7 Cara Memilih Sayuran yang Baik, Segar, dan Sehat

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 8 September 2022 12:58
7 Cara Memilih Sayuran yang Baik, Segar, dan Sehat
Cara memilih sayuran yang baik ini adalah langkah dasar untuk memenuhi gizi tubuh dengan baik hehehe

Mengkonsumsi sayuran sehat adalah salah satu hal yang wajib kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Baik itu dimasak ataupun dinikmati ketika masih segar. Nah, yang harus diperhatikan adalah cara memilih sayuran yang baik untuk dikonsumsi. Basic banget ini hehe.

Cara memilih sayuran yang baik dan segar initidak bukan adalah untuk mendapatkan kualitas yang terbaik. Tentunya sayur yang sehat dan segar sangat bermanfaat buat kebutuhan tubuh. Oh iya, ini diperuntukkan untuk kamu yang nggak bisa menanam sayur sendiri alias pembeli sayuran di pasar hehehe.

Pasalnya, ketika kamu bisa punya waktu untuk menanam sayuran sendiri kamu nggak perlu membelinya lagi. Nah, Diadona.id telah merangkum cara memilih sayuran yang baik, segar, dan sehat ini dari berbagai sumber.

So, yuk kita simak bareng-bareng cara memilih sayuran yang baik, segar, dan menyehatkan tubuh!

1 dari 7 halaman

1. Ambil Langsung dari Petani

Cara Memilih Sayuran yang Baik © Diadona

Cara memilih sayuran yang baik yang pertama adalah dengan mengambil atau membeli langsung dari petani. Ini sudah pasti sayuran yang kamu nikmati adalah produk terbaik karena dipanen langsung dari ladang. Kesegarannya sudah nggak perlu diragukan lagi.

Dan masalah harga pasti lebih bersahabat. Jadi, cara memilih sayuran yang baik dengan membeli langsung dari petani ini sangat bisa untuk dicoba.

2 dari 7 halaman

2. Pastikan Sayuran Tidak Layu

Cara Memilih Sayuran yang Baik © Diadona

Cara memilih sayuran yang baik yang kedua adalah dengan memastikan sayuran tidak dalam kondisi layu. Pasalnya, kalau sayuran sudah layu bisa jadi itu adalah sayuran yang sudah dipanen beberapa hari. Bisa juga ini adalah sayuran yang memang kurang terawat.

3 dari 7 halaman

3. Pilih Sayuran yang Kecil dan Muda

Ilustrasi Sayuran © Diadona

Memilih sayuran berukuran kecil dan muda juga bisa kamu jadikan pilihan untuk memilih sayuran yang baik. Hal tersebut dikarenakan berdasarkan fakta yang ada, sayuran yang berukuran kecil dan berusia muda akan jauh lebih baik untuk dikonsumsi dan juga lebih sehat.

Plus, kamu juga bisa menikmati sayuran yang kecil danmuda ini dengan tekstur yang lebih empuk.

4 dari 7 halaman

4. Perhatikan Warna Sayuran

Ilustrasi Sayuran Hijau © Diadona

Warna sayur juga bisa menjadi patokan dalam cara memilih sayuran yang baik, segar, dan sehat. Pasalnya, tingkat kesegaran sayuran yang dapat dilihat melalui warnanya, apakah masih berwarna hijau seperti aslinya atau sudah mulai menguning atau terlihat lebih cerah.

Selain itu, alasan kenapa cara memilih sayuran yang baik berdasarkan warna ini bisa dijadikan patokan adalah warna sayuran yang tajam juga dapat memperlihatkan bahwa nutrisi, serat, serta vitamin yang ada di dalam sayuran tersebut masih tinggi.

5 dari 7 halaman

5. Belanja di Pagi Hari

Cara Memilih Sayuran yang Baik © Diadona

Selain dari penampilan sayuran, akmu juga bisa menerapkan cara memilih sayuranbaik berdasarkan waktu belanja. Yaitu,kamu bisa belanja di pagi hari, tapi ini tips buat kamu yang belanja ke pasar ya karena kalau di super market sayuranakan selalu segar karena diletakan di pendingin.

Kenapa cara memilih sayuran yang baik bisa denganbelanja di pagi hari? Karena kamu akan bisa mendapatkan pilihan yang lebih banyak, serta sayuran juga masih di dalam kondisi yang segar dan belum layu.

6 dari 7 halaman

6. Cek Tekstur dan Bau Sayuran

Cara memilih sayuran yang baik yang selanjutnya adalah dengan mengecek tekstur dan bau sayuran. Sayuran yang segar akan memilih tekstur yang relatif lebih keras dan tidak lembek serta tidak memiliki bau.

Pastikan kamu tidak memilih sayuran yang lembek dan memiliki bau nggak enak. Dua hal tersebut adalah indikasi bahwa sayuran tersebut sudah tidak segar lagi.

7 dari 7 halaman

7. Pastikan Tidak Bau Pestisida

Terakhir untuk cara memilih sayuran yang baik adalah dengan memastikan sayuran tersebut tidak berbau pestisida yang menyengat. Pasalnya, perstisida ini adalah racun yang kalau dikonsumsi akan ada bahaya yang mengintai.

Jadi itulah beberapa cara memilih sayuran yang baik, segar, dan sehat yang bisa kamu lakukan. Kamu suka ssayur, kan? Kalau suka ya gas cobain cara-cara di atas hehehe.

Kalau kamu nggak suka sayur, ya kamu bisa mengirim cara memilih sayuran yang baik ini ke orang terdekat kamu yang suka banget sayur hehehe. Terima kasih banyak Diazens!

Beri Komentar