Catat! Ini 12 Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas, dari Tomat hingga Semangka

Reporter : Aditia
Selasa, 6 Desember 2022 13:00
Catat! Ini 12 Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas, dari Tomat hingga Semangka
Beberapa buah ini merupakan buah yang tidak boleh masuk kulkas karena akan mengurangi nutrisi hingga rasanya.

Kulkas merupakan tempat penyimpanan yang dapat mengawetkan makanan hingga beberapa hari. Salah satu makanan yang dapat disimpan di kulkas adalah buah-buahan. Menyimpan di kulkas dapat membuat buah lebih tahan lama dan tidak cepat busuk. Namun, tahukah Diazen, ada beberapa buah yang tidak boleh masuk kulkas. Memasukkannya ke dalam kulkas justru akan membuat beberapa buah ini menjadi benyek.

Alasan lain mengapa beberapa buah yang tidak boleh masuk kulkas ini adalah karena dapat menghilangkan kandungan nutrisi di dalam buah tersebut. Oleh karenanya, kamu dianjurkan untuk segera mengonsumsi buah-buahan ini setelah membeli. Selain itu menyimpan buah-buahan ini di kulkas dapat membuat tekstur dan rasanya berubah, menghilangkan rasa manis, hingga gagal matang.

Nah, berikut beberapa buah yang tidak boleh masuk kulkas yang harus Diazes ketahui agar dapat menyimpan stok buah-buahan kamu di suhu ruang saja sehingga nutrisinya tetap terjaga dan rasanya tidak berubah. Simak rangkumannya di bawah ini!

1 dari 12 halaman

Tomat

Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas © Diadona

Tomat menjadi salah satu buah yang tidak boleh masuk kulkas. Menyimpan tomat di kulkas dapat membuat rasa dan tekstur tomat akan berubah. Selain itu, cara penyimpanan yang satu ini dapat mengganggu proses pematangan tidak rata dan membuat rasa tomat menjadi asam.

Tomat yang dimasukkan ke dalam kulkas akan kehilangan kesegarannya, berbeda dengan tomat yang disimpan di suhu ruang akan tetap segar dan juicy atau berair.

2 dari 12 halaman

Pisang

Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas © Diadona

Pisang juga menjadi buah yang tidak boleh masuk kulkas karena dapat merusak enzim yang menyebabkan pematangan pisang. Jika kamu berniat menyimpan pisang di kulkas agar awet dan tidak benyek, maka cara ini harus kamu hindari. Sebab dalam kulkas, pisang dapat mengalami proses pematangan yang lebih cepat atau bisa juga gagal matang jika kamu menyimpan pisang yang masih hijau. Selain itu, menyimpan pisang di kulkas akan membuat rasanya menjadi pahit.

3 dari 12 halaman

Jeruk

Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas © Diadona

Selain tomat dan pisang, jeruk juga merupakan buah yang tidak boleh masuk kulkas. Hal ini dikarenakan kandungan air dalam jeruk akan menyusut dan menghilang apabila disimpan di tempat yang dingin, sehingga buah jeruk akan menjadi kering. Cara menyimpan jeruk yang benar adalah cukup ditaruh dan disimpan di suhu ruang yang kering, sejuk, dan berventilasi.

4 dari 12 halaman

Melon

Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas © Diadona

Melon mengandung antioksidan yang tinggi, antioksidan ini akan hilang jika disimpan dalam suhu dingin. Karenanya, melon menjadi salah satu buah yang tidak boleh masuk kulkas. Tak cuma itu, kandungan vitamin dalam melon juga akan berkurang jika disimpan di dalam kulkas terlalu lama.

 

5 dari 12 halaman

Pepaya

Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas © Diadona

Pepaya memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Pepaya jadi buah yang tidak boleh masuk kulkas sebab dapat menghilangkan rasa manis dan kandungan air di dalamnya, sehingga teksturnya menjadi tidak segar, kering, dan keras.

6 dari 12 halaman

Alpukat Mentah

Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas © Diadona

Alpukat yang masih mentah tidak dianjurkan untuk disimpan di dalam kulkas karena dapat mengganggu proses pematangan. Selain itu, berencana mematangkan alpukat di dalam kulkas justru akan membuatnya jadi lebih cepat busuk.

7 dari 12 halaman

Semangka

Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas © Diadona

Semangka juga merupakan buah yang tidak boleh masuk kulkas. Meskipun rasanya cukup menyegarkan dan dingin saat disantap, ternyata efeknya juga sama halnya saat menyimpan melon di kulkas, yakni dapat menghilangkan kandungan antioksidan dan vitamin penting dalam buah semangka.

8 dari 12 halaman

Mangga

Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas © Diadona

Mangga merupakan buah tropis yang tumbuh di iklim yang hangat dan tropis. Ini menyebabkan buah mangga tidak boleh disimpan di kulkas karena dapat mengubah rasanya menjadi hambar dan menghilangkan kandungan airnya.

9 dari 12 halaman

Nanas

Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas © Diadona

Nanas menjadi buah yang tidak boleh masuk kulkas karena dapat mengganggu proses pematangan. Nanas yang matang di kulkas akan menjadi lebih asam dibanding nanas yang diperam dalam suhu ruang. Akan tetapi jika kamu sudah memotong nanas dan berniat untuk mengolahnya menjadi masakan, kamu boleh mengupas dan memotongnya terlebih dahulu sebelum dimasukkan dalam freezer.

10 dari 12 halaman

Persik

Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas © Diadona

Buah persik memiliki kandungan air yang banyak, menyimpan di kulkas justru akan membuatnya jadi lama matang. Tak sampai situ, persik yang disimpan di kulkas akan bertekstur kering seperti tepung dan keras. Kelembutan dalam buah persik juga akan hilang jika disimpan dengan cara ini.

11 dari 12 halaman

kiwi

Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas © Diadona

Apabila kamu menemukan buah kiwi yang belum matang dari pasar maupun supermarket, maka jangan simpan di kulkas untuk membuatnya matang. Sebab cara ini justru akan membuat buah kiwi tidak matang dan malah menjadi keras. Simpanlah buah kiwi di suhu ruang dan lekas dimakan setelah matang.

12 dari 12 halaman

Anggur

Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas © Diadona

Jika kamu ingin menyimpan buah anggur di dalam kulkas, maka lebih baik jika anggurnya belum lepas dari tangkainya. Hal ini untuk menjaga tekstur dan kandungan air dalam buah anggur tidak hilang. Anggur yang masih menempel pada tangkainya akan lebih awet dan tidak cepat busuk atau mengering di dalam kulkas.

 

Itulah beberapa buah yang tidak boleh masuk kulkas dan dianjurkan untuk tetap disimpan di suhu ruang agar rasa dan kandungan nutri di dalam buah tidak hilang. Setelah membaca ini,  mulai simpan buah-buahan di atas di tempat yang kering yuk Diazens!

 

Beri Komentar