12 Manfaat Buah Durian untuk Ibu Hamil, Menyusui dan Kesehatan secara Keseluruhan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 6 Januari 2021 14:09
12 Manfaat Buah Durian untuk Ibu Hamil, Menyusui dan Kesehatan secara Keseluruhan
Manfaat durian ternyata banyak banget lho karena kandungan vitamin B kompleks hingga asam folat. Padahal di beberapa tempat konsumsi buah ini dilarang bagi ibu hamil

Di masyarakat nih, jangankan manfaat buah durian, ibu hamil nggak diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah dengan julukan raja buah ini. Kono, buah durian menyebabkan 'panas' yang berbahaya bagi ibu dan juga janinya. Tapi, benarkah? Ternyata hal tersebut tak sepenuhnya benar.

Nggak perlu khawatir, mengkonsumsi durian aman kok untuk kehamilan dengan catatan nggak dilakukan secara berbebihan. Malah mungkin ada beberapa manfaat buah durian untuk ibu hamil karena durian mengandung organo-sulfur dan triptofan yang bersifat antioksidan.

Selain itu, manfaat buah durian untuk ibu hamil juga didapat dari kandungan antioksidannya, antibakteri dan juga antijamur.

Sayangnya, durian juga mengandung banyak gula dan karbohidrat lho. Mengutip Baby Center, dua biji durian berukuran sedang memiliki sekitar 60 kalori dan termausk tinggi glisemik. Sedangkan satu buah durian utuh mengandung sekitar 600 kalori. Ibu hamil yang memiliki masalah dengan diabetes sebisa mungkin menghindari makan durian karena punya kandungan gula yang tinggi.

Saat ini masih banyak masyarakat yang meyakini kalau buah durian nggak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Misalnya di masyarakat China di mana buah durian dianggap terlalu panas untuk dimakan saat hamil.

Secara keamanan sih, belum ada penelitian yang mengungkapkan bahayanya. Ilmu pengetahuan modern pun juga belum nemuin alasan apa yang membuat durian disebut nggak aman dimakan ibu hamil. Lebih lanjut, yuk kenali apa saja manfaat buah durian baik untuk ibu hamil dan kesehatan secara keseluruhan.

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Durian untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Durian © Diadona

Manfaat buah durian untuk ibu hamil didapatkan dari sifat antimikroba, antibakteri dan antijamur. Selain itu, durian punya kandungannutrisi yang sangat tinggi dibandingkan dengan kebanyakan buah lainnya.

Dikutip dari Parenting Firstcry, simak deh apa aja manfaat buah durian tersebut:

Durian Kaya Serat

Perubahan hormonal dalam tubuh ibu hamil kertap membuat mereka jadi sembelit. Sementara itu, dalam 243 gram buah durian terkandung sekitar 9 gram serat lho. Padahal pada orang dewasa, kebutuhan serat per harinya mencapai 25 sampai 38 gram.

Nah, kandungan serta pada durian ini bisa bertindak sebagai pencahar alami dan membantu menghilangkan bahan kimia berbahaya dari usus lho. Durian juga bisa menjaga selaput lendir terlindungi karena kandungan serat mengurangi waktu paparan racun.

Sumber Asam Folat yang Baik

Tahu kan bahwa ibu hamil memerlukan asam folat yang tinggi karena bisa mencegah bayilahior cacat? Dan buah durian kaya akan asam folat tersebut. Ibu hamil bisa mendapatkan 9% kebutuhan harian asam folat dari 100 gram durian.

Kaya Vitamin C

Dalam 243 gram daging buah durian terdapat vitamin C yang jumlahnya sudah bisa mencukupi 80 persen dari kebutuhan vitamin C harian tubuh kita. Makanya, salahs atu manfaat buah durian bagi ibu hamil adalah membantu sistem kekebalan tubuh sekaligus juga membantu ibu hamil dan janin yang belum lahir dalam penyerapan kalsium dan zat besi.

Kaya Vitamin B

Pada buah durian terkandung vitamin seperti riboflavin, niasin dan tiamin. Misalnya nih dalam 243 gram daging buah terkandung riboflavin sebesar 29 persen dari total kebutuhan harian, dan niasin sebesar 13 persen dari kebutuhan harian dan tiamin sebesar 61 persen dari kebutuhan harian.

Dari kandungan tersebut, apa manfaat buah durian bagi ibu hamil?

Thiamin sangat penting untuk perkembangan otak janin dan membantu dalam kerja otot, sistem saraf, dan jantung. Trus juga punya peran dalam pembentuk tulang pada janin. Ribovlavin sendiri punya manfaat sebagai untuk kesehatan mata dan membuat kulit lebih bercahaya dan segar dan niacin bertugas untuk meningkatkan fungsi saluran cerna, serta mengurangi rasa mual yang dialami ibu hamil.

