11 Tips Hemat Uang Belanja Dapur supaya Gak Boros dan Ada Sisa untuk Ditabung

Reporter : Riza Umami
Selasa, 21 Februari 2023 18:17
11 Tips Hemat Uang Belanja Dapur supaya Gak Boros dan Ada Sisa untuk Ditabung
Berikut ini beberapa tips hemat uang belanja dapur yang bisa Mom lakukan.

Hemat belanja adalah skill yang sangat penting dalam mengelola keuangan pribadi. Ada beberapa cara untuk menghemat belanja yang bisa Diazens lakukan supaya nanti ada sisa uang untuk ditabung atau kebutuhan lainnya.

Berhemat saat belanja bulanan dan menabung bisa sangat membantu dalam menjaga stabilitas keuangan rumah tangga. Ibu pun jadi gak perlu pusing akibat uang udah habis padahal tanggal gajian masih lama. Berikut ini nih beberapa tips hemat uang belanja dapur yang bisa dilakukan yang udah Diadona kutip dari berbagai sumber.

1 dari 11 halaman

1. Hitung Budget Belanja Lebih Dulu

Ilustrasi hemat © Diadona

Tips hemat uang belanja dapur yang pertama yaitu dengan menghitung budget belanja lebih dulu. Hal ini sangat penting agar seseorang dapat mengelola keuangan pribadi dengan baik dan mencegah pengeluaran yang tidak terkendali.

Kamu bisa membuat daftar belanjaan yang detail dan mengestimasikan biaya yang dibutuhkan. Dengan menghitung budget belanja lebih dulu, kamu bisa menghindari membeli barang yang tidak perlu dan memastikan bahwa uang yang dimilikinya digunakan dengan bijak.

2 dari 11 halaman

2. Tulis Berbagai Daftar Belanja yang Diperlukan

Ilustrasi daftar belanja © Diadona

Tips hemat uang belanja dapur yang kedua adalah dengan membuat daftar belanja yang perlu dibeli terlebih dahulu. Hal ini dapat membantu kamu menahan diri untuk tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan, terutama ketika melihat promo dan potongan harga yang menarik.

Untuk membuat daftar belanja yang efektif, Mom perlu memprioritaskan keperluan yang paling penting. Beberapa barang ini seperti ikan, sayuran, sembako, dan bahan makanan lain. Setelah itu, baru catat kebutuhan pendukung, seperti kecap, kopi, teh dan lainnya.

3 dari 11 halaman

3. Periksa Ketersediaan Bahan Makanan dan Bumbu Dapur di Rumah

Tips Hemat Uang Belanja Dapur © Diadona

Jangan lupa periksa ketersediaan bahan makanan dan bumbu dapur. Sebelum pergi berbelanja, penting untuk melakukan ini supaya dapat membantu Mom untuk menghindari pembelian barang yang tidak diperlukan dan menghemat pengeluaran.

Dengan memeriksa bahan makanan dan bumbu dapur yang sudah ada di rumah, kamu bisa membuat daftar belanjaan yang lebih efektif dan terorganisir. Kamu bisa mencatat bahan makanan dan bumbu dapur yang sudah habis atau hampir habis, sehingga tahu persis barang apa saja yang perlu dibeli.

Nggak kalah penting juga nih untuk menggunakan bahan makanan murah meriah tapi tetap enak.

4 dari 11 halaman

4. Cek Berbagai Promo yang Tersedia

Tips Hemat Uang Belanja Dapur © Diadona

Tips hemat uang belanja dapur yang gak kalah penting yaitu dengan mengecek berbagai promo yang tersedia. Biasanya, setiap swalayan menawarkan promo yang menarik untuk pembeli. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dengan maksimal.

Sebelum belanja, cek dulu ada penawaran promo apa saja di swalayan tersebut melalui akun media sosialnya. Kemudian, gunakan promo-promo tersebut sewaktu belanja biar lebih hemat.

5 dari 11 halaman

5. Teliti dan Cermat ketika Belanja

Tips Hemat Uang Belanja Dapur © Diadona

Pastikan buat selalu cermat dan teliti sewaktu belanja. Ada beberapa hal yang perlu Mom perhatikan seperti tanggal produksi dan tanggal kedaluwarsa dari produk yang dibeli tersebut.

Pastikan kalau Mom membeli bahan-bahan makanan yang bisa bertahan cukup lama karena tanggal kedaluwarsanya masih lama. Selain itu, jangan menyetok terlalu banyak dan secukupnya saja.

6 dari 11 halaman

6. Pilih Tempat Belanja yang Menawarkan Banyak Diskon

Tips Hemat Uang Belanja Dapur © Diadona

Saat ini, ada banyak pilihan tempat belanja baik di mini market, swalayan atau pasar tradisional. Akan lebih baik kalau Diazens memilih tempat belanja yang menawarkan banyak diskon untuk tips hemat uang belanja dapur yang berikutnya.

Usahakan untuk bandingkan harga bahan-bahan makanan di satu tempat dengan yang lainnya dulu. Pilihlah tempat belanja yang menawarkan harga termudah dengan penawaran promo yang menarik. Belanja di swalayan yang lebih besar biasanya juga akan memudahkan untuk mencari berbagai kebutuhan tersebut sekaligus di satu tempat.

7 dari 11 halaman

7. Bedakan Mana Kebutuhan dan Keinginan saat Belanja

ilustrasi belanja © Diadona

Tips hemat uang belanja dapur yang satu ini tentu gak kalah penting dengan yang lain. Saat belanja, Mom perlu pintar dalam membedakan mana saja yang merupakan kebutuhan dan mana yang hanya keinginan semata.

Kesampingkan dulu barang-barang yang tidak dibutuhkan dan hanya keinginan sendiri saja. Barang tersebut bisa dibeli di lain waktu saat ada uang lebih dan kini prioritaskan untuk belanja kebutuhan saja.

8 dari 11 halaman

8. Pintar dalam Memilih Transportasi untuk Pergi Belanja

Ilustrasi Pasangan Berbelanja © Diadona

Tips hemat uang belanja dapur yang selanjutnya adalah dengan memilih transportasi yang tepat untuk berbelanja. Akan lebih hemat kalau Mom pergi belanja menggunakan angkutan umum seperti naik angkot.

Kamu bisa juga minta antar suami naik sepeda motor daripada mobil yang cenderung lebih boros untuk bahan bakarnya. Mom juga bisa naik ojek online yang lagi ada promo biar lebih hemat.

9 dari 11 halaman

9. Hindari Belanja saat Lapar

ilustrasi belanjaan makanan © Diadona

Perlu diingat juga tips hemat uang belanja dapur yang satu ini nih. Biasakanlah untuk tidak belanja dalam keadaan perut yang lapar. Hal ini jadi membuat Mom jadi lapar mata dan ingin membeli makan dahulu.

Apalagi di beberapa swalayan biasanya menjual beberapa menu makanan siap saji yang menggiurkan. Lebih hemat makan di rumah, tetapi jadi tergoda untuk jajan di luar karena perut lagi lapar.

10 dari 11 halaman

10. Tidak Mudah Tergoda Promo dan Cashback

Ilustrasi belanja © Diadona

Biasanya, beberapa swalayan juga menawarkan promo atau cashback untuk produk-produk tertentu. Sayangnya, Mom gak terlalu membutuhkan produk yang lagi promo tersebut.

Oleh sebab itu, tips hemat uang belanja dapur yang ini adalah dengan tidak mudah tergoda untuk membeli barang karena promo dan cashback yang ditawarkan. Balik lagi Mom harus fokus pada daftar belanjaan sendiri ya.

 

11 dari 11 halaman

11. Checklist Barang yang Sudah Didapat di Daftar Belanja

Ilustrasi daftar belanja © Diadona

Tips hemat uang belanja dapur yang terakhir adalah dengan men-checklist barang-barang apa saja yang sudah didapat sewaktu belanja di daftar belanja. Dengan cara ini, kamu bisa fokus untuk mencari barang-barang yang masih kurang.

Selain itu, gak akan ada bahan makanan atau barang belanjaan yang terlewat oleh Mom. Ibu juga jadi gak mudah tergiur untuk membeli barang-barang lain yang tidak terlalu penting.

Itulah beberapa cara hemat uang belanja yang kamu bisa lakukan. Hal ini penting untuk dilakukan supaya bisa menghemat uang bulanan. Semoga dengan melakukan beberapa cara tersebut, Diazens jadi bisa belanja dengan lebih hemat. Kalau ada uang lebih, kan bisa masuk tabungan ya Mom. Siapa nih yang udah menerapkan beberapa tips di atas?

Beri Komentar