14 Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas agar Tetap Awet Segar dan Tahan Lama

Reporter : Arifina
Jumat, 12 Mei 2023 18:07
14 Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas agar Tetap Awet Segar dan Tahan Lama
Jangan asal menyimpan makanan di kulkas ya!

Kulkas menjadi salah satu alternatif utama agar makanan tahan lama. Sayangnya, tak semua orang tahu gimana tips menyimpan makanan di kulkas.

Kalau penyimpanannya bahan makan  dalam kulkas kurang tepat, makanan justru akan cepat busuk dan berair. Selain itu bukan tak mungkin juga membuat kulkas jadi cepat rusak.

Apalagi ternyata ada banyak bahan makanan yang tak boleh disimpan di kulkas lho! Bukan karena bisa membuat kulkas rusak, namun justru akan mengurangi kualitas dari bahan makanan tersebut. Makanan apa saja yang tidak boleh disimpan di kulkas?

Dilansir dari Food Network, makanan yang tak boleh disimpan di kulkas antara lain:

  1. Kentang, sebab suhu dingin akan memecah pati dalam kentang, membuatnya memiliki tekstur berpasir.
  2. Madu, akan mengkristal di suhu dingin.
  3. Kopi. Kondisi lembab dalam kulkas akan mempengaruhi cita rasa kopi.
  4. Bawang yang belum dikupas, karena suhu dingin akan membuatnya berjamur dan lembek.
  5. Roti. Menyimpan roti di dalam kulkas akan membuatnya terhindar dari jamur, tapi bakalan bikin teksturnya kering.
  6.  Tomat, yang akan kehilangan rasa khasnya dan jadi lembek ketika disimpan di suhu dingin.
  7. Bawang putih, di mana suhu dingin akan berpengaruh pada cita rasanya.
  8. Kacang. Suhu dingin kulkas memang akan menjaga kandungan minyak alami di dalam kacang, namun akan mengubah cita rasanya.
  9. Pisang. Suhu hangat dibutuhkan pisang untuk membuatnya cepat matang dan memasukkannya ke dalam kulkas bakalan menghambat proses tersebut. Selain itu, kulit pisang bakalan berubah jadi coklat hingga hitam bila terkena suhu dingin.
  10. Selai. Bila disimpan di kulkas, selai akan cenderung menggumpal sehingga sulit dioleskan.

Nah, berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips menyimpan bahan makanan di kulkas agar tetap awet segar dan tahan lama. Apa saja? Yuk, simak!

1 dari 14 halaman

Perhatikan Suhu Kulkas

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memasukkan bahan makanan ke dalam kulkas adalah suhunya. Pastikan suhu kulkas pada angka 5 derajar celcius atau lebih rendah.

Gunakan termometer kulkas untuk menentukan suhu yang tepat dan periksa secara rutin ya! Untuk menjaga kestabilan suhu, pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat.

2 dari 14 halaman

Jangan Menumpuk Makanan Terlalu Banyak

Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas © Diadona

Menyimpan bahan makanan di kulkas tujuannya adalah agar lebih tahan lama. Namun, harus diperhatikan untuk tidak terlalu banyak menumpuk berbagai makanan ke dalam kulkas.

Kebiasaan ini justru akan menghambat sirkulasi udara di dalamnya dan justru menjadikan makanan lebih cepat basi. Jika terlanjur penuh, maka turunkan suhu kulkas agar tetap dingin ya!

3 dari 14 halaman

Jangan Asal Memasukkan Masakan Panas

Masakan yang masih panas tidak dianjurkan langsung dimasukkan ke dalam kulkas. Lebih baik jika kamu membiarkannya sampai dingin terlebih dulu ya!

Makanan yang panas dapat meningkatkan suhu kulkas. Hal ini akan memengaruhi bahan makanan lain di dalamnya.

4 dari 14 halaman

Simpan Makanan Sesuai Jenisnya

Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas © Diadona

Kulkas memiliki beberapa rak yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Karenanya, sangat dianjurkan untuk menyimpan bahan makanan sesuai dengan jenisnya dan tidak bercampur.

Misalnya, jenis daging, ikan dan unggas disimpan dalam wadah tertutup kedap udara dan dimasukkan ke dalam freezer. Sementara, untuk jenis makanan siap makan seperti keju, yogurt dan sisa makanan bisa menggunakan bagian rak atas atau tengah.

5 dari 14 halaman

Hindari Mencuci Buah

Menyimpan buah ke dalam kulkas ternyata tidak bisa asal lho! Hindari mencucinya, dan pastikan buah yang kamu masukkan di dalam kulkas dalam kondisi kering.

Disarankan meletakkan buah-buahan di bagian rak paling bawah kulkas. Dengan begitu, buah-buahan akan segar dan awet lebih lama.

6 dari 14 halaman

Sering Tata Ulang Makanan Segar

Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas © Diadona

Memutar posisi makanan segar sangat dianjurkan agar dapat menjaga kualotas bahan makanan itu sendiri. Cara ini akan membuat makanan tidak mudah rusak.

Ketika kamu mengatur ulang tata letak makanan, maka kamu bisa posisikan yang bagian depan adalah makanan yang tidak lagi bertahan lama.

7 dari 14 halaman

Hindari Menyimpan Telur di Bagian Pintu Kulkas

Jika kamu ingin menyimpan telur, disarankan untuk tidak menaruhnya di rak pintu kulkas. Hal ini karena, pintu kulkas sering terbuka dan tertutup dan menjadikannya rentan terhadap perubahan suhu yang mengakibatkan telur cepat busuk.

Dianjurkan menyimpan telur dalam wadah khusus dan memasukkan ke bagian dalam kulkas.

8 dari 14 halaman

Simpan Makanan dengan Wadah Khusus

Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas © Diadona

Menyimpan makanan di kulkas dengan wadah yang sesuai akan membantu membuatnya lebih segar dan tahan lama. Seperti penggunaan tempat yang transparan.

Selain membantu mengawetkan makanan lebih lama, juga dapat mengurangi limbah makanan. Cara ini juga akan memudahkan dalam menemukan bahan makanan yang kamu simpan dan kulkas akan terlihat lebih rapi.

9 dari 14 halaman

Beri Label Pada Makanan

Memberi label pada setiap wadah makanan yang disimpan di kulkas, perlu dilakukan. Hal ini agar kamu mengetahui sudah berapa lama makanan itu berada di lemari pendingin.

Dengan begitu, kamu bisa memastikan makanan yang kamu simpan masih layak atau tidak untuk digunakan ya!

10 dari 14 halaman

Lapisi Rak Kulkas dengan tisu atau Handuk

Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas © Diadona

Metode melapisi rak kulkas dengan tisu atau handuk dapat menjadikan bahan makanan lebih awet. Tisu atau handuk dapat membantu penyerapan kondensasi yang dihasilkan buah dan sayuran saat dingin.

Menambahkan alas ini akan mengurangi kelembapan pada buah dan sayur, sehingga tidak mudah layu dan tetap terjaga kualitasnya.

11 dari 14 halaman

Gunakan Kantong Plastik

Bahan makanan seperti sayuran yang disimpan di kulkas lebih cepat layu. Nah, untuk mencegahnya kamu dapat memanfaatkan kantong plastik.

Masukkan sayuran ke kantong plastik dan tutup rapat agar tidak terkontaminasi bahan makanan lain sebelum menyimpannya di kulkas. Cara ini akan membuat sayuran lebih tahan lama.

12 dari 14 halaman

Simpan Produk Susu dengan Benar

Dianjurkan menyimpan susu dengan menggunakan botol plastik dibandingkan kardus karton ke dalam kulkas. Hal ini karena bakteri akan mudah tumbuh di kardus daripada botol.

Sedangkan produk olahan susu, disarankan tetap disimpan sesuai kemasannya. Namun, jika sudah digunakan jangan kembalikan ke wadah aslinya, melainkan pindahkan ke wadah lainnya ya!

13 dari 14 halaman

Bersihkan Kulkas dengan Terartur

Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas © Diadona

Rutin membersihkan kulkas akan membuat bahan makanan lebih tahan lama lho! Setidaknya, seminggu sekali kamu bisa memeriksa makanan sambil membersihkan kulkas.

Cuci setiap lapisan permukaan kulkas, dan pastikan mengeringkannya setelahnya. Lalu masukkan kembali bahan makanan yang perlu disimpan.

14 dari 14 halaman

Buang Makanan Tak Layak

Inilah perlunya mengecek rutin kulkas kamu. Sehingga, kamu dapat memastikan makanan yang ada di dalam benar-benar yang masih layak.

Jika ditemui makanan yang sudah tidak tidak layak konsumsi, sebaiknya langsung dibuang ya! Hal ini untuk menghindari kontaminasi pada makanan lainnya.

Itulah tips menyimpan bahan makanan di kulkas, semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar