Sering Terjadi, Kenapa Sih Tiba-Tiba Muncul Bintik Hitam di Pandangan Mata?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 8 Juli 2021 17:03
Sering Terjadi, Kenapa Sih Tiba-Tiba Muncul Bintik Hitam di Pandangan Mata?
Bintik hitamnya kadang bisa gerak-gerak juga lho.

Buat kamu yang kerjaannya di depan laptop, sering mainan handphone, atau kamu yang merasa punya mata minus, pasti udah nggak asing dengan bintik hitam di padangan mata. Yap, buat kamu yang belum tahu, munculnya bintik hitam di pandangan mata ini disebut dengan floaters.

Ukurannya bisa bermacam-macam, mulai dari bintik hitam kecil, atau bahkan bayangan yang lebih besar seperti tali panjang.

Nah pada umumnya, floaters muncul ketika kita menatap cahaya yang sangat terang seperti matahari atau menatap warna dasar seperti putih dengan terlalu lama.

1 dari 5 halaman

Penyebab Floaters

Ilustrasi Mata PandaIlustrasi Mata Panda © cometojapankuru.blogspot.com

Umumnya, floaters memang dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia. Zat vitreous yang berfungsi mempertahankan bentuk bola mata, akan menjadi lebih cair seiring dengan bertambahnya usia.

Serat mikroskopis yang berada di vitreous yang cair itu cenderung menggumpal dan dapat memberikan bayangan kecil pada retina. Bayangan itulah yang disebut dengan floaters.

Namun, tak semua floaters disebabkan oleh usia saja. ada beberapa faktor yang mempengaruhinya guys. Dikutip dari laman Mayo Clinic, inilah beberapa faktornya.

2 dari 5 halaman

Peradangan di Belakang Mata

Bintik hitam pada pandangan mata kita juga bisa disebabkan oleh peradangan aatau infeksi. Biasanya infeksi atau peradangan ini berada di lapisan uvea yang ada di belakang mata. Jika kondisi mata sedang tidak bagus, saraf uvea ini akan menimbulkan efek bayangan pada mata.

3 dari 5 halaman

Pendarahan di Mata

Ilustrasi Sakit MataIlustrasi Sakit Mata © healthline

Jika semakin parah, peradangan yang terjadi pada saraf uvea tadi bisa menimbulkan pendarahan. Jika dibiarkan begitu saja, hal ini akan menyebabkan cedera dan gangguan pembuluh darah lho. Tetap hat-hati ya!

4 dari 5 halaman

Diabetes

Ilustrasi DiabetesIlustrasi Diabetes © Shutterstock

Tak hanya itu saja, ternyata penyakit gula atau diabetes juga bisa menyebabkan bintik hitam pada pandangan mata. Diabetes dapat merusak pembuluh darah yang mengarah ke retina. Ketika pembuluh-pembuluh itu rusak, retina mungkin tidak dapat menunjukkan gambar dan cahaya.

Beri Komentar