8 Manfaat Jus Seledri Timun dan Wortel untuk Diet

Reporter : Sheila Fathin
Rabu, 28 April 2021 16:32
8 Manfaat Jus Seledri Timun dan Wortel untuk Diet
Jus seledri punya banyak manfaat yang bahkan belum kamu ketahui, lho!

Manfaat jus seledri banyak mencuri perhatian dari pakar nutrisi. Jus seledri ini disebut sebagai “makanan super” karena dapat membantu memerangi berbagai penyakit, termasuk peradangan, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. 

Tumbuhan seledri sendiri menyediakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang melimpah. Namun, apakah seledri khasiatnya sama dengan jus seledri beserta manfaatnya? Simak baik-baik ya artikel ini.

1 dari 3 halaman

Manfaat Jus Seledri dan Timun

Manfaat Jus Seledri © Diadona

Tentu saja manfaat seledri yang diolah menjadi jus memiliki khasiat dan nutrisi yang sama. Jus seledri memiliki kalori: 42.5 ,protein: 2 gram, karbohidrat: 9.5 gramm, gula: 5 gram, kalsium: 8%, dan magnesium: 7%. Belum lagi dicampur dengan timun yang bagus juga untuk kesehatan. Kira-kira berikut ini adalah manfaat jus seledri dan timun :

Meningkatkan Kebutuhan Mangan

Seledri dan timun bisa dimakan langsung atau dikonsumsi sebagai minuman jus, semuanya dapat meningkatkan asupan mangan kamu. Manfaat jus  seledri dan mangan dapat mengaktifkan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi dari meningkatnya mangan dapat membentuk gumpalan darah untuk meningkatkan hormon penting untuk kesehatan reproduksi.

Mangan juga membuat jaringan tubuh kamu kuat. Secangkir seledri mengandung 0,1 miligram mangan, yang merupakan 6 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Satu ketimun berukuran 8 1/4 inch mengandung 0,2 miligram mangan per cangkir, yang merupakan 12 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Kaya akan Kandungan Vitamin C

Manfaat jus seledri timun tinggi akan asupan vitamin C yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Selain itu vitamin C yang terkandung ke dalam dua sayuran ini bisa melindungi dari kekurangan sistem kekebalan tubuh, penyakit kardiovaskular, masalah kesehatan pranetal, penyakit mata dan kerutan kulit.

Mengurangi Peradangan dan Tekanan Darah

Manfaat jus seledri dan timun mengandung flavonoid yang kaya akan antioksidan dan membantu tubuh melawan peradangan, yang pada akhirnya dapat membantu melawan penyakit kronis.Dilansir dari Livestrong.com  mengatakan bahwa seluruh seledri membantu menurunkan tekanan darah.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Jus Daun Seledri untuk Diet

Manfaat Jus Seledri © Diadona

Jus daun seledri juga bagus untuk dikonsumsi saat diet. Apa saja manfaat jus seledri yang digemari oleh banyak orang untuk diet?

Mampu Menghidrasi Tubuh

Jus seledri sebagian besar terdiri dari air dan dapat membantu untuk tetap terhidrasi. Manfaat jus seledri sangat penting bagi tubuh. Pasalnya, hidrasi yang tepat dapat membantu kamu tidak merasa lapar, mengelolah tekanan darah dan kesehatan ginjal pun terjaga.

Rendah Gula

Manfaat jus seledri mengandung gula yang rendah. Dibandingkan dengan minuman lain, jus seledri bisa jadi alternatif kamu untuk diet. Satu cangkir dari jus seledri (240 ml) mengandung 5 gram gula alami.  Oleh karena itu, memilih minuman rendah gula seperti jus seledri dapat secara dramatis mengurangi asupan gula dan kalori secara keseluruhan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Jus Seledri dan Wortel

Manfaat Jus Seledri © Diadona

Jus seledri dan wortel adalah perpaduan yang bagus untuk kesehatan. Apa saja manfaat dari campuran jus ini?

Kesuburan

Manfaat jus seledri dan wortel dapat melindungi kesuburan tubuh. Dapat disimpulkan juga bahwa seledri dapat memiliki efek perlindungan terhadap zat yang dapat merusak produksi sperma pada pria. Namun, seledri mengandung bahan kimia, seperti apigenin, yang dapat menurunkan kesuburan jika dikonsumsi dalam dosis tinggi.

Sebagai Anti-Kanker

Manfaat jus seledri dan wortel dapat melindungi kamu dari kanker.  Secara khusus, poliasetil, beta karoten, dan lutein dari ekstrak jus wortel mungkin efektif melawan sel leukemia manusia. Hal itu karena kandungan di dalam jus seledri dan wortel yang mampu memberikan khasiatnya sebagai anti kanker.

Manfaat jus seledri bagus untuk diet. Terutama apabila dicampur dengan timun dan wortel. Khasiat yang akan diperoleh oleh tubuh akan semakin banyak dan tubuh semakin sehat.


Beri Komentar