8 Aplikasi Grammar Checker Gratis Terbaik 2023

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 19 Oktober 2023 13:40
8 Aplikasi Grammar Checker Gratis Terbaik 2023
Aplikasi grammar checker gratis yang bisa membantu kamu dalam mengasah kemampuan menulis.

Aplikasi grammar checker gratis bisa membantu kamu dalam memperbaiki tulisan dan mengasah skill menulis kamu sehingga akan terlihat lebih profesional. Kesalahan pada saat menulis adalah hal yang wajar, namun kamu pasti tidak mau jika harus menerbitkan tulisan yang memiliki struktur grammar yang acak-acakan. Hal itu bisa mengurangi reputasi penulis.

Oleh karena itu, sebelum menerbitkan tulisan sebaiknya kamu melakukan pengecekan tulisan terlebih dahulu. Pengecekan tulisan bisa mencakup banyak aspek mulai dari gaya penulisan, penempatan tanda baca, penggunaan ejaan, dan tentu juga ketepatan penggunaan grammar.

Terdapat banyak sekali aplikasi grammar checker yang bisa kamu gunakan dan unduh. Mungkin kamu akan kebingungan untuk memilih mana aplikasi grammar checker gratis yang bisa membantu kamu untuk mengoreksi tulisan yang sudah kamu buat.

Nah, melakukan pengecekan grammar pada tulisan kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi di bawah ini Berikut adalah aplikasi grammar checker gratis yang bisa kamu gunakan untuk membantu memperbaiki tulisan dan mengasah kemampuan menulismu.

1 dari 9 halaman

Grammarly

Aplikasi Grammarly © Diadona

Grammarly merupakan aplikasi grammar checker gratis terbaik yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pemeriksaan grammar secara cepat pada tulisan kamu, untuk memastikan bahwa kamu tidak melakukan kesalahan penulisan tata bahasa. Grammarly akan memberitahumu kata mana yang yang harus kamu ubah karena tidak sesuai dengan grammar beserta dengan alasannya mengapa harus diubah. Kamu bisa menggunakan Grammarly secara gratis namun memiliki batasan tertentu atau bisa upgrade ke premium untuk menikmati semua layanan Grammarly tanpa batasan.

Grammarly memiliki banyak fitur antara lain seperti kamus pribadi untuk menambahkan kata, pemeriksaan kesalahan tanda baca, mengecek ejaan, memperbaiki kesalahan grammar disertai dengan saran yang lebih baik, dan masih banyak lagi. Kelebihan Grammarly adalah memiliki akurasi tinggi dalam pemeriksaan grammar, bisa memperbaiki grammar secara real time, terdapat plugin Grammarly untuk semua platform, dan memiliki keyboard yang efisien. Namun, Grammarly tidak memiliki mode offline untuk mengedit tulisan.

2 dari 9 halaman

Ginger

Gringer © Diadona

Ginger adalah salah satu aplikasi grammar checker gratis yang memiliki keakuratan yang cukup tinggi sehingga bisa membantu kamu dalam mengasah skill menulis kamu. Kamu bisa mengaktifkan proofreading hanya dengan satu kali klik, kamu juga bisa menerjemahkan teks ke bahasa manapun yang kamu pilih, layanan terjemahan ada dalam 40 bahasa. Aplikasi Ginger bisa kamu gunakan secara gratis dengan batasan tertentu, atau kamu juga bisa upgrade untuk menikmati semua fitur tanpa batas.

Ginger dilengkapi dengan banyak fitur antara lain seperti memeriksa ejaan kontekstual, mengoreksi kesalahan secara bersamaan, mendapatkan saran kalimat alternatif, dan masih banyak lagi. Kelebihan Ginger adalah bisa membantu kamu untuk mengasah skill menulis secara kreatif, bisa memberikan rekomendasi dan saran kata yang salah digunakan, terdapat kamus bawaan, dan bisa membantu melakukan parafrase secara mudah. Namun di dalam aplikasi Ginger terdapat terlalu banyak pop up yang mungkin bisa mengganggu kamu.

3 dari 9 halaman

ProWritingAid 

ProWritingAid © Diadona

ProWritingAid adalah salah satu aplikasi grammar checker gratis yang paling bagus kamu gunakan untuk cek grammar secara kontekstual. ProWritingAid akan memberikan saran dan gaya menulis yang baik sehingga kamu bisa membantu kamu untuk meningkatkan skill menulis. ProWritingAid bisa kamu gunakan secara gratis dengan menggunakan free trial selama dua minggu.

ProWritingAid memiliki beberapa fitur antara lain seperti pengecekan grammar secara kontekstual, memperbaiki kalimat secara kontekstual, pengecekan secara terminologi, dan masih banyak lagi. Kelebihan dari ProWritingAid adalah memberikan saran gaya penulisan, terdapat ersi web yang mudah digunakan juga, rekomendasi kata yang sesuai dengan konteks kalimat, dan cocok untuk banyak jenis gaya penulisan. Namun jika kamu menggunakan ProWritingAid secara gratis maka akan ada batasan kata yang bisa kamu cek.

4 dari 9 halaman

Linguix 

Linguix © Diadona

Linguix adalah aplikasi grammar checker gratis yang sama bagusnya dengan Grammarly. Linguix bisa membantu kamu dalam mengasah skill menulis dengan memperbaiki setiap kesalahan yang kamu buat pada saat menulis. Kamu bisa menggunakan Linguix secara gratis, namun kamu juga bisa upgrade ke premium jika kamu ingin menggunakan lebih banyak fitur yang ditawarkan oleh Linguix.

Linguix bisa kamu tambahkan sebagai ekstensi di browser perangkat kamu. Selain itu, Linguix juga bisa memperbaiki grammar atau tata bahasa, memeriksa ejaan yang kamu gunakan, memeriksa dan mengoreksi penggunaan tanda baca, serta memberikan saran mengenai gaya penulisan.

5 dari 9 halaman

WhiteSmoke

WhiteSmoke © Diadona

WhiteSmoke adalah salah satu aplikasi grammar checker gratis yang memiliki kelebihan dalam menerjemahkan banyak bahasa atau multilingual dan memeriksa tanda baca yang kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan WhiteSmoke untuk membantu kamu dalam memeriksa tulisan dengan sangat mudah dan bisa membantu mengasah skill menulis kamu, bahkan WhiteSmoke sendiri dilengkapi dengan asisten menulis bagi dyslexia. WhiteSmoke bisa kamu gunakan secara gratis, namun WhiteSmoke juga memiliki paket premium jika kamu ingin upgrade.

WhiteSmoke dilengkapi dengan banyak fitur antara lain seperti kamus online gratis, pengecekan gaya penulisan, penerjemah, pengoreksi tanda baca, pengoreksi ejaan, dan masih banyak lagi. Kelebihan WhiteSmoke adalah memiliki banyak tutorial menulis, pengecekan plagiarisme yang akurat, terdapat kamus bawaan, dan terdapat versi online website yang bisa kamu gunakan di semua platform.

6 dari 9 halaman

QuillBot

QuillBot © Diadona

QuillBot adalah aplikasi grammar checker gratis yang cukup bagus untuk menambah kosa kata kamu dan merangkum tulisan. QuillBot sendiri adalah aplikasi berbasis AI yang akan memastikan nada dan isi konten isi konten agar tetap utuh bahkan setelah diparafrase, kamu juga bisa melakukan pengecekan grammar dengan QuillBot. QuillBot bisa kamu gunakan secara gratis, namun kamu juga bisa upgrade ke premium jika ingin menikmati fitur tanpa batas.

QuillBot dilengkapi dengan fitur-fitur menarik antara lain seperti peningkatan kosa kata, saran sinonim, merangkum dalam poin-poin kalimat atau paragraf, memeriksa kesalahan grammar, dan masih banyak lagi. Kelebihan QuillBot adalah memiliki alat parafrase yang bisa membantu kam menghemat waktu saat menulis, bisa membantu kamu menemukan sinonim kata yang tepat, terdapat dan banyak mode tulisan untuk menulis secara kreatif. Namun QuillBot memiliki batas pengecekan karakter baik di paket gratis maupun paket premium.

7 dari 9 halaman

Hemingway Editor 

Hemingway Editor © Diadona

Hemingway Editor adalah salah satu aplikasi grammar checker gratis terbaik yang mudah digunakan. Ciri khas dari Hemingway Editor adalah kamu bisa menggunakan berbagai jenis kode warna untuk menyoroti kesalahan misalnya seperti merah untuk kalimat rumit, kuning untuk kesalahan umum, biru untuk frasa lemah dan lain-lain. Hemingway Editor  bisa kamu gunakan secara gratis melalui website online atau upgrade ke premium untuk menikmati semua fiturnya secara lengkap.

Hemingway Editor memiliki fitur menarik antara lain seperti highlight warna untuk simbol kesalahan penulisan, bisa diekspor dalam bentuk pdf atau word,  terintegrasi dengan WordPress dan Medium untuk menerbitkan konten, dan masih banyak lagi. Kelebihan Hemingway Editor adalah merupakan tools yang ideal untuk gaya penulisan kamu, bagus untuk digunakan mengedit tulisan singkat, memiliki banyak saran kata untuk kalimat yang sulit sekalipun, dan membantu kamu dalam menyusun kata agar mudah dibaca. 

8 dari 9 halaman

After the Deadline

After the Deadline © Diadona

After the Deadline merupakan salah satu aplikasi grammar checker gratis yang bisa membantu kamu menulis dengan kualitas tinggi secara mudah. Mendeteksi kesalahan grammar merupakan salah satu fitur utama dari After the Deadline yang bisa membantu kamu mencegah kesalahan pada saat menulis. 

After the Deadline bisa kamu gunakan secara gratis di website online. After the Deadline dilengkapi dengan fitur-fitur menarik seperti pemeriksaan ejaan secara kontekstual, mengoreksi gaya bahasa yang kamu gunakan, memeriksa grammar, dan memiliki command line tools. 

Nah, jadi mau download aplikasi grammar checker gratis yang mana nih, Diazens?

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar