8 Tips Goreng Tahu agar Renyah Tahan Lama, Anti Kempes dan Kriuk Sempurna

Reporter : Arifina
Rabu, 4 Oktober 2023 18:07
8 Tips Goreng Tahu agar Renyah Tahan Lama, Anti Kempes dan Kriuk Sempurna
Siapa yang sering menggoreng tahu tapi hasilnya kempes setelah digoreng? Berikut tips agar tahu bisa renyah tahan lama!

Tips goreng tahu agar renyah tahan lama bisa kamu coba terapkan saat membuat camilan sederahana di rumah. Tahu merupakan makanan yang terbuat dari kedelai yang melalui proses perendaman, penggilingan, hingga pembentukan menjadi tahu dengan menggunakan cetakan.

Bahan makanan satu ini adalah olahan makanan serbaguna yang dapat digunakan di berbagai macam hidangan. Mulai dari tahu goreng, tahu isi, semur tahu, tahu telur, tahu cabai garam, dan lain sebagainya.

Terdapat pula berbagai jenis tahu, yaitu tahu putih, tahu susu, tahu sutra, tahu kuning, tahu pong, hingga egg tofu.

Tahu dapat dikatakan sebagai makanan favorit hampir seluruh masyarakat Indonesia. Sebagian besar hidangan di Tanah Air pasti bisa diolah dengan bahan baku tahu di dalamnya.

1 dari 11 halaman

Ilustrasi Tahu Sumedang © Diadona

Tahu sendiri memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Dilansir dari halodoc.com, tahu merupakan makanan yang kaya akan protein sehingga cocok untuk dikonsumsi saat diet.

Salah satu hidangan yang paling sering dimasak karena cara membuatnya mudah dan praktis adalah tahu goreng. Hidangan ini biasa dijadikan lauk saat makan bersama nasi dan sambal.

Namun biasanya tahu yang digoreng dengan cara biasa akan lebih cepat kempes dan dingin. Nah, berikut tips goreng tahu agar renyah tahan lama yang dilansir diadona.id dari berbagai sumber. Yuk simak!

2 dari 11 halaman

Rendam dengan Air Garam

Sebelum menggoreng tahu, sebaiknya rendam terlebih dahulu tahu yang sudah dipotong-potong dengan air garam. Proses ini dapat membantu tahu meningkatkan tekstur renyah.

Selain itu, garam juga dapat menghilangkan aroma khas tahu yang mungkin tidak disukai oleh beberapa orang dan dapat memberikan rasa gurih pada tahu. Cukup tambahkan satu sampai dua sendok teh garam pada air secukupnya, kemudian rendam tahu selama setengah hingga satu jam, tergantung hasil yang diinginkan.

Setelah selesai direndam, tiriskan tahu kemudian cuci sebentar dengan menggunakan air. Hal ini agar saat dimakan tahu tidak terasa terlalu asin.

3 dari 11 halaman

Lapisi dengan Tepung Kering

Jika biasanya menggoreng tahu hanya dengan adonan tepung basah. Kali ini cobalah untuk melapisinya dengan tepung kering.

Caranya setelah dicelupkan ke adonan basah, lapisi kembali dengan tepung kering setelah itu goreng tahu hingga matang. Tepung kering akan membentuk lapisan tipis yang kemudian menjadikan tekstur tahu lebih renyah dan crispy pada bagian luar.

Melapisi tahu dengan tepung kering juga akan membuat lebih tahan lama renyahnya. Sehingga dapat disimpan tanpa takut melempem atau kempes.

4 dari 11 halaman

Gunakan Campuran Tepung yang Tepat

Perbedaan Tepung Maizena dan Tapioka yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Sampai Salah ya Moms! © Diadona

Kunci agar gorengan bisa renyah tahan lama adalah tepung yang digunakan. Coba tambahkanlah tepung beras, maizena, dan tapioka pada adonan tepung terigu untuk menggoreng tahu.

Ketiga tepung ini merupakan yang biasa digunakan untuk pembuatan adonan krispi pada makanan dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kombinasi tepung beras, maizena, dan tapioka secara bersamaan dapat menghasilkan tekstur renyah dan krispi yang sempurna dan tahan lama pada tahu setelah digoreng.

5 dari 11 halaman

Tambahnkan Santan Pada Adonan

Santan ternyata menjadi salah satu bahan yang bisa digunakan untuk tambahan dalam adonan lho. Cobalah untuk menambahkan santan pada adonan basah untuk menggoreng tahu.

Penambahan santan ini bertujuan untuk memberikan rasa gurih dan tekstur yang lebih lembut pada tahu. Tekstur ini dapat menciptakan pengalaman makan yang unik pada tahu yaitu renyah di luar dan lembut di dalam. Selain itu, santan diketahui juga dapat memberikan tekstur renyah pada gorengan.

6 dari 11 halaman

Gunakan Baking Powder

Baking powder tidak hanya bisa digunakan untuk adonan roti saja, tapi juga bisa untuk tambahan dalam adonan tahu. Penggunaan baking powder ini untuk mempertahankan rasa tahu tetap renyah dan krispi tahan lama.

Baking powder mengandung bahan pengembang yang dapat menghasilkan gelembung gas karbon dioksida ketika dipanaskan, sehingga dapat membuat adonan menjadi lebih ringan dan renyah saat digoreng. Cukup tambahkan 1 sendok teh baking powder dalam adonan, maka kamu akan menghasilkan tahu yang renyah dan krispi tahan lama.

7 dari 11 halaman

Jangan Goreng Tahu Saat Basah

Tips Goreng Tahu agar Renyah Tahan Lama © Diadona

Sebelum tahu dicelupkan dalam adonan, pastikan tahu dalam keadaan kering. Jangan menggoreng tahu ketika masih dalam keadaan basah karena dapat menyebabkan tahu menjadi lembek dan tidak renyah.

Gunakanlah tisu atau kain untuk menyerap kelebihan air dari tahu. Cara mengeringkannya cukup dengan meletakkan tahu di atas tisu atau kain, kemudian tekan secara lembut untuk menyerap air dari tahu tersebut.

Setelah kering, tahu bisa dicelupkan dalam adonan kemudian digoreng hingga matang.

8 dari 11 halaman

Tuangkan Sisa Adonan saat Tahu Digoreng

Setelah tahu dicelupkan pada adonan basah, jangan buang sisa adonannya. Sisihkan dan gunakan saat tahu sedang digoreng.

Ketika tahu sudah mulai kecoklatan dan mengering, tuangkan sisa adonan di atas tahu yang sedang digoreng kemudian aduk-aduk.

Lakukan cara tersebut sebanyak 2-3 kali hingga tahu mengering renyah dan krispi. Semakin sering kita tuangkan adonan, maka semakin renyah pula hasil tahunya.

Proses ini bertujuan agar membuat lapisan krispi pada seluruh permukaan tahu sehingga saat dimakan rasanya enak, renyah, dan kriuk.

9 dari 11 halaman

Goreng dengan Minyak Banyak

Saat menggoreng tahu, gunakan teknik memasak deep frying atau memasak dengan minyak yang banyak dan panas hingga seluruh makanan terendam.

Teknik memasak ini berguna untuk menghasilkan makanan yang renyah, garing, dan krispi. Sehingga menciptakan sensasi yang kriuk saat menggigit tahu.

Dengan menggunakan cara ini, waktu memasak juga menjadi lebih cepat dan kematangannya merata sempurna. Selain itu, perhatikan pula jumlah tahu saat proses penggorengan.

10 dari 11 halaman

Tips Goreng Tahu agar Renyah Tahan Lama © Diadona

Jangan memasukkan tahu dalam jumlah yang banyak secara bersamaan karena akan membuat hasilnya menggumpal dan tidak matang secara merata.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah tadi sederet tips goreng tahu agar renyah tahan lama yang bisa kamu coba terapkan di rumah. Semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar