14 Tips Foto Makanan agar Menarik, Cukup Pakai Kamera HP Gambar Makanan Bakal Terlihat Aesthetic

Reporter : Arifina
Senin, 28 Agustus 2023 17:50
14 Tips Foto Makanan agar Menarik, Cukup Pakai Kamera HP Gambar Makanan Bakal Terlihat Aesthetic
Suka foto-foto makanan? Begini nih tipsnya agar gambar makananmu terlihat aesthetic.

Di era serba digital ini, makanan bisa menjadi konten sosial yang menarik. Banyak dari para food vlogger ramai-ramai saling mencari kreativitas untuk menampilkan foto makanan di sosial medianya terlihat menarik dan disukai banyak orang.

Dari Instagram hingga Pinterest, banyak sekali bermunculan makanan yang diabadikan dengan indah. Gambar-gambar makanan yang menarik ini, dapat membuat air liur kita mengalir hanya dengan melihatnya.

1 dari 15 halaman

Tips Foto Makanan agar Menarik © Diadona

Tetapi, mendapatkan tampilan yang menarik untuk makanan dalam foto tidak semudah kelihatannya. Diperlukan pemahaman tentang teknik-teknik pengambilan foto yang tepat, hingga proses editing agar dihasilkan gambar makanan yang menggiurkan dan aesthetic.

Nah, buat kamu yang sedang menggeluti bidang ini, diadona.id punya tips mudah untuk foto makanan agar menarik. Cukup menggunakan kamera HP saja, kamu bisa lho menghasilkan foto makanan yang aesthetic. Yuk simak tipsnya berikut dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 15 halaman

1. Perhatikan Pencahayannya

Pencahayaan yang tepat adalah faktor paling penting dalam fotografi makanan. Gunakan cahaya alami sebanyak mungkin.

Hindari menggunakan lampu kilat atau cahaya langsung yang terlalu terang, karena hal ini dapat membuat bayangan yang keras. Pilih cahaya lembut seperti cahaya matahari pagi atau senja untuk menghasilkan tampilan yang lebih alami.

3 dari 15 halaman

2. Komposisi yang Menarik

Pertimbangkan tata letak makanan dalam bingkai foto. Gunakan aturan ketiga atau garis-garis panduan lainnya untuk membantu mengatur komposisi dengan baik.

Letakkan makanan di tengah atau pada posisi yang menarik perhatian, dan jangan ragu untuk mencoba sudut pengambilan gambar yang berbeda.

4 dari 15 halaman

3. Fokus pada Detail

Tips Foto Makanan agar Menarik © Diadona

Detail kecil seperti butiran garam di atas roti atau tetesan saus pada piring dapat menambah dimensi visual pada foto. Kamu bisa membuatnya dengan memanfaatkan fokus mendalam pada kamera HP.

Hal ini untuk memisahkan makanan dari latar belakang dan mengarahkan perhatian pada elemen utama.

5 dari 15 halaman

4. Manfaatkan Fitur Grid

Fitur grid bisa menunjang hasil foto yang lebih menarik lho! Dengan melihat gridliness, kamu bisa memperhatikan makana yang akan difoto.

Fitur ini akan memudahkan kamu membagi objek yang difoto secara proporsional.

6 dari 15 halaman

5. Gunakan Tembok atau Kertas Putih untuk Pantulan Cahaya

Foto makanan akan terlihat lebih sempurna jika sisi gelap dan terang seimbang. Untuk mendapatkan hasil tersebut, kamu bisa memantulkan cahaya ke tembok putih agar fotomu memiliki warna yang lebih kontras secara alami.

Tak hanya tembok, kamu juga bisa memanfaatkan kertas putih. Hal ini berguna agar bayangan tidak terlalu gelap sehingga foto yang dihasilkan lebih baik.

7 dari 15 halaman

6. Foto Pakai Mode Wide Angle

Tips Foto Makanan agar Menarik © Diadona

Menghasilkan foto yang bagus untuk jumlah makanan yang banyak, kamu bisa memanfaatkan mode wide angle.

Makanan harus difoto dalam jarak yang dekat agar bisa terlihat lebih detail. Manfaatkanlah lensa wide agar Anda bisa memfoto makanan dalam jarak yang dekat.

8 dari 15 halaman

7. Gunakan Tripod

Tripod menjadi hal yang wajib yang harus miliki untuk kamu yang tengah menekuni fotografer. Meski menggunakan HP, bukan kamu bisa memanfaatkan tripod untuk menghasilkan foto makanan yang epic.

Alat ini akan menjaga kestabilan saat kamu mengambil foto. Cara ini juga akan menjaga hasil foto yang dihasilkan menjadi tidak blur.

9 dari 15 halaman

8. Perhatikan Shutter Speed dan ISO

Menghasilkan foto yang menarik lewat HP perlu mengatur bagian-bagian tertentu. Salah satunya, bagian shutter speed dan ISO.

Shutter speed dan ISO sangat bagus untuk menyeimbangkan komposisi pencahayaan dan detail gambar. Sesuaikan saja dengan kebutuhanmu ya, semakin tinggi ISO akan menjadikan banyak cahaya yang masuk. Semakin lambat shutter speed maka bisa mengambil vahaya yang sekitar.

10 dari 15 halaman

9. Manfaatkan Fitur Timer

Tips Foto Makanan agar Menarik © Diadona

Fitur timer akan menjadikan gambar yang dihasilkan lebih hidup lho! Kamu bisa membuat foto makanna dengan menambahkan proses seperti sedang menuangkan saus, mengaduk minuman, atau mengangkat makanan dengan sendok atau garpu.

Dengan fitur timer ini, tak hanya membuat hasil gambar makana lbih hidup tapi juga terlihat lebih aesthetic.

11 dari 15 halaman

10. Perhatikan Penataan Makanan

Ini penting untuk mendapati hasil makanan yang menarik. Penataan perlu dilakukan agar sesuai dan pas dengan yang diinginkan.

Rapikan objek makanan yang akan difoto. Jauhkan benda-benda yang menggangu dari objek agar hasilnya makin keren.

12 dari 15 halaman

11. Ambil dari Berbagai Angle dengan Teknik Kanan-Kiri-Belakang (KKB)

Mengambil foto makanan sama halnya dengan memotret objek manusia. Kamu perlu mengabadikand ari berbagai angle untuk menghasilkan gambar yang aesthetic.

Nah, kamu bisa menggunakan teknik kanan-kiri-belakang (KKB). teknik ini adalah mode pengambilan gambar dengan jarak 9 cm dari arah kiri, 3 cm dari arah kanan atau 12 cm dari arah belakang.

13 dari 15 halaman

12. Foto Makanan Selagi Hangat

Tips Foto Makanan agar Menarik © Diadona

Menghasilkan foto yang aesthetic, maka sebaiknya kamu mengambil foto makanan atau minuman saat baru saja dihidangkan. Makanan yang masih panas akan menimbulkan asap-asap tipis dan bagus saat masuk ke frame foto kamu.

Begitu juga jika foto minuman masih dingin. Di sisi gelas akan ada butiran air yang membuat fotomu terlihat segar dan menggoda.

14 dari 15 halaman

13. Sisakan Space pada Proses Pengambilan Foto

Memberi space atau ruang dalam sebuah foto bisa memberi banyak manfaat saat proses editing. Jadi usahakan kamu selalu memberi ruang saat pengambilan objek gambar makanan ya.

Usahakan ber ruang kosong di tepi atas, bawah, kiri, atau kanan foto. Nantinya, space ini bisa dimanfaatkan untuk menambah teks atau berbagai ornamen lainnya di proses editing.

15 dari 15 halaman

14. Maksimalkan Proses Editing

Setelah mengambil foto, sedikit penyuntingan atau proses editing akan bisa membantu memperbaiki pencahayaan, kontras, dan warna foto. Namun, jangan berlebihan dalam mengedit sehingga makanan terlihat tidak alami.

Kamu bisa menambahkan filter atau efek tertentu untuk membuat foto makanan terlihat menarik. Bisa juga kamu tambahkan teks untuk menunjang hasil foto yang kamu ambil.

Itulah sederet tips foto makanan agar menarik. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar