9 Tips Memasak Udang Goreng Tepung agar Renyah dan Crunchy

Reporter : Riza Umami
Rabu, 30 Agustus 2023 20:50
9 Tips Memasak Udang Goreng Tepung agar Renyah dan Crunchy
Ini nih beberapa tips memasak udang goreng tepung agar renyah.

Tips memasak udang goreng tepung agar renyah bisa berguna banget saat bikin hidangan ini. Udang goreng tepung adalah hidangan yang populer dan lezat, yang disukai oleh banyak orang baik anak-anak maupun orang dewasa.

Kombinasi antara udang yang lembut dan tepung garing yang renyah menciptakan cita rasa yang memikat. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, diperlukan beberapa teknik memasak yang tepat. Nah, berikut ini nih beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat memasak udang goreng tepung biar makin gurih dan renyah.

1 dari 9 halaman

Pilih Udang Berkualitas

Ilustrasi Udang rebus © Diadona

Tips memasak udang goreng tepung agar renyah yang pertama yaitu dengan memilih udang yang berkualitas. Pemilihan udang yang tepat bakal memberikan cita rasa yang enak dan tekstur yang sesuai ekspektasi.

Pastikan kamu membeli udang yang masih fresh dan tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap atau warnanya pudar. Udang yang masih segar biasanya memiliki warna yang cerah dan kulit yang masih utuh. Sebaliknya, udang yang berbau amis, biasanya sudah tidak segar dan kalau dilihat pun lebih layu daripada udang yang masih segar.

2 dari 9 halaman

Bersihkan dan Kupas Udang dengan Benar

Tips Memasak Udang Goreng Tepung agar Renyah © Diadona

Tips memasak udang goreng tepung agar renyah yang kedua yaitu dengan membersihkan dan mengupas udang dengan benar terutama bagian kepala dan ekor. Mengupas ini bisa cukup tricky. Nah, berikut ini cara mengupas udang dengan benar dan tepat:

  1. Cuci udang dengan air bersih.
  2. Lepaskan kepala udang.
  3. Lepaskan ekor udang.
  4. Lepaskan kulit udang.
  5. Buang urat hitam yang terdapat pada punggung udang.

3 dari 9 halaman

Rendam Udang dalam Larutan Asam

Tips memasak udang goreng tepung agar renyah yang ketiga yaitu merendam udang di dalam larutan asam. Kamu bisa merendam udang di larutan air jeruk atau air lemon untuk beberapa menit sebelum digoreng. Tak perlu lama-lama, hanya butuh waktu yang sebentar saja.

Meski gak banyak diketahui oleh orang-orang, ternyata asam ini bisa membantu melonggarkan daging udang sehingga proses penyerapan bumbunya pun bisa lebih maksimal usai direndam di larutan asam seperti itu.

4 dari 9 halaman

Bumbui Udang dengan Rasa Favorit kamu

Ilustrasi rempah © Diadona

Tips memasak udang goreng tepung agar renyah yang keempat yaitu membumbui udang tepung dengan rasa yang kamu suka. Sebagai contoh kamu bisa melapisi udang dengan tepung di mana bumbunya menggunakan garam, merica atau rempah-rempah kesukaan kamu.

Terkadang, beberapa orang yang suka rasa gurih juga menggunakan penyedap rasa atau kaldu jamur supaya rasa udang gorengnya nanti jadi makin enak. Ini akan memberikan cita rasa yang lebih merata di setiap bagian udang.

5 dari 9 halaman

Menggunakan Lapisan Tepung yang Tepat

Ilustrasi Tepung Beras © Diadona

Tips memasak udang goreng tepung agar renyah yang kelima yaitu menggunakan lapisan tepung yang tepat. Saat memilih tepung untuk melapisi udang goreng tepung, penting untuk memperhatikan jenis tepung yang digunakan.

Pilihan tepung akan memengaruhi tekstur dan rasa akhir dari hidangan udang goreng tersebut. Biasanya, beberapa orang menggunakan tepung terigu atau tepung beras. Kamu pun bisa menambah sedikit tepung jagung untuk menambah kelembutan dan kelezatan.

6 dari 9 halaman

Melapisi Udang dengan Tepung

Tips Memasak Udang Goreng Tepung agar Renyah © Diadona

Tips memasak udang goreng tepung agar renyah dan gurih yang keenam yaitu dengan melapisi udang dengan tepung. Kamu perlu melapisi udang secara merata dengan tepung baik menggunakan tepung beras atau tepung terigu.

Gulingkan udang yang sudah dibumbui ke dalam tepung sampai seluruh permukaannya terlapisi dengan merata. Jangan lupa pastikan dulu kalau udang sudah benar-benar tertutup dengan lapisan tepung tersebut ya.

7 dari 9 halaman

Gunakan Minyak yang Panas

Tips Memasak Udang Goreng Tepung agar Renyah © Diadona

Tips memasak udang goreng tepung agar renyah dan gurih yang ketujuh yaitu dengan menggunakan minyak yang panas. Sebelum menggoreng, panaskan dulu minyak di wajan dengan suhu yang tepat.

Suhu yang dimaksud yaitu sekitar 170-180 derajat Celsius. Penggunaan minyak yang panas akan membantu untuk mencegah udang menyerap minyak yang terlalu banyak sehingga hasil udang goreng tepungnya pun jadi lebih renyah serta crunchy.

8 dari 9 halaman

Goreng dengan Porsi Kecil

Tips Memasak Udang Goreng Tepung agar Renyah © Diadona

Tips memasak udang goreng tepung agar renyah dan gurih yang kedelapan yaitu goreng dengan porsi yang kecil. Sebaiknya, kamu menghindari menggoreng udang yang terlalu banyak sekaligus karena nanti udangnya jadi gak matang-matang.

Sebaliknya, kamu lebih baik menggoreng dengan porsi yang kecil untuk memastikan suhu minyak tetap konsisten dan udang pun bisa matang dengan merata sehingga hasil udang goreng tepungnya pun jadi lebih enak.

9 dari 9 halaman

Jangan Bolak-balik Terlalu Sering

Tips memasak udang goreng tepung agar renyah dan gurih yang kesembilan yaitu jangan membolak-balik udang terlalu sering saat digoreng. Hal ini malah bikin udangnya jadi gak matang-matang dan tambah lama digoreng. Selain itu, lapisan tepungnya pun jadi mudah terlepas.

Kamu hanya perlu membolak-balikkan udang sebanyak sekali atau dua kali saja sudah cukup. Pastikan, udang goreng tepungnya dibalik saat sudah benar-benar matang.

Memilih bahan berkualitas, melapisi dengan tepung yang pas, dan mengikuti langkah-langkah memasak yang tepat akan memberikan hasil yang memuaskan bagi kamu terutama dan seluruh keluarga yang menikmati hidangan udang goreng tepung tersebut.

Itulah beberapa tips memasak udang goreng tepung agar renyah. Semoga beberapa tips di atas bisa membantu kamu untuk membuat udang goreng tepung yang renyah dan crunchy ya. Selamat mencoba di rumah masing-masing ya Diazens dan semoga berhasil bikin udang goreng tepung yang renyah serta enak.

Beri Komentar