13 Resep Bolu Kukus Loyang Beragam Varian, Sederhana dan Ekonomis Cocok untuk Jualan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 6 Agustus 2022 09:32
13 Resep Bolu Kukus Loyang Beragam Varian, Sederhana dan Ekonomis Cocok untuk Jualan
Selain resep bolu kukus loyang yang oke, perhatikan juga hal-hal yang membuat kue bolu tak mengembang yakni proses pengadukan dan pengukusan. Seperti apa?

Siapa sih yang nggak suka dengan kue manis dengan tekstur yang lembut dan beragam rasa ini? Resep kue bolu kukus loyang umumnya terdiri dari campuran tepung, telur, lemak seperti santan atau minyak sayur yang kemudian diberi bahan tambahan makanan yang menentukan varian bolu kukus itu sendiri.

Kalau kamu perhatikan nih, hampir semua resep bolu kukus loyang terdiri dari dua jenis bahan yakni yang membentuk struktur yaitu tepung, telur, dan susu trus bahan yang membuat bolu kukus jadi lembut yaitu gula, lemak, dan baking powder atau air soda. Selain resepnya, faktor lain yang menetukan keberhasilan pembuatan kue ini adalah cara mengaduk adonan dan juga pengukusan. Contohnya nih pengadukan yang terlalu lama atau sebentar serta pengukusan yang nggak sempurna bakalan bikin bolu kukus nggak mengembang. Saat akan dikukus, pastikan kukusan telah mengeluarkan uap air yang banyak

Saat mengukus, jangan lupa untuk melapisi bagian tutup dandang dengan menggunakan kain bersih untuk mencegah uap air yang menempel, jatuh ke adonan bolu dan membutanya jadi basah. Step ini bisa kamu skip kalau kamu menggunakan panci kukusan berbentuk kotak.

Dibandingkan dengan bolu panggang, bolu kukus cenderung lembab sebab pengukusan bakalan mengikat kelembaban pada kue.  Bolu kukus biasanya dicetak di loyang berbentuk bulat, kotak dan lainnya yang disebut dengan bolu kukus loyang. Sedangkan ada pula nih bolu kukus yang dicetak di cup dan diberi tambahan bahan pengembang lebih banyak sehingga membuatnya mekar.

Diadona udah ngumpulin banyak banget resep bolu kukus loyang yang cocok buat camilan. Karena ekonomis dan mudah dibuat, kamu bisa membuat bolu kukus ini sebagai produk jualan dan lainnya.

1 dari 13 halaman

Resep Bolu Kukus Loyang Rasa Pandan

Resep Bolu Kukus Loyang Rasa PandanResep Bolu Kukus Loyang Rasa Pandan © Youtube.com/Devina Hermawan

Warnanya hijau yang cantik dengan rasa segar dan wangi khas pandan. Karena dibuat dari resep bolu kukus loyang Devina Hermawan, sajian ini tentu nggak boleh diragukan lagi, bukan? Yang unik dari resep ini adalah penggunaan tepung beras sehingga kue bolu terasa lembut, lembab dan empuk seperti kue mangkok. 

Bahan A:

  • 60 ml santan
  • 400 ml air
  • 15 gr tepung Beras
  • ¼ sdt garam
  • Perisa pandan secukupnya
  • Pewarna kuning secukupnya
  • Pewarna cokelat secukupnya

Bahan B:

  • 130 gram tepung beras
  • 30 gram tepung terigu
  • 130 gram gula pasir
  • 1 sdt ragi
  • ½ sdt baking powder

Bahan saus kelapa muda:

  • 350 ml air kelapa
  • 150 ml santan
  • 85 gr gula merah, sisir
  • 2 lembar daun pandan
  • 100 gr kelapa muda
  • 4 sdm maizena
  • ¼ sdt garam
  • 2 sdm gula pasir

Cara membuat :

  • Campurkan santan, air, perisa pandan, pewarna kuning dan pewarna cokelat, aduk rata lalu masukkan tepung eras dan garam, aduk rata, masak hingga sedikit mengental
  • Pindahkan ke dalam mangkuk, diamkan hingga hangat
  • Masukkan gula pasir, aduk rata lalu masukkan tepung beras dan aduk rata
  • Masukkan tepung terigu, aduk kemudian tambahkan ragi dan baking powder, aduk rata, tutup dengan plastic wrap, diamkan selama 1 jam
  • Siapkan kukusan dan wadah anti panas yang sudah di olesi minyak, kukus selama 35 menit, setelah dingin keluarkan dari loyang
  • Untuk saus kelapa, campurkan air kelapa, santan, gula merah, daun pandan, dan BOLA Deli Maizena, aduk dalam keadaan dingin lalu masak di api sedang hingga mengental
  • Tambahkan kelapa muda, garam, dan gula pasir, aduk rata
  • Kue bolu kukus loyang siap disajikan dengan saus gula merah sebagai pelengkap

2 dari 13 halaman

Resep Bolu Kukus Loyang Tiramisu

Resep Bolu Kukus Loyang TiramisuResep Bolu Kukus Loyang Tiramisu © Youtube.com/Cooking with Hel

Bolu kukus loyang tiramisu memiliki paduan rasa yang lembut, sedikit pahit dari kopi, dan manis dari krim keju yang nggak cuman enak tapi juga nampak cantik.

Bahan :

  • 3 butir telur
  • 150 gr gula
  • 1/2 sdt emulsifier
  • 150 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 75 ml susu full cram
  • 75 ml minyak sayur

Bahan bolu lapis keju :

  • 170 gram cream cheese, bisa diganti dengan spread sheese
  • 2 sdt gula
  • 1 telur
  • 1 sdt perasan jeruk nipis
  • 1 sdt air
  • 1 sdt tepung terigu

Chocolate Glaze, dicairkan

  • 50 gr dark cooking chocolate
  • 50 ml liquid whipped cream

Instruksi dari pembuatan resep bolu kukus loyang rasa tiramisu di atas bisa kamu lihat pada video di bawah ini.

3 dari 13 halaman

Resep Bolu Kukus Loyang Rainbow 4 Telur

Resep Bolu Kukus Loyang Rainbow 4 TelurResep Bolu Kukus Loyang Rainbow 4 Telur © Youtube.com/ Ryanares kitchen

Warna-warna pelangi juga bisa kamu aplikasikan pada resep bolu kukus loyang berikut ini. Taburi keju di bagian atasnya ya,

Bahan :

  • 4 butir telur
  • 10 sdm / 150 gr gula pasir
  • 1 sdt SP
  • 14 sdm tepung terigu atau 140 gram tepung terigu
  • 6 sdm kental manis
  • 1 sachet santan instan uk 65 ml
  • 100 ml minyak sayur
  • pewarna makanan

Cara membuat 

  • Mixer telur, gula dan SP dengan kecepatan maksimal kurang lebih 7-10 menit sampai mengembang, kental dan berjejak.
  • Masukkan tepung terigu, lakukan aduk balik sampai tercampur rata yang ditandai dengan adonan tidak putus ketika diangkat.
  • Masukkan susu kental manis
  • Tambahkan santan, aduk. Tambakan lagi minyak sayur.
  • Bagi adonan menjadi lima bagian sama rata, beri pewarna berbeda di masing-masing
  • Step selanjutnya pada proses pembuatan bolu kukus pelangi ini ada di video berikut.

4 dari 13 halaman

Resep Bolu Kukus Loyang Rasa Durian

Resep Bolu Kukus Loyang Rasa DurianResep Bolu Kukus Loyang Rasa Durian © Youtube.com/Fransiska Tien

Wangi dan lezatnya durian bisa kamu temukan dalam resep bolu kukus loyang satu ini. Eits, ini bukan dibuat dari durian asli lho melainkan perasa dan jug pewarna yang mirip banget dengan durian.

Bahan :

  • 5 butir telur
  • 1 sendok teh SP
  • 150 gram gula pasir / 15 sdm
  • 185 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 bungkus susu kental manis / 40 gram
  • 2 bungkus santan kara / 130 ml
  • 150 ml minyak goreng
  • 1 sdt pasta durian
  • pewarna kue (warna kuning)

Lebih detail tentang cara pembuatannya ada pada video di bawah ini ya!

5 dari 13 halaman

Resep Bolu Kukus Loyang dengan Putih Telur

Resep Bolu Kukus loyang dengan Putih TelurResep Bolu Kukus loyang dengan Putih Telur © instagram.com/melp3y/

Ada sisa stok putih telur di kulkas bisa kamu gunakan untuk membuat resep bolu kukus loyang dari Lysa Tangkulung berikut ini lho!

