Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat, Aman Nggak Sih?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 17 Desember 2020 08:25
Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat, Aman Nggak Sih?
Tak boleh mandi saat tubuh masih berkeringat, emang kenapa ya?

Ketika tubuh berkeringat, badan pasti serasa lengket. Untuk menyegarkan tubuh, tentu saja mandi jadi solusi yang paling tepat. Menurut penelitian yang dilakukan Harvard Medical School menyebutkan bahwa tubuh yang berkeringat sering kali menjadi salah satu alasan untuk mandi.


Namun ternyata mandi saat tubuh masih dalam keadaan berkeringat tak diperbolehkan lho. Kenapa ya?

1 dari 2 halaman

Dampak Buruk pada Tubuh

Ilustrasi olahraga © Diadona

Karena keringat membuat kulit jadi lengket, hal ini memberikan peluang bagi kotoran seperti debu jadi lebih mudah, selain itu juga membuat sela-sela pada tubuh jadi bau.

Ketika tubuh mengeluarkan keringat, maka tubuh akan menghasilkan panas untuk kembali mengisi cadangan energi dan menormalkan kembali sirkulasi darah. Karena itu perlu adanya jeda untuk mengembalikan tubuh ke suhu normal.

Menurut ahli fisiologi olahraga di San Fransisco, yakni Stacy Sims, PhD, menyarankan untuk tidak langsung mandi saat tubuh berkeringat. Terutama mandi dengan air yang sangat dingin.

“ Suhu dingin dapat mempersempit pembuluh darah dan memicu suhu tubuh terus naik, ” ujar Stacy. Hal ini dapat menyebabkan panas tubuh tertahan dan gangguan pada pembuluh darah.

2 dari 2 halaman

Tips Mandi Setelah Berkeringat

ilustrasi mandi malam wanita © Diadona

Jika tubuh berkeringat sangat banyak, selain memberikan jeda, kamu juga dapat melakukan pendinginan terlebih dahulu, kurang lebih sekitar 15 hingga 20 menit.

Jangan menggunakan air yang terlalu bersuhu dingin atau terlalu panas, sebaiknya gunakan air yang sesuai dengan kondisi tubuh ya, guys.

Beri Komentar