Kaya Antioksidan

Durian mengandung seng, triptofan dan organo-sulfur yang memiliki efek antioksidan. Mereka melindungi ibu dan janin dari serangan polutan dan radikal bebas.

Kandungan Mineral

Durian kaya akan mineral seperti zat besi, tembaga, mangan dan magnesium yang membuatnya sangat bermanfaat bagi wanita hamil yang membutuhkan peningkatan suplai darah untuk pertumbuhan janin. Kandungan mangan dalam 243 gram daging buah adalah sebasar 39 persen kebutuhan harian, tembvaga sebesar 25 persen dari kebutuhan harian sementara magnesium sebesar 18 persen dari kebutuhan harian.

Meredakan Anemia

Durian mengandung banyak folat atau asam folat yang penting dalam produksi hemoglobin, suatu zat yang penting dalam pembentukan darah. Padahal, ibu hamil yang terkena anemia itu bisa berbahaya lho bagi ibu dan janin.

Meski begitu, semua klaim manfaat buah durian untuk ibu hamil yang udah Diadona share barusan ini belum dibuktikan secara peneltian ya, hanya berdasarkan kandungan yang dimiliki oleh buah ini.

Pun juga mengenai bahaya dari buah durian untuk kehamilan ini juga belum diteliti secara ilmiah.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

Manfaat Buah Durian © Diadona

Mengutip Healthline, studi menunjukkan manfaat buah durian untuk kesehatan, yakni:

Mengurangi Risiko Kanker

ntioksidannya dapat menetralkan radikal bebas pemicu kanker. Dalam sebuah penelitian tabung reaksi, ekstrak durian mencegah strain sel kanker payudara menyebar.

Membantu Meringankan Depresi dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Durian mengandung asam amino yang dikenal sebagai triptofan - senyawa pemicu tidur alami. Nah, triptofan dibutuhkan untuk meningkatkan kadar serotonin dan melatonin. Kedua bahan kimia saraf ini diperlukan untuk mengelola emosi kita.

Sedangkan serotonin sangat penting untuk menghilangkan stres, sulit tidur, kecemasan, nafsu makan, serta depresi. Selain itu, jenis hormon ini membantu mengatur fungsi tidur dan dapat dimanfaatkan dalam penyembuhan epilepsi

Mencegah Penyakit Jantung

Beberapa senyawa dalam durian dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko aterosklerosis, atau pengerasan arteri. Meski begitu, manfaat buah durian bagi kesehatan ini masih menjadi kontroversi karena terdapat suatu penelitian menyebut bahwa nggak ada perubahan tekanan darah darah sistolik dan diastolik.

Meski manfaat buah durian dan kandungan nutrisinya sangat tinggi, buah ini nggak nggak disarankan dikosnusmi bersamaan dengan alkohol karena bisa menyebabkan masalah.

Para peneliti percaya kalau senyawa sulfur dalam durian bisa mencegah enzim teretntu memecah alkohol sehingga menyebabkan peningkatan kadar alkohol dalam darah. Akibatnya, terjadi gejala seperti mual , muntah, dan jantung berdebar-debar.

Meningkatkan Kesuburan

Sebagian besar msalah kesuburan pada wanita terjadi karena kadar estrogen yang rendah dalam tubuh. Biasanya, hal ini diatasi dengan pemberiam pil, suplemen dan juga suntikan. Namun penelitian menunjukkan adanya manfaat buah durian karena kandungan hormon dalam kadar tinggi yang dapat berperan sebagai obat herbal. Selain itu, durian dapat meningkatkan libido dan stamina seksual, mengurangi kemungkinan kemandulan pada pria dan wanita, serta meningkatkan motilitas sperma.

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah durian untuk Ibu Menyusui

 

Manfaat Buah Durian © Diadona

Mengutip dari the Asianparent Singapore, beberap ibu menysusui mengaku kalau produksi ASI mereka meningkat setelah mengkonsumsi buah durian. Sayangnya belum ada penelitian yang terbukti valid mengenai hal ini.

Kalaupun manfaat buah durian emmang dapat meningkatkan produksi ASI, kemungkinan hal tersebut terjadi karena profil nutrisi yang dimiliki oleh buah durian, seperti vitamin C, zat besi, kalium, karbohidrat, serta makanan, protein dan juga kalsium.

Namun perlu diingat bahwa satu bauh durian kecil memiliki kandungan 885 kalori lho. Meskipun ibu menyusui bisa membakar 500 kalori setiap hari, itu berarti hanya dibutuhkan buah durian dalam jumlah sedang untuk membuatnya tetap bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat durian memang banyak untuk tubuh, meski begitu jumlah konsumsinya tak boleh berlebih ya!

Beri Komentar