Bahan :

  • 500 gr putih telur
  • 250 gr gula pasir
  • 1 sdm emulsifier
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm vanilla butter
  • 100 gr santan instan (susu cair)
  • 80 ml minyak sayur
  • 240 gr tepung protein sedang
  • 30 gr maizena
  • 15 gr susu bubuk
  • Pewarna pink
  • Pewarna biru
  • Pewarna ungu
  • Pewarna hijau

Cara membuat:

  • Mixer putih telur, emulsifier, gula pasir sampai 2-3 menit masukan garam, dan mixer lagi sampai kental berjejak kecepatan tinggi.
  • Setelah itu turunkan speed dan masukan tepung terigu dan maizena sampai rata
  • Terakhir masukkan santan instan dan minyak sayur sampai rata, matikan. Bagi adonan jadi 4 lalu beri pewarna tiap adonan
  • Siapkan kukusan, jangan lupa bungkus tutup kukusan dengan kain
  • Olesi minyak pada cetakan atau loyang secukupnya aja. Jangan terlau banyak ya karena bisa membuat kue jadi berlubang
  • Tuang adonan bergantian warnanya. Lakukan sampai habis. Kukus selama 35 menit yah, atau sampai matang.
  • Angkat kue segera setelah matang dan lepaskan dari cetakan

6 dari 13 halaman

Resep Bolu Kukus Loyang dengan Oreo

Resep Bolu Kukus Loyang dengan OreoResep Bolu Kukus Loyang dengan Oreo © instagram.com/Mildareni

Kalau orea dijadiin puding, cookies atau topping sih biasa. Bagaimana bila dibuat sebagai bahan dalam resep bolu kukus loyang?

Bahan :

  • 2 butir telur
  • 250 gram tepung terigu (25 sdm)
  • 200 gram gula pasir (12 sdm)
  • 250 santan sedang
  • 30 gram SKM
  • 1 garam garam
  • 1 gram vanilla
  • 2,5 gram baking powder
  • 1/2 sdt sp
  • 7 keping Oreo ( buang isi nya)

Cara Membuat

  • Siapkan kukusan
  • Campur santan dengan susu kental manis lalu aduk rata
  • Campur garam, vinillla, baking soda ke tepung terigu lalu aduk rata. Mixer selama 1 menit.
  • Tambahkan gula lalu Mixer sebentar baru tambahkan SP.
  • Mixer kembali sampai putih kaku
  • Tambahkan tepung secara bertahap disusul santan aduk dengan kecepatan rendah saja.
  • Lakukan hal sama sampai tepung dan santannya habis.
  • Kemudian tambahkan Oreo lalu aduk rata
  • Kemudian tuang kecetakan yang sudah di oles minyak tipis2.
  • Kemudian kukus 30 menit, pastikan kukusan sudah di panaskan.
  • Tes tusuk kalau sudah tidak ada adonan yang menempel berarti udah matang
  • Keluarkan dari kukusan tunggu suhu ruang. Lalu keluarkan dari cetakan dan siap dinikmati

7 dari 13 halaman

Resep Bolu Kukus Loyang Ketan Hitam 3 Telur

Resep Bolu Kukus Loyang Ketan Hitam 3 TelurResep Bolu Kukus Loyang Ketan Hitam 3 Telur © instagram.com/rosita_kitchendiary/

Tepung ketan hitam menghadirkan aroma, rasa dan penampakan yang berbeda dibanding dengan bolu menggunakan tepung terigu.

Bahan :

  • 3 telur
  • 100gr gula pasir
  • pasta vanila secukupnya
  • 1/2 sdt sp
  • 125gr tepung ketan hitam
  • 90gr minyak goreng

Cara membuat :

  • Panaskan kukusan dengan api besar, bungkus penutup dengan kain.
  • Mixer telur, gula, vanila / vanili, sp selama 8-10 menit hingga adonan pucat dan kaku.
  • Tambahkan tepung ketan hitam dan minyak goreng, masukkan sedikit demi sedikit, aduk rata dengan spatula.
  • Lalu tuang adonan ke loyang yang sudah dialasi kertas roti, lalu masukkan ke pengukus yg sudah panas dan beruap.
  • Kukus selama 35 menit. Test tusuk, angkat dan sajikan selagi hangat.

8 dari 13 halaman

Resep Bolu Kukus Rasa Susu Coklat

Resep Bolu Kukus Coklat SusuResep Bolu Kukus Coklat Susu © Cookpad.com/Oca Gupita

Saking nyoklatnya resep bolu kukus loyang berikut sampai seolah-olah ini tuh bagaikan susu coklat berbentuk bolu.

Resep : 

  • 1 sdt baking powder
  • 8 sdm gula pasir
  • 2 btr telur ayam
  • Bahan B :
  • 100 ml minyak goreng
  • 125 gr tepung terigu
  • 3 shacet susu bubuk dancow coklat
  • 1 gelas belimbing susu uht

Toping :

  • Coco cips
  • Strawberry

Cara membuat :

  • Panaskan kukusan
  • Mixer bahan A hingga putih berjejak, lalu masukkan bahan B dan aduk rata. Pengadukan boleh dilakukan dengan ixer pada speed rendah.
  • Tuang di loyang yang sdh di olesi dengan minyak/margarin, taburi cocochips, hentakan agar rata dan menghilagkan udara yag terperangkap di dalamnya.
  • Setelah kukusan panas yang ditandai dengan unculnya uap air dalam jumlah banyak, masukan adonan, kukus selama 25 menit, tutup panci dilapisi serbet ya.
  • Setelah bolu matang, angkat dari kukusan dan biarkan dingin lalu pindahkan ke piring saji

9 dari 13 halaman

Resep Bolu Kukus Loyang Rasa Kopi

Resep Bolu Kukus Loyang Rasa KopiResep Bolu Kukus Loyang Rasa Kopi © Instagram/@fitriagustina1108

Nggak cuman berasa kopi tapi bolu kukus loyang in juga wangi banget.

Bahan:

  • 6 telur
  • 100 gr gula
  • 1 sdt SP
  • 130 gr tepung
  • 20 gr susu bubuk
  • 2 bungkus kopi luwak
  • 150 gr mentega cair
  • Meises ceres untuk taburan

Cara membuat:

  • Kocok telur, gula, dan SP sampai kental putih berjejak.
  • Tuang tepung, susu bubuk, dan kopi luwak, aduk rata.
  • Tuang mentega cair, aduk balik. Tuang adonan dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti dan oles margarin.
  • Tabur meises di permukaan.

10 dari 13 halaman

Resep Bolu Kukus Loyang rasa Coklat

Resep Bolu Kukus Loyang rasa CoklatResep Bolu Kukus Loyang rasa Coklat © Instagram/@resep_resepkueku

Bolu coklat dengan siraman ganache coklat yang meleleh banget tentu sangat menggoda bukan?

Bahan:

  • 90 gr salted butter
  • 100 gr gula pasir halus
  • 100 gr susu cair full cream
  • 1 butir telur
  • 50 gr tepung terigu protein rendah
  • 25 gr cokelat bubuk
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/4 sdt soda kue
  • 1/2 sdt essens vanilla

Cara membuat:

  • Panaskan susu cair, butter, dan gula sampai gula meleleh dengan api kecil, jangan sampai mendidih, matikan api.
  • Kocok lepas telur dan essens vanilla, tuang ke dalam cairan susu yang sudah hangat, aduk rata dengan whisk. Tuang ke dalam campuran tepung, cokelat bubuk, soda kue, dan baking powder yang sudah diayak. Aduk rata, tuang ke dalam loyang diameter 16 cm yang sudah dialasi kertas.
  • Kukus selama 30 menit sampai matang.
  • Saus cokelat:
  • 60 gr susu kental manis
  • 1 sdt minyak sayur
  • 60 gr susu cair full cream
  • gr cokelat bubuk
  • Larutan maizena secukupnya
  • Cara membuat:
  • Panaskan semua bahan kecuali larutan tepung maizena, terakhir masukkan larutan maizena sambil diaduk cepat dengan whisk hingga kekentalan yang diinginkan.
  • Siram saus cokelat di atas bolu.

11 dari 13 halaman

Resep Bolu Kukus Pisang Tanpa Mixer

Resep Bolu Kukus Pisang Tanpa MixerResep Bolu Kukus Pisang Tanpa Mixer © Instagram.com/ninis_cake_cookies

Nggak punya mixer bukan jadi penghalang buat ekseksusi resep bolu kukus loyang yang satu ini.

Bahan A:

  • 250 gr pisang raja matang
  • 1 sdm gula palem
  • 1 sdt soda kue

Bahan B:

  • 100 gr tepung protein rendah

Bahan C:

  • 5 sdm santan kental
  • 2 sdm minyak sayur

Cara membuat:

  • Dalam wadah baskom, campur bahan A.
  • Lumatkan pisang dengan garpu. Ayak bahan B.
  • Masukkan dalam wadah bahan A. Aduk asal rata.
  • Terakhir tambahkan bahan C. Aduk kembali.
  • Siapkan loyang ukuran 18x7 cm. Oles loyang dengan margarin.
  • Tuang adonan dalam loyang.
  • Diamkan selama 15 menit sebelum dikukus.
  • Panaskan kukusan, alasi tutupnya dengan kain.
  • Kukus bolu pisang sampai matang sekitar 25-35 menit.
  • Saat mengukus gunakan api sedang-kecil, jangan terlalu besar.
  • Untuk memastikan bolu sudah matang, tusuk bolu menggunakan tusuk sate. Jika tusukan sudah kering artinya bolu sudah matang.
  • 1Setelah matang, matikan api, dinginkan bolu sampai benar-benar dingin.

12 dari 13 halaman

Resep Bolu Kukus Loyang Keju

Resep Bolu Kukus KejuResep Bolu Kukus Keju © 2022 Freepik

Bolu kukus loyang keju punya rasa yang gurih, lembut dan juga creamy khas keju. 

Bahan A:

  • 375 ml putih telur
  • 15 gram pengembang kue
  • 125 gram gula pasir

Bahan B (campur lalu ayak):

  • 155 gram tepung terigu protein sedang
  • 35 gram susu bubuk full cream
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/4 sdt vanili bubuk

Bahan C (cairkan):

  • 100 gram dark cooking chocolate
  • 75 gram margarin

Bahan D:

  • 70 gram white cooking chocolate, cairkan
  • 1 butir telur
  • 50 gram cheese spread
  • 40 gram tepung terigu protein sedang

Cara membuat resep brownies kukus rasa keju:

  • Kocok terlebih dahulu putih telur hingga 1/2 mengembang, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Tambahkan pengembang kue, kocok hingga mengembang dan mengental.
  • Masukkan bahan B sedikit demi sedikit hingga rata.
  • Kemudian tuang bahan C, aduk perlahan hingga tercampur rata.
  • Tuang ke dalam dua loyang ukuran 30 x 10 x4 cm yang telah terlebih dahulu dipoles dengan sedikit minyak dan dialasi dengan kertas roti agar tidak lengket.
  • Bahan D : kocok cheese spread hingga lembut. Masukkan telur, kocok kembali hingga rata. Tuangkan white cooking chocolate, tambahkan tepung terigu, aduk rata.
  • Kemudian masukkan ke dalam plastik segitiga, balurkan di atas adonan membentuk garis silang.
  • Kukus ke dalam panci pengukus selama 25 menit hingga matang.
  • Terakhir angkat dan dinginkan brownies kukus rasa keju siap disantap.

13 dari 13 halaman

Resep Bolu Kukus Loyang Coklat dan Keju

Resep Bolu Kukus Loyang Rasa Coklat dan KejuResep Bolu Kukus Loyang Rasa Coklat dan Keju © shutterstock.com/kenishirotie

Bingung mau bikin bolu kukus rasa coklat atau keju? Bagaimana bila bikin saja keduanya? Kamu bisa mencetaknya dengan dua lapis adonan atau mencampurnya seperti pada gambar di atas.

Bahan A:

  • 400 gram gula pasir
  • 10 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt pengembang kue
  • 1/2 sdt vanili

Bahan B (campur lalu ayak):

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 gram cokelat bubuk
  • 1 sdt baking powder

Bahan C (cairkan):

  • 300 ml minyak sayur
  • 200 gram dark cooking chocolate

Adonan keju:

  • 150 gram cream cheese
  • 1 butir telur
  • 75 gram white cooking chocolate, cairkan
  • 1/2 sdt ekstrak vanili
  • 25 gram tepung terigu

Cara membuat brownies kukus polkadot keju:

  • Langkah pertama yaitu membuat adonannya, kocok cream cheese sampai lembut. Tambahkan telur, coklat putih, dan tepung terigu sedikit demi sedikit sembari terus dikocok hingga rata.
  • Kedua masukkan ke kantong segitiga, ratakan ke dalam lapisan adonan coklat brownies.
  • Langkah ketiga campur bahan A menjadi satu adonan lalu  kocok hingga mengembang dan kental.
  • Masukkan bahan B sedikit demi sedikit hingga rata. Kocok dengan kecepatan sedang.
  • Kemudian tuang bahan C, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. Lalu lagi dua adonan.
  • Tuang satu bagian ke dalam loyang ukuran 24 x 24 cm. Ratakan adonan keju ke dalamnya secara tidak beraturan.
  • Kukus selama 20 menit hingga matang.
  • Tuang satu bagian adonan di atas lapisan brownies yang sedang dikukus, beri adonan keju lagi. Kukus lagi hingga matang.

Resep bolu kukus terdiri dari bahan ekonomis dan hanya menggunakan peralatn sederhana yang pasti kamu punya. Asalkan benar bahan dan langkahnya, bolu kukus pasti jadi kok. Yuk bikin!

Beri Komentar