4 Cara Memasak Pakcoy agar Tidak Pahit dan Jadi Hidangan Lezat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 26 Januari 2023 15:13
4 Cara Memasak Pakcoy agar Tidak Pahit dan Jadi Hidangan Lezat
Memasaknya terlalu lama ternyata merupakan penyebab pakcoy terasa pahit, lho!

Pakcoy kerap dimasak dengan cita rasa oriental. Bentuknya hampir mirip dengan sawi dengan sedikit rasa pahit yang tak jauh berbeda. Tapi agar lebih banyak diminati, kamu tentu harus tau gimana cara memasak pakcoy agar tidak pahit.

Pakcoy mengandung banyak vitamin A, C dan juga mineral seperti kalsium, zat besi dan magnesium. Rasa pahit yang dimiliki oleh pakcoy ternyata merupakan hasil dari keberadaan glukosinolat yang lebih menonjol dan tak selalu ada di semua varian sayuran ini.

Glucosinolate si penyebab rasa pahit pada pakcoy adalah sekelompok bahan kimia yang berevolusi di tumbuhan ini sebagai bentuk pertahanan kimia terhadap herbivora. Kandungan bahan kimia ini lebih tinggi pada beberapa varietas dan lebih rendah pada varietas lainnya.

Beberapa jenis glukosinolat menghasilkan aftertaste pahit yang khas. Meskipun demikian, beberapa cara memasak pakcoy berikut ini bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa pahitnya.

1 dari 2 halaman

Cara Memasak Pakcoy Agar Tidak Pahit © Diadona

Potong Bagian Bawah Tangkai

Walaupun lezat, namun kemungkinan nih tangkai bagian bawah pakcoy merupakan peyebab rasa pahit pada pakcoy. Hilangkan bagian ini ketika memasaknya ya!

Masak Sebentar

Pakcoy yang dimasak terlalu lama memang akan pahit. Memasaknya dalam waktu singkat bukan hanya merupakan cara memasak pakcoy agar tidak pait namun juga untuk menjaga warna hijaunya serta mempertahankan nutrisinya.

Untuk pakcoy yang direbus, gunakan panci besar dan air banyak. Setelah mendidih, masukkan pakcoy dan masak sebentar. Malahan nih beberapa netizen menyebut bahwa merebus pakcoy cuman perlu dengan mencelupkannya sebentar ke air mendidih.

Bila sudah matang, segera angkat dan kamu bisa memasukkannya ke dalam mangkuk berisi air es. Ini bertujuan untuk menghentikan proses pematangan pakcoy yang terus berlangsung karena sisa panas. Bila ditumis, tumis pakcoy sebentar saja ya!

2 dari 2 halaman

Tumis Pakcoy Bawang Putih © Diadona

Rebus dengan Sedikit Air Garam

Beberapa pengguna internet menyarankan untuk merebus pakcoy dengan sedikit garam untuk menghilangkan rasa pahitnya. Tambahan sedikti garam ini juga memberikan rasa sedap pada sayuran sekaligus menjaga warna hijau pakcoy.

Masak dengan Bumbu Lezat

Cara terakhir dalam memasak pakcoy agar tidak pahit adalah dengan mengolahnya meggunakan bumbu yang lezat, salah satunya dengan resep pakcoy siram bawang putih. Cara masaknya simpel banget kok yakni dengan merebus pakcoy sebentar lalu disiram dengan bumbu yang terdiri dari tumisan bawang putih dan juga saus tiram. Hati-hati saat menumis bawang putih aga tidak gosong ya!

Pakcoy sangat lezat, cocok untuk banyak makanan dan punya nutrisi tinggi. Sayang banget kan kalau jadi pahit karena kamu belum tagu gimana cara memasaknya.

Beri Komentar