4 Cara Menumis Bumbu Agar Tidak Gosong, Bikin Masakan Makin Sedap

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 22 November 2022 17:39
4 Cara Menumis Bumbu Agar Tidak Gosong, Bikin Masakan Makin Sedap
Cara menumsi bubu agar tidak gosong mulai dari menggunakan minyak panas, aduk cepat hingga yang unik nih yaitu memasukkan bumbu terakhir ketika bahan utama sudah matang

Saat memasak, biasanya bahan dari bumbu halus ditumis terlebih dahulu sebelum kemudian ditambahkan dengan bahan lainnya. Menumis bumbu hingga harum ini merupakan cara paling cepat dan super simple untuk membangun rasa dan dianggap bisa membuat rasa masakan jadi lebih nikmat karena aroma dan ras dari setiap bahannya jadi lebih keluar.

Namun bila teknik menumis kurang tepat, bumbu jadi kurang matang yang menyebabkan rasa langu pada masakan. Bumbu juga bisa jadi gosong dan terasa pahit sehingga merusak cita rasa makanan. Lalu kira-kira seperti apa sih cara menumis bumbu agar tidak gosong?

1 dari 4 halaman

Tumis Bumbu Hingga Harum

Cara Menumis Bumbu Agar Tidak Gosong © Diadona

Tak ada takaran waktu pasti kapan bumbu bia dinyatakan telah matang. Bumbu dianggap matang dan siap ditambah dengan bahan utama ketika sudah mengeuarkan aroma khas bumbu yang wangi. Jangan terlalu lama dan berlebihan ya sebab jika bumbu terlalu berlebihan ditumis mak rasa bumbu akan hilang

2 dari 4 halaman

Minyak Sudah dalam Keadaan Panas

Hanya masukkan bumbu ke dalam wajan ketika minyak sudah dalam keadaan panas. Bumbu yang ditumis dengan minyak panas akan menghasilkan wangi yang sedap banget. Beberapa sumber menyebut agar menggunakan minyak dalam jumlah yang cukup dan jangan terlalu banyak agar tidak merusak cita rasa masakan.

3 dari 4 halaman

Aduk Cepat Bumbu

Bumbu harus ditumis dengan diaduk secara cepat agar tidak gosong. Apalagi bila kamu menggunakan minyak panas yang dalam jumlah tidak banyak. Jangan sampai meninggalkan kompor dalam keadaan sedang menumis bumbu ya! Selain itu pastikan bumbu tidak lengket di wajan sehingga membuat proses pengadukan cepat jadi terkendala.

4 dari 4 halaman

Tumis Bumbu Terakhir

Hampir seluruh resep masakan pasti menginstruksikan kita untuk menumis bumbu terlebih dahulu hingga harum baru kemudian tambahkan dengan bahan masakan bahan utama. Namun Chef asal Jepang, Chef Akira Watanabe melakukan hal sebaliknya.

Dilansir dari CNN nih, Chef Watanabe lebih suka memasukkan bumbu rempah di saat terakhir ketika bahan utama sudah matang. Menurutnya nih penambahan bumbu tersebut cuman bertujuan untuk memperkuat cita rasa dari bahan makanan yang udah ada. Sebab pada dasarnya, setiap bahan makanan sudah punya citarasaya sendiri dan keberadaan bumbu rempah hanya menamba baroma pada masakan. MSelain itu menumi bumbu di awal minyak panas bisa membuat bumbu jadi gosong.

Hmm, tertarik mencobanya?

Beri Komentar