12 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Awet, Segar dan Tahan Lama

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 6 September 2022 08:53
12 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Awet, Segar dan Tahan Lama
Cara menyimpan wortel, sayuran berdaun dan bahan lainnya jangan disamakan ya!

Paling tidak harus ada satu jenis sayuran dalam setiap porsi makan kamu. Karena itu, kita sering menyimpan stok syuran di kulkas dalam jumlah lumayan banyak biar nggak melulu ke pasar. Trus biar sayuran tahan lama serta terjaga kesegarannya, ternyata ada banyak cara menyimpan sayuran di kulkas lho.

Biasanya nih ibu-ibu kita menyimpan sayuran di kulkas dengan memasukkan ke dalam kresek atau plastik. Tapi apakah cara tersebut sudah benar? Ups, ternyata tak selalu demikian.

Sebelum ke cara menyimpan sayuran di kulkas, perhatian dulu masa simpan beberapa bahan makan berikut ini.

  • Berdaun hijau bisa disimpan selama 3-5 hari
  • Sayuran hijau bukan daun bisa disimpan 5-7 hari
  • Bentuk buah bisa disimpan hingga 2 minggu
  • Sayuran umbi dan akar bisa disimpan hingga 3 minggu
  • Sayuran batang dan rempah bisa disimpan hingga 2 minggu

Apakah ada bahan makanan di kulkasmu lebih pendek umur simpannay dari pada yang tertera di atas? Hmm, mungkin kamu belkum tau cara menyimpan sayuran di kulkas ecara tepat. Pantengin tipsnya beriktu ini ya!

1 dari 4 halaman

Cara Menyimpan Sayuran di KulkasCara Menyimpan Sayuran di Kulkas © shutterstock.com/Bogdan Sonjachnyj

Sortir Sayuran

Sebelum memasukkannya sayuran ke kulkas, sortir dulu bagian sayuran yang bagus dan buang bagian yang telah jelek. Misalnya, sayuran yang menguning, busuk, atau terkena hama tanaman. Ini juga berlaku pada sayuran yang kamu beli di supermarket juga lho!

Potong bagian sayuran yang sudah busuk dan tidak bisa digunakan biar nggak merembet ke bagian yang segar.

Cuci dan Keringkan Sayuran

Setelah membelinya dari pasar, cuci sayuran dengan menggunakan air bersih mengalir. Fungsinya adalah untuk menghilangkan kotoran dan kuman yang menempel yang bisa mengakibatkan sayuran jadi cepat busuk.

Selanjutnya, keringkan sayuran dengan salad spinner atau diangin-anginkan saja. Biar apa? Tujuannya biar air yang yang menempel dalam sayuran nggak menambah kadar air dan membuatnya jadi cepat busuk.

Perhatikan Karakteristik Masing-masing Bahan

Banyak produk yang disimpan dengan baik di kulkas sementara beberapa item seperti kentang, bawang merah, dan bawang putih sebaiknya disimpan pada suhu ruangan yang dingin. Artinya, tak semua bahan baik disimpan di kulkas lho!

Trus nih beberapa buah seperti apel dan pisang mengeluarkan gas etilen, gas yang membuat buah cepat matang. Nah, beberapa syuran dan buah sensitif sekali dengan gas ini seperti kubis, sayuran hijau, selada, dan brokoli. Maka dalam cara menyimpan sayuran di kulkas, pisahkan buah yang mengeluarkan gas etilen dan yang sensitif dengannya.

2 dari 4 halaman

Pisahkan Buah dan Sayuran

Nah, cara menyimpan sayuran di kulkas yang ini nih nyambung dengan penjelasan di atas bahwa sayuran dan buah harus dipisahkan. Gas etilen yang dikeluarkan oleh buah matang bisa mengenai sayuran dan membuatya jadi cepat busuk.

Tempatnya buah dan sayur dan rak terpisah atau tutup sayur menggunakan wadah kedap udara.

Cek Suhu Kulkas secara Berkala

Suhu yang baik untuk menyimpan sayuran adalah 1-4 derajat celcius. Bila suhu lebih tinggi, bakteri akan mudah berkembang dan membuat aroma serta cita rasa sayuran jadi tidak sedap. Sedangkan bila suhu terlalku rendah, maka sayuran akan kering.

Kondisi ini juga fleksibel tergantung pada isi kulkas. Bila kulkas penuh, maka turunkan suhu. Sebaliknya, bila kulkas kosong dan hanya terdapat sedikit bahan makanan maka sedikit naikkan suhu agar bahan makanan tak 'kedinginan'.

Cek Kondisi Bahan Makanan Secara Berkala

Yup, sayuran memang bisa bertahan di kulkas selama beberapa hari tapi bukan berarti kamu bisa membiarkannya begitu saja. Mungkin saja selama penyimpanan tersebut ada beberapa bagian sayur yang telah membusuk dan harus kamu buang segera agar tak mempengaruhi sayuran yang masih segar lainnya.

Jaga Kelembabab Kulkas

Selain suhu, penting juga mengatur kelembababn kulkas agar tetap tinggi. Jangan sering membuka tutup pintu kulkas apalagi melakukannya dalam waktu yang lama. Penting juga untuk memberishkan karet bantalan kulkas secara berkala.

3 dari 4 halaman

Cara Menyimpan Sayuran di KulkasCara Menyimpan Sayuran di Kulkas © shutterstock.com/Bogdan Sonjachnyj

Membungkus Sayuran Hijau

Cara menyimpan sayuran di kulkas yang tak kalah penting lainnya yakni dengan membungkus sayuran hijau dengan menggunakan kertas. Kertas ini akan menyerap kelebihan air sehingga bisa membuatnya tidak mudah busuk. Kertas juga bisa diganti dengan serbet, tissue dan lainnya.

