6 Tips Menggoreng Bakso, Mekar dan Renyah, dan Dijamin Anti Keriput!

Reporter : Arifina
Senin, 23 Oktober 2023 20:07
6 Tips Menggoreng Bakso, Mekar dan Renyah, dan Dijamin Anti Keriput!
Membuat bakso goreng yang anti keriput ada triknya lho! Simak yang berikut!

Tips menggoreng bakso yang mekar, gurih, dan renyah sebenarnya cukup mudah. Bakso goreng cukup banyak dijadikan sebagai jajanan favorit masyarakat Tanah Air karena rasanya yang gurih dengan cocolan saus.

Jajanan khas Bandung ini memang menjadi menu kuliner wajib didatangi saat berkunjung ke kota tersebut. Alih-alih jauh-jauh ke Bandung, kamu bisa lho membaut sendiri olahan bakso goreng ini.

1 dari 8 halaman

Tips Menggoreng Bakso © Diadona

Namun, dalam menggoreng bakso ada trik yang harus diperhatikan. Lantaran, sebagian orang banyak yang gagal saat menggorengnya, seperti bakso goreng yang tidak mengembang sempurna atau bahkan keriput.

Hal tersebut terjadi karena bahan yang digunakan dan cara menggorengnya yang salah atau kurang tepat. Simak tips menggoreng bakso goreng di bawah ini agar mengembang dan renyah sempurna!

2 dari 8 halaman

Pastikan Adonan Daging Benar-benar Halus

Bahan utama yang digunakan untuk membuat bakso goreng tentunya daging, baik daging sapi maupun ayam. Sebaiknya gunakan daging yang dingin terlebih dahulu agar adonan bakso lebih kenyal.

Jika tidak menggunakan daging yang dingin, bisa juga menambahkan es batu saat menghaluskan daging. Pastikan saat menghaluskan daging, teksturnya sudah benar-benar halus dan lembut. Cara ini bertujuan agar bakso saat digoreng dapat mekar dan matang dengan sempurna.

3 dari 8 halaman

Pilih Bahan yang Tepat

Selain daging sebagai bahan utama, untuk menghasilkan bakso goreng yang renyah dan gurih tentunya membutuhkan bahan lainnya seperti tepung tapioka, telur, bawang putih hingga daun bawang. Tepung tapioka mampu memberikan tekstur bakso goreng kenyal dan lentur sehingga bentuknya akan lebih bagus.

Tidak semua adonan bakso goreng menggunakan telur untuk resepnya, namun perlu diketahui, telur berfungsi sebagai pengikat bahan adonan yang mampu menjaga tekstur adonan agar tidak hancur saat digoreng. Bawang putih sendiri akan membantu rasa bakso goreng semakin gurih dan membuat adonan bakso tidak terasa daging saja.

Kebanyakan memang adonan bakso polosan saja, namun kamu dapat menambahkan daun bawang yang diiris halus untuk memberikan tekstur dan tampilan bakso goreng semakin menarik.

4 dari 8 halaman

Tambah Baking Powder

Tips Menggoreng Bakso © Diadona

Menambahkan baking powder pada adonan bakso akan membantu saat proses penggorengan. Cukup tambahkan satu sendik teh baking powder dalam adonan, maka dijamin bakso akan lebih mekar dan renyah.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bumbu pelengkap untuk memperkuat rasa bakso ya! Di antaranya,  garam, kaldu bubuk, lada, dan sebagainya. Sesuiakan saja takaran bumbu dengan adonan yang kamu buat.

5 dari 8 halaman

Gunakan Minyak yang Banyak

Minyak goreng yang banyak diperlukan untuk menggoreng bakso dengan tepat. Sehingga adonan bakso terendam sepenuhnya dalam minyak panas saat digoreng.

Hal ini bertujuan agar bakso matang secara merata di semua sisi. Minyak goreng yang panas juga membantu membentuk lapisan luar yang renyah dan lembut di dalam pada tekstur bakso. Pastikan untuk menggunakan wadah atau wajan yang besar dan berdinding tinggi untuk menghindari percikan minyak panas.

6 dari 8 halaman

Perhatikan Cara Menggoreng Bakso

Saat akan memulai penggorengan, masukkan bakso di dalam minyak dengan hati-hati. Hindari meletakkan bakso terlalu banyak dan menumpuk. Hal ini dapat menurunkan suhu minyak dan adonan bakso yang saling menempel.

Goreng bakso setengah matang atau sampai adonan mencapai permukaan minyak dengan api sedang, angkat dan tiriskan terlebih dahulu. Kemudian, belah bakso menjadi 4 bagian jangan sampai putus atau berbentuk bunga.

Setelah itu, goreng bakso kembali di minyak yang panas dengan api kecil hingga coklat keemasan dan garing. Jangan lupa untuk membalik bakso agar matang merata dan warna bakso goreng cantik. Goreng cukup lama sekitar 30-45 menit sampai kering, jika bakso digoreng tidak sampai kering maka bakso goreng akan cepat kempes dan keriput.

7 dari 8 halaman

Tiriskan dengan Benar

Tips Menggoreng Bakso © Diadona

Jika bakso goreng telah matang, jangan lupa untuk meniriskannya dengan tepat. Letakkan bakso goreng diatas kertas tisu dapur untuk menghilangkan minyak yang berlebih.

Cara ini juga akan membantu bakso goreng menjaga tekstur yang renyah. Jika meniriskannya tidak benar, bakso goreng akan cepat mudah keriput karena minyak berlebih di dalamnya.

Itulah tips menggoreng bakso yang mudah untuk dicoba. Pastikan untuk mengikuti tips diatas agar bakso goreng kamu mekar, tidak mudah kempes, dan tekstur garing di luar dan lembut di dalam.

Sajikan bakso goreng dengan cocolan saus sambal, saus bangkok, atau mayonaise. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar