7 Cara Mengatasi HP Mati Kehujanan, Tetap Tenang Jangan Panik

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 24 Oktober 2022 14:47
7 Cara Mengatasi HP Mati Kehujanan, Tetap Tenang Jangan Panik
HP basah karena kehujanan? Nggak usah panik lah ya~

Musim hujan telah tiba dan hujan bisa turun kapan saja. Bagi yang sering keluar rumah pastikan ke mana-mana salalu sedia jas hujan atau pun payung. Karena kalau kehujanan bukan hanya tubuh yang bermasalah, tapi barang bawaan seperti HP juga akan bermasalah.

Lantas, bagaimana cara mengatasi HP mati kehujanan?

Cara mengatasi HP mati kehujanan ini pada dasarnya sama dengan menhatasi HP yang kemasukan air atau jatuh ke dalam air. Yang paling penting, jangan nyalakan HP terlebih dahulu ketika HP kamu mati karena kehujanan.

Diadona telah merangkum cara mengatasi HP mati kehujanan dari berbagai sumber. Bisa banget nih kamu coba. Yang penting jangan panik ya dari pada nanti bertindak sembarangan dan memperburuk kondisi HP.

1 dari 4 halaman

1. Lepas Semua Bagian HP dan Jangan Dinyalakan

Cara Mengatasi HP Mati Kehujanan © Diadona

Cara mengatasi HP mati kehujanan yang pertama adalah dengan melepas semua bagian yang memungkinkan. Bagian-bagian seperti kartu sim, hardcase, dan juga baterai jika bukan baterai tanam ini bisa kamu lepas untuk mempercepat proses pengeringan.

Kemudian jangan nyalakan HP ya. Tujuannya adalah agar komponen yang ada di dalam HP tidak mengalami korsleting yang menyebabkan HP tidak akan menyala lagi untuk selamanya.

2. Hilangkan dan Keringkan Air

Biasanya kalau sekadar terkena hujan air yang masuk tidak begitu banyak. Beda cerita ketika HP tersebut sampai terendam air. Jadi, segera hilangkan dan keringkan air dengan kain atau pun tisu.

Cara mengatasi HP mati kehujanan yang ini jangan menggunakan hair dryer atau pun dijemur dengan di bawah sinar matahari langsung ya.

2 dari 4 halaman

3. Jangan Dijemur

Cara mengatasi HP mati kehujanan yang paling utama memang HP harus dikeringkan, tapi jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung ya. Karena panas yang berlebih hanya akan merusak komponen lainnya.

4. Jangan Gunakan Hair Dryer

Ilustrasi Hair Dryer © Diadona

Sama seperti halnya dengan dijemur, mengeringkan HP dengan hair dryer juga tidak disarankan. Panas yang dihasilkan hair dryer ternyata juga berpotensi merusak bagian lain dlam HP.

Jadi, cara mengatasi HP mati kehujanan bisa dikeringkan dengan cara manusah saja seperti dilan dengan kain yang lembut dan kering atau pun dengan tisu kering.

3 dari 4 halaman

5. Jangan Digoyang atau Diayunkan

Menggoyang atau mengayunkan HP sangat tidak disarankan dalam cara mengatasi HP mati kehujanan ya. Alih-alih membuat air dalam keluar, air yang berada di dalam HP akan menyebar ke bagian lain yang awalnya kering.

6. Gunakan Silica Gel

Silica Gel © Diadona

Mengeringkan HP dengan kain ataupun tisu memang tidak bisa tuntas dengan baik. Nah, cara mengatasi HP mati kehujanan ini bisa memanfaatkan Silica Gel.

Silica Gel sendiri ini adalah pengering yang menyedot kelembapan air, sehingga sangat cocok untuk mengeringkan smartphone yang basah. Caranya mudah kok, tinggalkan ponsel di dalam mangkuk atau tas berisi silica gel selama sekitar 3 hari untuk memastikan bahwa semua kelembapan telah hilang.

4 dari 4 halaman

7. Pasang Kembali dan Tes Penggunaan

Jika sudah benar-benar kering kamu bisa memasang kembali semua bagaian HP yang sudah kamu lepas. sebelum menghidupkan HP, kamu bisa mengecasnya terlebih dahulu. Jika, indikatir pengisian menyala maka HP kemungkinan besar bisa menyala dan digunakan lagi.

Jadi itulah beberapa cara mengatasi HP mati kehujanan yang bisa kamu coba ketika kamu kehujanan. Tapi, jeika HP masih belum juga menyala, mau nggak mau kamu harus membawanya ke gerai servis resmi.

Jika masa garansi masih berlaku kamu bisa menggunakannya. So, selamat mencoba ya guys!

Beri Komentar