021 freepik.com

Menambah Energi

Manfaat tebu hitam yang diperas dan dikonsumsi airnya mampu memberikan energi pada diri kita. Air tebu juga mampu menghindarkan kita dari dehidrasi berat. Selain itu gulanya mudah diserap oleh tubuh untuk digunakan kembali mengisi kadar gula dalam tubuh.

Meningkatkan Fungsi Hati

Sebagai perawatan alami kesehatan, manfaat tebu hitam yang dikonsumsi airnya mampu meningkatkan fungsi hati. Hal ini karena tebu sendiri bersifat basa dan bisa membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Dapat Membantu Melawan Kanker

Konsentrasi kalsium, magnesium, kalium, besi, dan mangan yang tinggi membuat air tebu hitam bersifat basa. Ini - bersama dengan kehadiran flavonoid - membantu tubuh mencegah sel-sel kanker, terutama prostat dan kanker payudara.

Memudahkan Sistem Pencernaan

Manfaat air tebu hitam bagus untuk orang yang menderita dengan gangguan pencernaan. Kalium dalam air tebu menyeimbangkan tingkat pH di perut, memfasilitasi sekresi cairan pencernaan dan menjaga sistem tetap pada jalurnya. Ini juga membantu mencegah infeksi perut.

2 dari 3 halaman

Manfaat Es Tebu Hitam

Manfaat tebuManfaat tebu © 2021 freepik.com

Mencegah Bau Mulut dan Kerusakan Gigi

Manfaat tebu hitam ternyata juga bisa berfungsi untuk mencegah bau mulut dan kerusakan gigi. Biasanya bau mulut itu terjadi karena ada keterkaitannya dengan kerusakan gigi. Es tebu hitam atau air tebu hitam membantu membangun enamel gigi dan memperkuat gigi serta memastikannya tidak  mudah rusak. Hal ini karena es tebu hitam mengandung mineral, kalsium dan fosfor yang bagus untuk tubuh.

Membantu Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Salah satu manfaat kesehatan terpenting dari air tebu hitam  adalah diuretik yang berarti membantu mengobati infeksi saluran kemih, batu ginjal dan memastikan berfungsinya ginjal dengan baik.

Bagus Untuk Penderita Diabetes

Manfaat tebu hitam memiliki indeks glikemik (GI) rendah sehingga sangat dianjurkan untuk penderita diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum es tebu tidak mengubah kadar glukosa darah penderita diabetes secara drastis, tetapi  tetap harus memeriksakan diri ke dokter sebelum mulai meminumnya sendiri.

3 dari 3 halaman

Manfaat Sari Tebu

Manfaat tebuManfaat tebu © 2021 freepik.com

Membantu Menyembuhkan Jerawat

Penggunaan sari tebu secara topikal dapat membantu mengurangi dan menyembuhkan masalah kulit seperti jerawat. Air tebu mengandung asam alfa hidroksi (AHA) seperti asam glikolat, yang meningkatkan pergantian sel. Mereka juga mengelupas kulit, menghilangkan kemungkinan penumpukan jerawat.

Bagus untuk Dikonsumsi bagi Ibu Hamil

Manfaat tebu hitam, sarinya memiliki berbagai macam nutrisi sangat bagus untuk ovulasi dan dengan demikian membantu dalam memfasilitasi pembuahan juga. Kehadiran asam folat dan vitamin B9 juga telah terbukti mengurangi kemungkinan cacat saraf bawaan seperti spina bifida pada bayi.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat tebu hitam, sarinya dapat membantu kamu berjuang melawan kondisi kulit seperti kerutan dini, kamu mungkin mendapatkanya dari jus teb. Kehadiran antioksidan, asam fenolik, dan flavonoid membantu melembabkan kulit dan membuatnya lembut dan bercahaya dari dalam, yang juga membantu mengurangi kerutan.

Manfaat tebu hitam mulai dari air hingga sarinya memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Beri Komentar