Potong Batang Tanaman Sayuran

Potong batang sayuran, buang bila tak dimasak atau tempatkan di wadah lain bila akan dikonsumsi. Dedaunan perlu mengeluarkan uap ketika disimpan di dalam kulkas, sehingga keberadaan tangkai sayuran justru akan menghalangi hal tersebut yang membuat sayuran cepat busuk.

Tempatkan Sayuran di Kulkas Sesuai Jenisnya

Biasanya sih kulkas punya 3-4 rak penyimpanan makanan dan gunakan rak ini sesuai dengan jenis makananmu. Misalnya nih rak bagian bawah yang memiliki suhu relatif rendah dan stabil sangat cocok untuk sayuran berdaun yang rentan busuk.

Rak bagian tengah cocok banget untuk menyimpan wortel, kacang panjang, kol, buncis dan lainnya. Trus bagian paling atas bisa kamu gunakan untuk menyimpan sayran dengan kadar air tinggi, conothnya mentimun.

Gunakan Wadah Kedap Udara

Beberapa bahan membutuhkan cara menyimpan sayuran di kulkas menggunakan wadah kedap udara, misalnya kantong silikon yang bisa digunakan ulang dan lainnya. Wadah ini menahan kelembapan, mencegah produk mengalami dehidrasi, dan membantu melindungi produk sensitif dari efek gas etilen.

Jaga Kebersihan Kulkas

Pastikan untuk membersihkankulkas secara berkala ya! Tanaman yang busuk yang masih berada di kulkas dan tak segera dibuang bisa mempengaruhi kesegaran sayuran lainnya, begitu pula dnegan keberadaan makanan basi.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi SayuranIlustrasi Sayuran © 2019 https://www.diadona.id/mashed

Nah berikut ini adalah jenis sayuran dan bagaimana cara menyimpannay di dalam kulkas.

Sayuran Berdaun

Daun sayuran bisa bernafas dan memang sebaiknya disimpan di kulkas. Sebab, suhu rendah akan memperlambat proses pernafasan sayuran tersebut trus mencegah bakteri dan jamur.

Sayuran seperti ini juga perlu berada di lingkungan yang lembab agar tetap segar. Tapi kalau terlalu basah, mereka bisa kena serangan bakteri dan akan berakhir menjadi sayuran busuk. Makanya dalam cara menyimpan sayuran di kulkas, sayuran jenis ini sebaiknya disimpan dalam keadaan kering.

Menyimpan sayuran di suhu dingin bakaln membantu melindunginya dari kecepatan pembusukan. Tapi perlu diperhatikan kalau udah dingin juga bisa menyedot uap dari sayuran sehingga sebaiknya nih dalam cara menyimpan sayuran ini di kulkas, letakkan di dalam wadah atau kantung plastik. Hindari meletakkannya tanpa penutup.

Mentimun

Mentimun suka suhu yang nggak terlalu dingin dan bakalan berlendir serta busuk di suhu yang rendah. Dalam cara menyimpan sayuran ini di kulkas, sebaiknya simpan mentimun dengan membungkusnya menggunkan plastik wrap. Ini bakalan membuat mentimun segar lebih lama karena bungkus plastik ini berfungsi sebagai " kulit kedua" yang mencegah hilangnya kelembaban tanpa menyebabkan pengembunan.

Buah Strawberry, Jeruk dan Anggur

Pokoknya buah-buahan yang nggak akan matang setelah disimpan, punya cara menyimpannya sendiri di kulkas. Yakni dengan meletakkan di wadah plastik namun berventilasi dan memiliki rak di bagian bawah wadah. Kenapa demikian? Ini agar buah-buahan tersebut bisa 'bernafas' trus mencegahnya terkena air yang keluar dari bahan.

Cara menyimpan sayuran di kulkas untuk bahan ini juga bisa dilakukan dengan meletakkan kertas coklat atau tissue makan di bagian bwahanya untuk menyerap kelembaban.

Kentang dan Ubi Jalar

Dua bahan ini big no banget dimasukkan dalam kulkas ya! Simpan di tempat yang sejuk dan gelap dengan kelembaban yang relatif tinggi. Pisahkan dari bawang, pisang, dan barang-barang penghasil etilen lainnya.

Tauge

Beberapa sumber menyebut kalau cara menyimpan sayuran tauge di kulkas yakni dengan merendamdanya di dalam air. Taoge akan tetap segar dan tak berwarna kehitaman selama beberapa hari ke depan.

Wortel

Jangan mencuyci wortel sebelum dimasak karena kelebihan air dapat mempercepat proses pembusukan. Trus sebelum disimpan di kulkas, potong bagian akarnya. karena wortel menyimpan kelembaban dari sana.

Dalam cara menyimpan sayuran ini di kulkas,bungkus wortel dengan kertas dan simpan dalam wadah kedap udara. Simpan wortel di bagian paling dingin dari kulkas trus jauhkan dari buah-buahan yang menghasilkan gas etilen, seperti apel, untuk mencegah pembusukan.

Cara menyimpan sayuran di kulkas nggak dengan asal memasukkannya saja nih, namun juga harus dipahami agar sayuran segar lebih lama. Sayang banget kan kalau bahan makanan jadi terbuang sia-sia?

Beri Komentar