Udah Tidur Lama, tapi Kenapa Pas Bangun Badan Malah Capek Ya?

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 14 Juni 2021 17:03
Udah Tidur Lama, tapi Kenapa Pas Bangun Badan Malah Capek Ya?
Tidurnya kurang lama apa gimana sih ini?

Kalau udah ketemu weekend atau libur panjang, biasanya kita habisin satu hari dengan nggak ngapa-ngapain. Rasanya, pengen banget bales dendam setelah sebelumnya melakukan aktifitas padat.

Tapi anehnya ya, kenapa setelah tidur lama badan kita justerus kerasa capek dan badan jadi pegal-pegal. Kenapa ya?

Dilansir dari Insider.com, ternyata tidur lama nggak selalu baik buat kesehatan tubuh kita lho! Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Tidur © Diadona

Biasanya, banyak dari kita yang membutuhkan waktu tidur 7 sampai 8 jam sehari. Nah, saat proses tidur terjadi, manusia ternyata mengalami 5 siklus yang berbeda. Masing-masing siklus tersebut berdurasi sekitar 90 menit atau 1,5 jam. Nah, jika dikalikan 5 siklus normal, maka setidaknya kita membutuhkan waktu 7 sampai 8 jam untuk memperoleh kualitas tidur yang baik.

Lebih lanjut, tubuh kita akan mudah terbangun pada skilus dan dua. Namun, jika sudah masuk ke siklus ke 3 dan 4, tidur kita sudah pulas. Fase ke 3 dan 4 ini sering disebut dengan REM.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Bangun Tidur © Diadona

Jadi, ketika kita tidur lebih dari durasi yang dibutuhkan, maka tubuh secara otomatis akan mengulangi 5 siklus tidur ini. Dan ketika kamu tidur 2 hingga 4 jam dari biasanya, bisa jadi kamu terbangun pada saat sedang ebrada di fase tidur REM.

Ketika kita terbangun di siklus ke 3 dan 4 atau REM, proses kerja otak dan bagian tubuh yang lainnya menjadi kacau. Karena itu lah kamu ketika bangun langsung merasa capek atau malah nggak bersemangat.

Beri Komentar