Cara Membuat Bakso Goreng Tepung dan Tanpa Daging serta Tips Anti Gagal, Layak Dicoba di Rumah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 15 Desember 2020 09:35
Cara Membuat Bakso Goreng Tepung dan Tanpa Daging serta Tips Anti Gagal, Layak Dicoba di Rumah
Selain ngasih tahu gimana cara membuat bakso goreng, di artikel ini kamu juga bakalan dapat informasi tentang tips menggorengnya biar bakso goreng kamu engga kempes.

Cara membuat bakso goreng bisa dibilang sederhana banget. DAri namanya, sebagian darikamu mungkin mengira bahwa bakso goreng dibuat dengan menggoreng butiran bakso di minyak panas sehingga terbentuk lapisan kering di bagian permukaannya. Namun ada juga nih bakso goreng yang kriuk dan renyah layaknya kerupuk. Kalau bakso biasa dimakan bersama dengan kuahnya, bakso goreng atau basreng biasa dimakan sebagai kudapan atau camilan dengan cocolan saos sambal.

Melansir Resep Koki, dalam dialek Hokkien, bakso berarti daging babi giling. Namun kemudian mengalami akulturasi dengan kebudayaan Nusantara, menjadikan bakso dibuat dari daging sapi, ayam, maupun ikan. Meski berakar dari seni kuliner Tionghoa - Indonesia, penjual bakso umumnya merupakan orang Jawa yang berasal dari Wonogiri dan Malang.

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Tahu Bakso Goreng

Cara Membuat Bakso Goreng © Diadona

Tahu bakso goreng adalah satu makanan yang nikmat disantap. Bisa dimakan sebagai camilan atau makanan yang mengenyangkan. Kalau kamu bisa dengan mudah menemukan penjual tahu bakso goreng, membuatnya pun tak kalah mudah. Dengan demikian kamu bisa mengontrol bahan apa saja yang digunakan, penambahan nutrisi dengan pemberian daging teretntu dan sebagainya.

Simak dulu yuk gimana cara membuat tahu bakso goreng dari resep Fitri Sasmaya berikut ini:

Bahan:

- 250 gram daging apa saja, bisa ikan tuna, daging ayam, daging sapi
- 65 gram tepung Tapioka
- 3 sdm air es
- 1 butir putih telur
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 1/2 sdt gula
- 1/2 sdt merica bubuk
- secukupnya Garam
- 1 batang daun bawang, iris halus
- 4 buah tahu putih

Cara membuat tahu bakso goreng

Pertama, giling daging sampai halus trus masukkan air es, putih telur, tepung dan juga bumbu. Uleni sampai rata namun jangan berlebihan.

Potong tahu putih menjadi bentuk segitiga, kerok isinya trus gantikan dengan bahan isian bakso. Lakukan sampai semua adonan habis trus baru deh digoreng sampai matang.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Bakso Goreng Tepung

Cara Membuat Bakso Goreng © Diadona

Tertarik dengan cara membuat bakso goreng tepung yang kriuk dan tidak kopong? Coba deh resep dari Melz Kitchen berikut ini:

Bahan:

- 250 gr daging ayam giling
- 125 gr udang cincang
- 1 butir telur utuh
- 3 siung bawang putih ulek
- 1 sdm minyak wijen
- 1/2 sdt baking powder double action
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt kaldu jamur
- 1/4 sdt gula pasir
- 1/4 sdt lada
- 1/2 sdt kecap ikan/kecap asin
- 175 gram tepung sagu cap tani

Cara membuat bakso goreng tepung:

Campurkan semua bahan dalam wadah kecuali tepung sagu dan baking powder, aduk sampai rata. Untuk memusahkan prosesnya, gunakan food processor.

Tepung sagu dan baking powder dimasukkan secara bertahap sedikit demi sedikit, aduk sampai rata. Selanjutnya, masukkan di kulkas bagian chiller minimal 1 jam sebelum digoreng.

Cetak bakso bulat-bulan bisa dengan tangan atau menggunakan sendok. Langsung goreng dengan minyak banyak hingga bakso terendam, gunakan api sedang. Bakso digoreng sampai kuning kecoklatan kurang lebih 20 - 30 menit dan kudu sering diaduk agar tidak gosong.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Bakso Goreng © Diadona

Atau bisa juga nih menggunakan resep dari Diah Didi berikut ini.

