3 Cara Melembutkan Kulit Lumpia yang Beku Pasca Disimpan, Gampang Banget!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 31 Januari 2023 16:55
3 Cara Melembutkan Kulit Lumpia yang Beku Pasca Disimpan, Gampang Banget!
cara melembutkan kulit lumpia bisa dengan mengukusnya atau menyimpannya di suhu ruang

Seperti namanya, kulit lumpia adalah pembungkus lumpia yang terbuat dari adonan tepung cair lalu didadar tipis di teflon bundar. Membuatnya cukup susah-susah gampang, makanya banyak orang yang kemudian memilih membeli kulit lumpia jadi. Kulit lumpia bisa dikreasikan dengan berbaga isian, mulai dari bihun, ayam, pisang dan cokat dan masih banyak lainnya.

Di pasaran, satu kemasan kulit lumpia umumnya terdiri dari 50 - 100 lembar dengan harga bervariasi. Bila tak habis dalam sekali pakai, kulit lumpia bisa disimpan beku dan tahan hingga beberapa waktu. Sayangnya penyimpanan dingin ini membekukan kandungan air dalam kulit lumpia sehingga membuatnya keras. Setiap lapisannya juga mungkin akan lengket satu sama lain. Bagaimana bila hal ini udah terjadi?

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini tips melembutkan kulit lumpia yang keras karena penyimpanan beku. Cek ya!

 

1 dari 3 halaman

Dikukus

Cara Melembutkan Kulit Lumpia © Diadona

Seperti yang dikutip dari BrillioFood (31/1), salah satu tips melembutkan kulit lumpia seperti yang dibagikan oleh channel Youtube Dapur Cemilan yakni dengan mengukusnya. 

Pertama, rebus air di panci kukusan. Bila sudah mendidih dan keluar uap air, tambahkan kain kering sebagai alas untuk saringan kukusan. Kain ini bertugas sebagai penahan uap air berlebih di panci kukusan agar tak langsung mengenai lembaran kulit lumpia. Dengan demikian, kulit lumpia jadi tak basah.

Kemudian masukkan kulit lumpia yang sudah mengeras tadi ke dalam panci kukusan. Tutup panci dan kukus selama 1-2 menit. Selama waktu tersebut, buka tutup panci sesekali dan bolak-balik. Kulit lumpia yang sudah kembali empuk bisa langsung kamu angkat dan tiriskan terlebih dahulu. Bila sudah dingin, kulit lumpia siap diolah menjadi menu yang kamu inginkan.

Panduan lengkap cara melembutkan kulit lumpia eperti pada uraian di atas, bisa amu simak di video berikut ini:

2 dari 3 halaman

Bungkus dengan Kertas di Suhu Ruang

Selain dengan cara mengukus, melembutkan kembali kulit lumpia juga bisa dilakukan cukup dengan mendiamkannya di suhu ruang. Tips ini dibagikan oleh channel Youtube Cordova Store Record yang videonya bisa kamu tonton di bawah.

Caranya gampang banget kok. Kamu cukup membungkus kulit lumpia yang membeku dengan menggunakan kertas. Tapi perhatikan kebersihan kertas yang kamu gunakan ya, jangan sampai memakai kertas yang tidak higienis dan membuat kotoran pada kertas berpindah di kulit lumpia.

Bungkus lembaran-lembaran kulit lumpia dengan kertas hingga seluruh bagian tertutup rapat dan diamkan selama beberapa saat. Sayangnya nih di video tersebut nggak dijelaskan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kulit lumpia segar kembali, namun kamu bisa mengeceknya secara berkala.

Bila kulit lumpia sudah lembut, gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Cari tahu gimana caranay melalui video di bawah ini :

3 dari 3 halaman

Diamkan di Suhu Ruang

Cara Melembutkan Kulit Lumpia © Diadona

Bila tips melembutkan kulit lumpia di atas masih terlalu ribet, kamu bisa coba cara yang super gampang ini nih. Keluarkan lumpia yang masih beku karena disimpan di freezer. Selanjutnya diamkan kulit lumpia di suhu ruang selama kurang lebih dua jam sebelum digunakan.

Atau bila kamu ingin membuat kulit lumpia di pagi hari nih, pindah kulit lumpia dari freezer ke chiller dan simpan semalaman. Begitu bangun di pagi hari, keluarkan dari kulkas dan simpan di suhu ruang hingga lumpia benar-benar lembut dan bisa digunakan.

Tinggal pilih deh mana cara melembtkan kulit lumpia yang pas di kamu.

Baca Juga: 4 Cara Memasak Edamame Kukus, Camilan Sehat Kaya Manfaat 7 Tips Atasi Masakan Keasinan, Cukup dengan Bahan dan Langkah Sederhana 8 Tips Masak Daging Empuk Tanpa Presto, Hemat Waktu dan Gas 8 Cara Menggoreng Tofu agar Tidak Hancur, Perhatikan Mulai dari Cara Potongnya ya! 4 Cara Memasak Pakcoy agar Tidak Pahit dan Jadi Hidangan Lezat

Beri Komentar