WhatsApp Down, Tak Bisa Kirim Pesan Grup, Personal, hingga Layanan WA Web

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 25 Oktober 2022 14:55
WhatsApp Down, Tak Bisa Kirim Pesan Grup, Personal, hingga Layanan WA Web
Belum diketahui penyebab WhatsApp error hingga saat ini. Meta, sebagai induk perusahaan WhatsApp belum memberikan keterangan

Layanan pesan instan WhatsApp dilaporkan mengalami gangguan (down) pada Selasa (25/10/2022) siang. Pengguna tidak bisa mengirim pesan apapun. Pesan yang dikirim akan ditandai dengan lambang jam yang berarti tidak terkirim. Beberapa keluhan pun sudah diposting di Twitter.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi WhatsApp © Diadona

Dampak ini dialami oleh pengguna yang memakai aplikasi WhatsApp maupun WhatsApp Web. Gangguan WhatsApp mulai terjadi pada Selasa sekitar jam 14.03 WIB. Situs web DownDetector menerima banyak laporan WhatsApp down sekitar pukul 14.05 WIB. Situs navigasi platform Down Detector menunjukan laporan WhatsApp error meningkat pada pukul 13.56 sebanyak 299 laporan.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi WhatsApp © Diadona

Pengguna WhatsApp tidak bisa mengirim pesan baik teks atau media lewat WhatsApp di grup percakapan (WhatsApp Group). Beberapa pengguna lain menyebut masih bisa mengirim pesan personal, namun notifikasi yang ditampilkan berupa centang satu.

Beberapa menit kemudian, gangguan terjadi pada semua layanan, termasuk voicel call dan video call.

3 dari 4 halaman

Gangguan ini terjadi secara global. Belum ada keterangan resmi dari WhatsApp yang menjelaskan penyebab maupun dampak dari gangguan ini. Hingga berita ini ditayangkan, banyak pengguna aplikasi WhatsApp melaporkan gangguan ini di media sosial Twitter yang membuat topik #WhatsApp trending.  

 

Beri Komentar