Bahan :

- 100 gram daging ayam giling
- 100 gram tenggiri
- 100 gram udang kupas cincang
- 250 gram tepung bakso Kalau nggak ada bisa diganti dengan tepung tapioka
- 2 butir telur
- 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt kaldu bubuk
- 1/2 sdm gula pasir
- 1/2 sdt merica

Cara membuat bakso goreng ala Diah Didi

Pertama-tama nih campur semua bahan, kecuali tepung di food processor sampai menghasilkan adonan yang lembut nan kalis. Gimana kali nggak punya food processor ini? Bisa gunakan mixer aja kok.

Trus campurkan tepung dan aduk ringan sampai merata dengan menggunakan ujung jari.

Ambil sedikit adonan, bulatkan dengan sendok atau tangan trus masukkan ke minyak banyak. Minyak ini nggak eprlu dipanaskan dulu lho.. Saat bakso sudha di wajan, baru deh nyalakan api kecil fan gofeng sampai bakso matang. Dengan cara membuat bakso goreng ini, bakso yang dihasilkan bakalan mengembang dan kering saat matang.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Bakso Goreng tanpa Daging

Cara Membuat Bakso Goreng © Diadona

Yang namanya bakso pasti identik dengan daging sapi, daging ayan atau daging ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung.Tapi ada juga lho bakso tanpa daging yang kemudian digoreng. Mungkin secara umum, kita menyebutnya dengan cilok. Makanan ini dibuat dari campuran tepung sagu dan tepung terigu serta beberapa bumbu perasan

Langsung aja yuk simak gimana cara membuat bakso goreng tanpa tepung dari Anita Purnama Sari berikut ini:

Bahan:

- 250 gr tepung tapioka/kanji
- 250 gr tepung terigu
- 500 ml air
- 1 butir telur
- 8 siung bawang putih
- 8 siung bawang merah
- 2 sdt lada
- 2 sdm garam
- secukupnya penyedap rasa

Cara membuat bakso goreng tanpa daging:

Pertama, haluskan bawang putih dan juga bawang merah. Tumis bumbu halus, trus masukkan air dan tambahkan garam dan juga lada serta penyedap rasa. Aduk sampai air mendidih trus matikan api.

Tuang bahan tersebut ke dalam panci trus masukkan tepung sedikit demi sedikit. Aduk sebentar dan bentuk menjadi bulatan seperti bakso.

Panskan minyak goreng dengan apik kecil, trus masukkan bakso. Kalau bakso goreng udah mengapung dan berubah warna berarti tandanya sudah matang dan siap diangkat.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Bakso Goreng dan Tips Menggorengnya

Cara Membuat Bakso Goreng © Diadona

Menggoreng bakso memerlukan teknik khusus untuk mempertahankan bentuknya. Sering melihat bakso goreng yang kempes dan bentuknya yang udah nggak konsisten lagi kan? Nah biar nggak mengalami hal yang sama pada bakso goreng buatanmu, yuk simak tips dari Pondan.com berikut i i

Goreng di Api Kecil atau Sedang

Penggunaan api besar memang bikin gorengan cepat matang.Tapi itu cuman bikin bagian luarnya segera gosong sementara bagian dalam belum matang sepenuhnya. Maka, gunakan api kecil atau sedang saja dalam cara membuat bakso goreng. Dengan demikian bakso goreng akan matang merata hingga bagian dalam, empuk dan nggam cepet kempes saat dimakan.

Goreng di Minyak Banyak

Dalamcara membuat bakso goreng, gunakan minyak banyak saat proses menggorengnya hingga seluruh bakso terendam. Ini dilakukan agar bakso matang merata hingga ke dalam.

Goreng dengan Jumlah Sedikit

Menggoreng bakso dalam jumlah banyak sekaligus pada satu wajan membuat minyak yang semula panas jadi segera dingin. Akibat suhu turun ini maka bakso jadi nggak cepat matang.

Aduk Bahan Perlahan

Menurut Fiah Didi dalam blog miliknya, mengaduk seluruh bahan dalam cara membuat bakso goreng sebaiknya dilakukan secara ringan dan eprlahan dengan ujung jari aja. Bila pengadukan dilakukan secara keras, maka bakso goreng jadi keras dan nggak mau mengembang saat digoreng.

Cara membuat bakso goreng memang mudah, tapi perhatikan tips pentingnya ya jangan sampai bakso goreng kamu gagal.

 

Beri Komentar