Mau Upgrade Televisi? Simak Dulu Perbedaan Smart TV dan Android TV

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 19 Oktober 2023 11:20
Mau Upgrade Televisi? Simak Dulu Perbedaan Smart TV dan Android TV
Hampir sama, ini beberapa perbedaan smart TV dan android TV

Walaupun terbilang sangat mirip, ada perbedaan smart TV dan android TV yang perlu kamu ketahui. Kedua hal ini merupakan salah satu terobosan teknologi masa kini yang sudah lumayan sering digunakan oleh banyak orang. Kamu tertarik beli? Simak dulu.

Di era ini, televisi telah bertransformasi dari TV kotak konvensional menjadi sebuah perangkat yang pintar sekaligus canggih. Saat ini, kamu sudah bisa menemukan TV yang bukan cuma buat nonton aja, tapi juga punya banyak fitur canggih layaknya smartphone.

Sudah banyak sekali merk yang meluncurkan produk TV canggih mereka. Namun, terdapat perbedaan penggunaan istilah yaitu smart TV dan android TV. Lalu, apa saja perbedaan smart TV dan android TV? Berikut ulasannya.

1 dari 8 halaman

Apa Itu Smart TV dan Android TV?

Perbedaan Smart TV dan Android TV © Diadona

Sebelum lebih lanjut detail, kamu perlu tahu dulu nih apa itu smart TV dan android TV. Dilansir dari Lifewire, smart TV merupakan televisi yang terhubung langsung ke internet dan dilengkapi dengan sistem operasi yang memungkinkan kita untuk mengakses konten media online lainnya. 

Berbeda dengan TV biasa, smart TV tidak hanya untuk menonton saja, tetapi memiliki fungsi selayaknya smartphone. Kamu bisa menggunakannya untuk membuka aplikasi, seperti YouTube, Netflix, Google Chrome, dan sebagainya. Kamu juga bisa ngegame melalui smart TV.

Sedangkan, android TV sebenarnya merupakan bagian dari smart TV. Dilansir dari website Android, hal ini lebih ke sistem operasi yang digunakan pada smart TV, yaitu sistem Android. Fungsinya hampir sama saja, android TV hanya menggunakan sistem operasi merk Android.

Setelah mengetahui apa itu smart TV dan apa itu android TV, berikut adalah ulasan perbedaan antara keduanya. Simak ya, Diazens!

2 dari 8 halaman

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Sistem Operasi

Perbedaan Smart TV dan Android TV © Diadona

Salah satu perbedaan smart TV dan android TV yang paling utama adalah dari segi sistem operasi yang digunakan. Android TV sudah pasti menggunakan sistem operasi OS Android Google. Sistem ini terintegrasi langsung dengan Google, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengakses fitur-fitur Google melalui TV. 

Sedangkan, smart TV bisa jadi menggunakan sistem operasi lain, seperti WebOS (LG), Tizen (Samsung), dan MyHomeScreen (Panasonic). Sistem operasi ini tentu akan disesuaikan dengan perangkat spesifik smart TV, sehingga aplikasi dan fitur yang ada di dalamnya cenderung merupakan fitur bawaan yang sudah diinstal sebelumnya.

3 dari 8 halaman

Program Aplikasi

Smart TV dan Android TV © Diadona

Perbedaan smart TV dan android TV selanjutnya adalah dari aplikasi yang bisa diakses. Walaupun sama-sama mendukung berbagai aplikasi populer yang sering digunakan, bisa dikatakan android TV menang dalam hal aksesibilitas aplikasi.

Android TV otomatis dilengkapi dengan fitur Google Playstore layaknya smartphone. Sehingga, kamu dapat dengan bebas menentukan aplikasi apa saja yang ingin kamu install di TV kamu selain aplikasi bawaan. Google Playstore menawarkan ribuan aplikasi yang bisa kamu download.

Sedangkan, smart TV yang tidak menggunakan sistem operasi Android akan terbatas pada aplikasi bawaan yang sudah terinstall sebelumnya. Jadi, jika smart TV kamu tidak terdapat Netflix, maka kamu tidak bisa menggunakan Netflix di TV tersebut. Aplikasi bawaan cenderung terbatas tergantung siapa developer TV-nya.

4 dari 8 halaman

Update & Pembaruan Otomatis

Smart TV dan Android TV © Diadona

Selain unggul di aksesibilitas aplikasi, android TV juga unggul dalam hal pembaruan sistem. OS Android merupakan sistem operasi yang terus-menerus melakukan pembaruan fitur. Android TV biasanya akan langsung dilengkapi dengan sistem pembaruan otomatis mengikut perkembangan Google yang disediakan.

Beda halnya dengan smart TV, banyak dari sistem operasi smart TV yang tidak dilengkapi dengan pembaruan otomatis. Itulah mengapa beberapa sistem operasi smart TV (selain Android) menjadi usang dalam beberapa tahun. 

5 dari 8 halaman

Voice Assistant

Voice Assistant © Diadona

Perbedaan smart TV dan android TV selanjutnya adalah fitur asisten suara atau kontrol suara. Sebenarnya, sebagian besar TV pintar dilengkapi dengan teknologi pengenalan suara. Hanya saja, TV dengan OS android dinilai lebih unggul dari segi ini.

Android TV otomatis dilengkapi dengan fitur Google Assistant yang begitu canggih dan menawarkan kontrol suara tingkat tinggi. Kamu bisa mengontrol aktivitas, berpindah saluran,  atau membuka aplikasi hanya dengan suara. 

Di satu sisi, smart TV yang menggunakan OS selain Android terkadang membutuhkan perangkat tambahan jika ingin menggunakan fitur kontrol suara, misalnya Alexa. Smart TV yang dilengkapi dengan voice assistant juga dinilai belum bisa secanggih dan sekaya fitur dari Google Assistant.

6 dari 8 halaman

Percerminan & Tranmisi Layar

Percerminan & Tranmisi Layar © Diadona

Perbedaan smart TV dan android TV lainnya adalah fitur pencerminan dan transmisi layar. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menampilkan layar smartphone kamu ke TV pintar.

Lagi-lagi, android TV lumayan unggul, dengan adanya fitur Chromecast. Dengan Chromecast, kamu bisa langsung menampilkan layar HP kamu ke TV tanpa perlu perangkat tambahan lainnya.

Beda dengan smart TV dengan sistem operasi lain, untuk menyambungkan HP ke TV mungkin butuh perangkat tambahan yang perlu dicolokkan. Bahkan, bisa aja perangkat yang membutuhkan biaya tambahan. Mungkin ini cukup merepotkan bagi beberapa orang.

7 dari 8 halaman

Remote Kontrol

Smart TV dan Android TV © Diadona

Perbedaan smart TV dan android TV lain yang mungkin saja kamu temui adalah penggunaan remote control. Smart TV biasanya hanya memiliki satu remote yang bisa digunakan untuk mengakses TV analog dan TV pintar. 

Sedangkan, beberapa android TV punya dua jenis remote yang berbeda. Satu untuk mengakses TV analog dan yang lainnya untuk mengakses fitur canggih yang lain. 

Tampilan Antar Muka Pengguna

Smart TV dan Android TV © Diadona

Tampilan antar muka pengguna (UI) juga menjadi salah satu perbedaan smart TV dan android TV yang bisa saja kamu temukan. Smart TV terbilang memiliki UI yang kurang familiar bagi banyak orang dibanding TV dengan OS android.

Smart TV menawarkan desain tampilan yang disesuaikan dengan sistem operasi yang visi perusahan yang unik. Beberapa UI mungkin mudah dan enak digunakan, namun beberapa juga terasa berantakan.

Di satu sisi, sistem operasi Android sudah sangat familiar di banyak kalangan. Jadi, android TV mungkin akan lebih mudah digunakan oleh sebagian orang khususnya mereka yang sudah pernah menggunakan perangkat bersistem android.

8 dari 8 halaman

Koneksi

Selain beberapa hal diatas, koneksi juga menjadi salah satu perbedaan smart TV dan android TV. Android TV biasanya sudah dilengkapi dengan fitur bluetooth. Hal ini memungkinkan kamu untuk menghubungkan perangkat tanpa ribet, misalnya mouse, keyboard, dan sebagainya.

Beberapa smart TV sudah dilengkapi bluetooth, namun beberapa juga belum. Sehingga, untuk mengoneksikan perangkat, kamu mungkin membutuhkan kabel HDMI atau USB. Hal ini bisa saja merepotkan bagi beberapa orang.

Demikian 8 perbedaan smart TV dan android TV yang perlu kamu ketahui. Diazens tertarik beli yang mana nih? Pastikan kamu membeli TV canggih ini sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu ya. 

Penulis: Starky

Beri Komentar