6 Tips Membuat Adonan Pelapis Ikan, Renyah, Gurih, dan Tidak Bau Amis!

Reporter : Arifina
Jumat, 20 Oktober 2023 16:00
6 Tips Membuat Adonan Pelapis Ikan, Renyah, Gurih, dan Tidak Bau Amis!
Ikan goreng krispi yang gurih, kuncinya pada adonan pelapis yang tepat!

Tips membuat adonan pelapis ikan bisa kamu simak untuk variasi olahan yang lebih gurih dan lezat. Kreasi ikan goreng yang dilapisi dengan adonan tepung dengan tekstur semakin krispi dan lebih menggugah selera memang banyak disukai hampir semua kalangan.

Dilansir dari halodoc.com, ikan mengandung nutrisi yang menyehatkan tubuh. Namun, saat ikan digoreng, memungkinkan menjadi tidak sehat karena kandungan lemak dan kalori yang tinggi.

Setiap 3 ons ikan goreng mengandung 11 gram lemak total, 2,5 gram lemak jenuh, dan 211 kalori. Kandungan tersebut termasuk tinggi jika sering dikonsumsi. Untuk menyeimbangkan nutrisi ikan pada tubuh, konsumsi ikan goreng dengan sayur-sayuran.

1 dari 8 halaman

ikan goreng © Diadona

Pada dasarnya ikan goreng bisa dibuat hanya dengan mencelupkan ikan ke bumbu marinasi, lalu digoreng. Namun saat ini, ikan goreng banyak kreasi ikan goreng adonan tepung yang gurih dan tidak mudah lembek.

Teknik ini memberikan lapisan luar yang renyah dan gurih pada ikan setelah digoreng. Simak yuk, tips bikin adonan pelapis ikan berikut yang bisa kamu coba di rumah!

2 dari 8 halaman

Pilih Ikan yang Segar dan Cuci Bersih

Memilih ikan yang segar adalah kunci utama untuk mempersiapkan hidangan ikan goreng krispi yang lezat dan gurih. Ikan yang segar memilih ciri-ciri seperti, mata yang jernih, kulit bersinar dan tidak kusam, hingga memiliki aroma yang segar.

Usahakan untuk membeli ikan yang disimpan dalam kondisi dingin. Hal ini akan membantu menjaga kualitas dan kesegarannya.
Jangan lupa untuk membersihkan ikan sampai benar-benar bersih. Mulai dari membersihkan seluruh permukaan ikan dan dibilas dengan air mengalir hingga mencuci bagian perut dengan hati-hati.

Gunakan pisau kecil untuk memotong perut ikan dan menghilangkan usus dengan hati-hati. Bilas di bawah air dingin dan mengalir.

3 dari 8 halaman

Marinasi Ikan dengan Bumbu

Marinasi ikan dengan bumbu akan mengurangi bau amis ikan yang terlalu kuat. Proses ini juga akan memberikan rasa dan aroma yang lebih seimbang pada ikan.

Kamu dapat menggunakan bumbu kemasan yang biasa digunakan untuk marinasi ikan atau juga dapat menggunakan bumbu rempah dapur. Bumbu rempah dapur yang bisa digunakan adalah bawang putih, kunyit, kemiri, dan garam.

Haluskan bumbu tersebut lalu lumuri pada seluruh bagian ikan. Kemudian, diamkan ikan selama 10-15 menit di dalam lemari es agar lebih meresap ke dalam daging ikan. Kamu juga dapat mencoba berbagai kombinasi bumbu dan bahan lain sesuai selera.

4 dari 8 halaman

Perhatikan Bahan Pelapis Ikan

Tips Bikin Adonan Pelapis Ikan © Diadona

Bahan yang digunakan untuk membuat adonan pelapis ikan ini cukup mudah. Beberapa bahannya adalah tepung, telur, air, dan bumbu.

Tepung yang digunakan bisa tepung terigu atau tepung beras. Jika menggunakan tepung terigu, kamu akan mendapati rasa ikan yang renyah, sedangkan tepung beras memberikan hasil tekstur yang lebih garing.

Telur sendiri digunakan sebagai perekat untuk membuat adonan yang lengket dan membantu merekatkan lapisan pelapis pada ikan. Kamu juga dapat menambahkan air atau susu dan kaldu ke dalam adonan agar konsistensi kekentalan yang diinginkan pas dan tepat.

5 dari 8 halaman

Keringkan Ikan Sebelum Diolah

Sangat penting mengeringkan ikan sebelum dilapisi adonan agar kelembaban permukaan ikan dapat menghasilkan lapisan luar yang renyah. Sebelum ikan dilumuri dengan adonan tepung, pastikan ikan yang sudah dicuci bersih benar-benar kering ya!

Keringkan ikan dengan tisu dapur agar sisa air yang berada di dalam ikan terserap oleh tisu dapur. Pastikan untuk tidak menggosok ikan dengan terlalu keras sehingga dapat merusak tekstur atau bentuk ikannya. Setelah ikan benar-benar kering, lanjutkan dengan melapisi ikan dengan adonan pelapis dan menggorengnya dengan teknik yang benar untuk menghasilkan ikan goreng yang renyah dan lezat.

6 dari 8 halaman

Tambahkan Baking Powder

Baking powder bisa menjadi andalan untuk menghasilkan gorengan ikan yang renyah dan krispi. Tambahkan baking powder ke dalam adonan agar menghasilkan tekstur yang tepat.

Baking powder akan membantu adonan mengembang dengan baik sebelum dilapisi pada ikan. Cara ini akan membuat ikan gorenf menjadi lebih renyah dan anti lembek deh!

7 dari 8 halaman

Goreng Ikan dengan Teknik yang Benar

Tips Bikin Adonan Pelapis Ikan © Diadona

Cara menggoreng ikan agar hasil krispi dan renyah, harus benar-benar tepat. Panaskan minyak yang cukup banyak dalam wajan untuk menggoreng ikan dengan cara yang mendalam, sehingga ikan akan tenggelam dalam minyak.

Panaskan minyak sekitar 180-190 derajat celcius, lalu masukkan ikan dengan perlahan. Hindari untuk menumpuk ikan dengan jumlah yang banyak karena dapat menurunkan suhu panas pada minyak.

Goreng ikan dengan perlahan dalam minyak yang panas dengan api sedang hingga coklat keemasan. Biasanya sekitar 4-6 menit ikan akan matang merata.

8 dari 8 halaman

Namun waktu menggoreng ini tergantung pada ketebalan ikan dan suhu panas minyak. Jangan terlalu sering untuk membalik ikan agar adonan pelapis tidak terlepas. Jika ikan sudah matang dan berwarna coklat keemasan, angkat dan tiriskan ikan agar minyak tidak menyerap berlebih pada ikan.

Ikuti beberapa tips bikin adonan pelapis ikan di atas untuk menghasilkan cita rasa yang renyah dan gurih. Tips di atas akan membantu kamu dalam membuat adonan pelapis ikan yang sempurna dengan hasil lapisan luar yang renyah. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar