Apa itu Internet? Ini Pengertian Menurut Ahli, Sejarah dan Cara Kerjanya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 12 Juli 2021 15:44
Apa itu Internet? Ini Pengertian Menurut Ahli, Sejarah dan Cara Kerjanya
Internet adalah bagian penting bagi hidup manusia saat ini. Penggunanya sudah mencapai 60 persen dari keseluruhan penghuni bumi lho!

Internet adalah bagian tak terpisahkan dalam kehidupan seseorang di era digital. Internet menawarkan informasi, konektivitas, kolaborasi hingga hiburan. Coba deh kamu hitung berapa banyak kegiatan yang kamu lakukan dalam sehari yang membutuhkan jaringan ini?

Sulit membayangkan bagaiman dunia tanpa internet di masa sekarang ini.

Pada bulan April 2021, ada 4.72 milyar pengguna internet dis eluruh dunia. Angka ini mencapai 60 persen dari keseluruhan total populasi lho!

Selain itu ada 1,7 miliar situs web dan enam juta postingan blog baru yang terbit setiap harinya. Wah banyak sekali ya! Belum lagi angka jutaan pencarian Google yang berlangsung di setiap detik!

Internet adalah pemberi manfaat yang tak terkira di banyak aspek hidup manusia. Meski begitu, tak dipungkiri bahwa internet memberikan adiksi baru. Banyak orang ketergantungan dengan internet. Selain itu jangan lupa dampak negatif yang kini mulai muncul dan ditakuti banyak orang.

Internet adalah hal yang dekat sekali dengan kita di kehidupan sehari-hari. Tapi tahukah kamu apa definisi internet dan gimana cara kerjanya? Pantengin ulasan Diadona berikut ini yuk!

1 dari 5 halaman

Pengertian Internet

Internet adalah © Diadona

Berikut adalah pengertian internet dari beberapa sumber

Werriam Webster Dictionary

Internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer organisasi di seluruh dunia.

Wikipedia

Internet adalah sistem global yang saling menghubungkan jaringan komputer menggunakan protokol internet / IPuntuk berkomunikasi antara jaringan dan perangkat.

O’Brien dan Marakas

Internet adalah jaringan komputer yang saling berhubungan satu sama lain dan tumbuh dengan pesat. Internet bertujuan untuk memenuhi segala aspek kebutuhan manusia mulai dari bisnis, pendidikan, dan pemerintah. Internet digunakan oleh milyaran manusia di dunia yang penggunanya tersebar di 200 negara.

Strauss (2009)

Internet adalah jaringan global terdiri dari jaringan-jaringan yang saling berhubungan. Jaringan global ini meliputi jutaan jaringan perusahaan, pemerintah, organisasi, dan pribadi.

Dave Chaffey

Internet adalah jaringan fisik yang menghubungkan komputer-komputer yang ada di dunia.

Dari yang telah dikemukakan oleh ahli di atas, maka secara kesimpulan internet adalah jaringan yang menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lais ecara global untuk berbagai keperluan.

2 dari 5 halaman

Sejarah Internet

Internet adalah © Diadona

Semua ini bermula saat Departemen Pertahanan Amerika Serikat dari menciptakan ARPANET, sebuah jaringan yang menghubungkan banyak komputer untuk tujuan komunikasi. Melansir History, di akhir tahun 1969, ARPAnet menghubungkan dua komputer yang terletak di UCLA dan Stanford dengan mengirimkan sebuah pesan pendek bertuliskan -LOGIN.

Teknologi jaringan tersebut kemudian terus berkembag sampai di tahun 1970 setelah ilmuwan Robert Kahn dan Vinton Cerf mengembangkan Transmission Control Protocol dan Internet Protocol, atau TCP/IP. Apa itu? Yakni model komunikasi yang menetapkan standar tentang gimana data bisa ditransmisikan antara beberapa jaringan.

Kemudian ARPANET mengadopsi TCP/IP di tanggal 1 Januari 1983 yang kemudian disusul dengan penelitain tentang jaringan-jaringan oleh para ilmuan. Kini, kita bisa menikmatinya sebagai internet modern.

3 dari 5 halaman

Cara Kerja Internet

Internet adalah © Diadona

Setelah memahami pengertiannya, mungkin kamu ingin tahu seperti apa sih cara kerja internet. Oke, kita mulai dulu dengan alamat IP.

Melansir laman Standford.edu. Jadi karena internet adalah jaringan komputer global maka setiap komputer yang terhubung ke internet kudu punya alamat yang unik kan. Nah, alamat internet ini ada dalam bentuk nnn.nnn.nnn.nnn dimana nnn harus berupa angka dari 0 - 255. Alamat ini sering kita kenal sebagai IP, singkatan dari Internet Protocol.

Untuk mempermudah penjelasan, kamu bisa melihat gambar di bawah ini yakni dua komputer yang terhubungan ke internet. Salah satu komputer memiliki alamat IP. 1.2.3.4 dan komputer lain dengan alamat IP 4.3.2.1 dengan contoh pesan 'HAI!'

4 dari 5 halaman

Internet adalah © Diadona

Pesan harus dikirim melalui kabel apapun yang menghubungkan komputer kamu ke internet. Katakanlah kamu udah menghubungi ISP kamu nih dari rumah nah pesan tersebut harusnya dikirim melalui pesawat telpon. Trus pesan harus diterjemahkan dari teks alfabet menjadi sinyal elektronik, dikirimkan melalui Internet, kemudian diterjemahkan kembali ke dalam teks alfabet. Iya kan?

Nah, gimana caranya?

Melalui penggunaan tumpukan protokol. Setiap komputer membutuhkan satu untuk berkomunikasi di Internet dan biasanya dibangun ke dalam sistem operasi komputer (yaitu Windows, Unix, dll). Tumpukan protokol yang digunakan di Internet disebut sebagai tumpukan protokol TCP/IP karena dua protokol komunikasi utama yang digunakan.

5 dari 5 halaman

Lalu jalur pesan tersebut akan melewat komputer dengan skema berikut ini :

Internet adalah © Diadona

- Pesan akan dimulai di bagian atas tumpukan protokol di komputer kamu dan bekerja ke bawah.

- Jika pesan yang akan dikirim panjang, setiap lapisan tumpukan yang dilewati pesan dapat memecah pesan menjadi potongan data yang lebih kecil. Ini karena data yang dikirim melalui Internet (dan sebagian besar jaringan komputer) dikirim dalam potongan yang dapat dikelola. Di Internet, potongan data ini dikenal sebagai paket.

- Paket akan melalui Application Layer dan berlanjut ke layer TCP. Setiap paket diberi nomor port. Trus banyak program yang menggunakan tumpukan TCP/IP dalam mengirimkan pesan. Nah, kita perlu tahu nih program mana pada komputer tujuan yang perlu menerima pesan karena program tersebut akan mendengarkan pada port tertentu.

- Setelah melalui lapisan TCP, paket akan lanjut ke lapisan IP. Di sinilah setiap paket menerima alamat tujuannya, yakni 4.3.2.1

- Sekarang paket pesan kamu memiliki nomor port dan alamat IP, mereka siap untuk dikirim melalui Internet. Selanjutnya lapisan hardware akan menerima perubahan paket kamu dari yang berisi teks alfabet pesan kamu menjadi sinyal elektronik dan mengirimkannya melalui saluran telepon.

- Sementara itu di ujung ujung lain saluran telepon ISP kamu memiliki koneksi langsung ke Internet. Router ISP memeriksa alamat tujuan di setiap paket dan menentukan ke mana harus mengirimnya. Seringkali, perhentian paket berikutnya adalah router lain.

- Akhirnya, paket mencapai komputer 4.3.2.1. Di sini, paket mulai di bagian bawah tumpukan TCP/IP komputer tujuan dan bekerja ke atas.

- Saat paket naik melalui tumpukan, semua data perutean yang ditambahkan oleh tumpukan komputer pengirim (seperti alamat IP dan nomor port) dihapus dari paket.

- Ketika data mencapai puncak tumpukan, paket-paket telah disusun kembali ke bentuk aslinya, yakni 'HAI" .

Nah, semoga kamu memahaminya ya!

Beri Komentar