Megapixel Kamera HP Akan Menentukan Bagus Tidaknya Foto? Begini Faktanya

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 24 Oktober 2023 19:39
Megapixel Kamera HP Akan Menentukan Bagus Tidaknya Foto? Begini Faktanya
Apa sih megapixel kamera itu? Yuk simak penjelasannya di bawah ini, Diazens!

Megapixel pada kamera ponsel atau yang biasanya disingkat menjadi MP merupakan salah satu poin yang paling menjual dari suatu produk, ponsel dengan megapixel kamera tinggi biasanya akan lebih menarik untuk dibeli. Kamera ponsel dengan megapixel yang tinggi akan menjadi salah satu spesifikasi paling dipertimbangkan seseorang ketika ingin membeli ponsel baru. Hal itu didasari oleh pendapat banyak orang bahwa kamera ponsel dengan megapixel tinggi akan menghasilkan jepretan foto dengan kualitas tinggi pula.

Pada saat ini hampir semua vendor smartphone sedang berlomba-lomba meningkatkan kualitas megapixel pada kamera ponsel setiap mengeluarkan produk baru. Vendor smartphone sudah menanamkan pemikiran di masyarakat bahwa megapixel tinggi pada kamera juga akan menghasilkan foto yang berkualitas tinggi. Megapixel kamera yang tinggi tersebut kemudian akan dijadikan daya tarik utama produk baru dan akan dipromosikan secara gencar-gencaran. 

Lantas, apakah kamu tau apa itu megapixel kamera? Dan benarkah megapixel kamera tinggi akan menghasilkan kualitas foto yang tinggi pula, ataukah hal itu hanya mitos belaka? Berikut adalah penjelasan terlengkap tentang megapixel pada kamera ponsel dan juga tips untuk menghasilkan foto yang bagus pada kamera ponsel.

1 dari 6 halaman

Apa Itu Megapixel Kamera?

Ilustrasi Megapixel Kamera © Diadona

Apa itu megapixel kamera? Megapixel disusun oleh dua kata yakni mega dan pixel, mega sendiri berarti jutaan dan pixel adalah bagian terkecil yang menyusun sebuah foto, dengan kata lain satu megapixel setara dengan satu juta pixel. Pixel seringkali diukur dalam ukuran mega, sama seperti jarak yang seringkali diukur dengan satuan kilometer.

Megapixel kamera biasanya digunakan untuk menggambarkan resolusi kamera digital dan gambar diam. Resolusi video, tampilan monitor, dan layar juga bisa kamu ukur dengan megapiksel namun cara ini kurang umum untuk dilakukan.

2 dari 6 halaman

Jika suatu smartphone memiliki kualitas kamera 12MP, berarti foto yang dihasilkan akan terdiri dari 12 juta titik atau kotak kecil yang tersusun dari berbagai warna yang berbeda, secara sederhana foto yang dihasilkan akan memiliki lebar 4000 pixel dan tinggi 3000 pixel. Hal itu lebih dikenal dengan sebutan resolusi foto. Semakin banyak pixel yang menyusun sebuah foto, maka foto yang dihasilkan juga akan lebih halus dan detail.

Itulah mengapa kebanyakan orang akan mencari ponsel dengan megapixel kamera yang tinggi. Karena semakin tinggi megapixel yang dimiliki oleh suatu kamera smartphone maka akan semakin banyak pixel yang menyusun foto tersebut sehingga resolusi gambar yang dihasilkan akan terlihat bagus dan jernih.

3 dari 6 halaman

Apakah Megapixel Kamera yang Besar Bisa Menghasilkan Kualitas Foto yang Baik?

Ilustrasi Megapixel Kamera © Diadona

Megapixel kamera yang tinggi akan menghasilkan foto yang disusun oleh pixel yang lebih banyak sehingga resolusi foto akan terlihat lebih halus dan detail. Jadi, tingginya megapixel pada kamera ponsel bisa mempengaruhi kualitas foto menjadi lebih baik namun bukanlah satu-satunya unsur yang membuat hasil kualitas foto menjadi bagus. 

Sebenarnya, bukan megapixel yang memainkan peranan besar dalam menciptakan kualitas foto yang baik, sensor yang bisa menangkap lebih banyak cahaya memiliki peran lebih penting dibandingkan megapixel kamera. Sensor yang besar berarti lebih banyak pixel yang tersusun di dalamnya. Sensor yang besar juga bisa bekerja baik dalam pencahayaan rendah dengan lebih sedikit noise yang diciptakan.

Sensor yang besar bisa memuat pixel yang lebih besar pula. Sedangkan pixel yang besar bisa menangkap lebih banyak cahaya. Semakin banyak cahaya yang ditangkap oleh pixel berukuran besar maka semakin baik kinerja kamera ponsel kamu di pencahayaan yang rendah.

4 dari 6 halaman

Tips Membuat Hasil Potret Kamera Menjadi Bagus dengan Megapixel Kamera

Ilustrasi Megapixel Kamera © Diadona

Setelah mengetahui tentang megapixel kamera, kamu mungkin juga penasaran dengan cara bagaimana hasil potret kamera ponsel kamu bisa menjadi bagus dengan megapixel kamera. Untuk bisa menghasilkan foto yang bagus kamu harus bisa memahami cara kerja kamera, bagaimana cara mengambil gambar, dan bagaimana cara mengganti cahaya.

Dilansir dari adobe.com, berikut adalah tips membuat hasil potret kamera menjadi bagus dengan megapixel kamera:

  • Pahami eksposur.

Setiap hasil foto yang bagus dimulai dari eksposur yang bagus juga. Pelajari bagaimana pengaturan kamera di ponsel kamu saling berhubungan satu sama lain. Jika satu pengaturan berubah maka pengaturan lain harus menyesuaikan, jika gambar terlalu terang atau gelap maka akan mengalihkan fokus penonton pada foto kamu.

  • Pelajari ponsel yang kamu gunakan.

Kamu bisa mempelajari cara menggunakan kamera di ponsel kamu kemudian bisa mengubah pengaturannya sesuai dengan gaya memotret kamu, sehingga foto yang dihasilkan akan memuaskan.

  • Ambil banyak gambar.

Kamu bisa mengasah skill memotret kamu dengan mengambil banyak gambar, semakin banyak foto yang kamu ambil maka kamu akan menemukan gaya kamu dalam memotret suatu foto. Kamu bisa mencobanya dengan memanfaatkan fitur ‘Burst’ di kamera ponsel untuk mengambil banyak gambar dalam satu waktu.

5 dari 6 halaman

  • Cari cahaya yang bisa sesuai dan bisa membantu kamu menangkap gambar.

Cahaya yang bagus akan berpengaruh sangat besar untuk menciptakan kualitas hasil foto yang bagus pula. Kamu bisa mengatur mood, menyesuaikan eksposur, dan menyoroti objek penting dalam foto dengan menyesuaikan cahaya. Jika kamu mengambil foto di luar ruangan pastikan untuk tidak mengambil foto pada siang hari ketika matahari tepat berada di atas, ambil foto sebelum matahari terbenam atau setelah matahari terbit (golden hour) karena cahaya pada waktu itu lebih lembut.

  • Eksperimen dengan komposisi.

Eksperimen dengan meletakkan dan mengatur beberapa objek dalam satu foto dan mengambil gambar dari sudut dan perspektif yang berbeda. Jangan meletakkan objek tepat di tengah gambar. Sebaiknya kamu meletakkan objek di sepertiga bagian kiri atau kanan pada gambar dan biarkan dua pertiga bagian lain terbuka.

  • Edit foto dan bereksperimen dengan menggunakan preset. 

Edit foto kamu dan bermain dengan preset. Kamu bisa mengatur pencahayaan dan warna agar menghasilkan gambar yang sesuai dengan keinginan kamu.

Jadi, itu tadi ya tentang megapixel kamera dan tips untuk menangkap hasil foto berkualitas tinggi. Semoga membantu!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar