5 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Biar tetap Awet Segar

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 21 Juli 2021 13:42
5 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Biar tetap Awet Segar
Sudah pada tahu nggak sih jika ada beberapa cara menyimpan daging kurban di dalam kulkas yang harus kita perhatikan agar daging tetap awet segar. Kalau belum, yuk simak caranya bareng-bareng.

Hari Raya Idul Adha telah tiba, yang artinya kita akan mendapat daging entah kambing atau sapi dari panitia kurban di tempat kita. Tapi sepertinya nggak mungkin kita akan mengolah semua daging itu dalam sekali masak.

Pasti, kita akan menyimpan beberapa daging tersebut untuk dimasak di kemudian hari. Tapi sudah pada tahu nggak sih jika ada beberapa cara menyimpan daging kurban di dalam kulkas yang harus kita perhatikan agar daging tetap awet segar.

Kalau belum tahun ini 5 cara menyimpan daging kurban di dalam kulkas yang bisa kita lakukan. Yuk simak cara-caranya:

1 dari 4 halaman

1. Jangan Cuci Daging yang Akan Disimpan

Ilustrasi Daging KambingIlustrasi Daging Kambing © wikipedia.org/Biswarup Ganguly

Langkah pertama ini mungkin sudah jamak kita ketahui ya. Seperti yang kita tahu, proses pencucian daging ini akan menyebabkan bau tidak sedap di dalam daging semakin menguat. Alih-alih semakin bersih, daging yang akan disimpan akan semakin bau.

Selain bau menyebabkan bau yang tak sedap, air yang digunakan untuk mencuci daging juga akan meresap ke bagian dalam. Tentu saja air yang meresap ini akan merusak kualitas daging tersebut. Jadi, cara menyimpan daging kurban di dalam yang paling dasar adalah dengan tidak mencucinya terlebih dahulu.

2. Sebelum Disimpan, Potong Daging sesuai Kebutuhan

Cara menyimpan daging kurban di dalam kulkas yang selanjutnya adalah memotong daging terlebih dahulu. Misal nih ya, daging lebih baik dipotong sesuai dengan ukuran yang akan dikonsumsi dalam satu hari. Hal ini tentunya akan memudahkan kita unruk mencairkan daging dari dalam kulkas ketika kita hendak memasaknya.

Selain itu, memotong daging menjadi beberapa bagian akan menghemat tempat penyimpanan di dalam kulkas atau freezer.

2 dari 4 halaman

3. Tempat Kedap Udara

Sebelum disimpan di dalam kulkas, sebaiknya masukkan daging ke wadah kedap udara. Jangan lupa juga untuk memastikan wadah kedap udara yang digunakan sudah berbahan food grade, sehingga daging kurban yang akan kamu konsumsi tetap aman.

4. Suhu Minus 18 Derajat Celcius

Ilustrasi kulkas dan isinyaIlustrasi kulkas dan isinya © Shutterstock

Selanjutnya, cara menyimpan daging kurban di dalam kulkas biar tetap awet dan segar adalah dengan menyimpannya di dalam suhu minus 18 derajat Celcius agar beku. Tentunya agar daging lebih tahan lama dan kualitasnya tetap terjaga.

Selain itu, dengan menyimpan daging dalam suhu 18 derajat celcius akan membuat bakteri di dalam daging tertidur. Sehingga ini akan membuat daging awet secara alami.

3 dari 4 halaman

5. Pindah dari Freezer ke Rak Khusus Daging

Terakhir cara menyimpan daging kurban di dalam kulkas adalah dengan memindahkan daging dari freezer ke rak khusus daging. Hal ini bisa kita lakukan ketika kita hendak mengolah atau memasak daging tersebut.

Kenapa nggak langsung dikeluarkan dari freezer dan dibiarkan di ruangan terbuka? Hal ini dikarenakan apabila daging sudah bersentuhan dengan udara luar, maka daging akan mulai bereaksi dengan bakteri yang ada di sekitarnya.

Jadi, memindahkan daging dari freezer ke rak khusus daging tidak bukan dan tidak lain tujuannya adalah agar daging mencair dengan sendirinya tanpa kehilangan suhu dinginnya.

Jadi itulah 5 cara menyimpan daging kurban di dalam kulkas yang bisa kita lakukan agar daging tetap awet segar. Oh iya, kalau hendak memasak atau mengolah ya jangan lupa di cuci hehe.

Beri Komentar