12 Cara Memasang Walpaper Dinding Vinyl Tanpa Bantuan Tukang, Mudah Banget Dilakukan Sendiri Lho!

Reporter : Arifina
Rabu, 22 Februari 2023 13:07
12 Cara Memasang Walpaper Dinding Vinyl Tanpa Bantuan Tukang, Mudah Banget Dilakukan Sendiri Lho!
Pasang walpaper dinding vinyl bika dilakukan sendiri, lho!

Bagi kamu yang hobi gonta-ganti dekorasi rumah, tentu perihal walpaper dinding masuk dalam list. Nah, salah satu yang cukup sering dilakukan belakangan ini adalah mendekorasi interior rumah dengan menghias dinding menggunakan vinyl.

Vinyl sendiri memiliki karakteristik yang unik dan mampu menciptakan penampilan berbeda untuk dekorasi rumah makin estetik. Vinyl terbuat dari PVC dan berbentuk lembaran dan tersedia dalam beragam warna, corak, dan ukuran. Beberapa motif  wallpaper dinding vinyl yang paling populer adalah kayu, batu, dan porselen.

1 dari 9 halaman

Nah, buat kamu yang sedang merencankan untuk mengganti dinding wallpaper rumahmu. cara-cara yang diadona.id rangkum dari berbgi sumber berikut bisa dicoba, nih!

Proses pemasangan  wallpaper dinding vinyl juga cukup mudah dilakukan secara sendiri, lho! Hal itu didasari dari bentuk vinyl yang berupa lembaran kecil. Kamu nggak perlu repot-repot mencari tukang deh!

Berikut 12 cara memasang wallpaper dinding vinyl tanpa bantuan tukang yang bisa kamu coba!

 

2 dari 9 halaman

Alat dan Bahan:

Cara Memasang Walpaper Dinding Vinyl Tanpa Bantuan Tukang © Diadona

  • Pensil

  • Cutter

  • Double tape

  • Lakban kertas

  • Lembaran vinyl

  • Kain majun

3 dari 9 halaman

12 Cara Memasang Wallpaper Dinding Vinyl Sendiri:

1. Periksa Kondisi Dinding

Pastikan kondisi dinding aman dan bersih, serta ukur panjang dan lebar dinding agar wallpaper dapat terpasang dengan baik. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari wallpaper yang rentan sekali rusak, terutama oleh suhu dan kelembaban ruangan yang ekstrim.

Karenanya, penting memastikan kondisi dinding yang akan dipasang walpaper aman dari rembesan hujan, sehingga tidak berisiko merusak wallpaper. Kondisi ruangan juga disarankan tidak terlalu lembab. Lakukan juga pengecekan menyeluruh pada dinding, seperti permukaan yang tidak rata, posisi jam dinding dan stopkontak, keberadaan paku, dan sebagainya.

4 dari 9 halaman

2. Bersihkan Permukaan Dinding

Cara Memasang Walpaper Dinding Vinyl Tanpa Bantuan Tukang © Diadona

Sebelum memasang walpaper dinding penting bagi kamu untuk memastikan kondisinya bersih. Kamu bisa membersihkan dinding yang akan dilapisi vinyl dengan kain lap atau spons dan air sabun.

Pastikan juga permukaan dinding dalam kondisi kering. Periksa dab bersihkan dinding, dari paku maupun noda yang menempel. Jika muncul benjolan-benjolan pada dinding, kamu juga harus memastikannya untuk meratakannya terlebih dulu, agar wallpaper dapat melekat dan terpasang dengan baik.

5 dari 9 halaman

3. Periksa Keadaan Vinyl

Memastikan keadaan vinyl yang akan dipasang pada dinding juga perlu dilakukan, lho Diazens! Pastikan semua lembaran vinyl memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Jika ada lembaran vinyl yang berbeda, potonglah menggunakan cutter.


4. Ukur Dinding yang Akan Dipasangi Walpaper

Kamu bisa melakukan pengukuran panjang dan lebar dinding menggunakan meteran. Catat dan tandai ukurannya, untuk berjaga-jaga kamu bisa menambahkan beberapa cm sebagai antisipasi ya!

6 dari 9 halaman

5. Pilih Walpaper

Dalam hal ini penentuan walpaper juga penting nih! Hal ini untuk menunjang penmpkn dari dekorasi dindingmu terlihat keren. Tentukan konsep yang ingin kamu terapkan, misal buat kamu yang suka dengan alam kamu bisa memilih wallpaper bertema pepohonan dengan warna hijau bisa menjadi salah satu pilihan.

Tapi, jika lebih suka yang simpel, kamu cukup memilih warna-warna cerah dan kalem yang menenangkan bisa menjadi pilihan yang tepat. Matangkan konsep ruanganmu sebelum pergi membeli wallpaper.


6. Siapkan Semua Alat dan Bahan

Saatnya memulai pemasangan dengan alat dan bahan yang sudah kamu siapkan sesuai kebutuhan ya!

7 dari 9 halaman

7. Buat Tanda Garis Lurus

Cara Memasang Walpaper Dinding Vinyl Tanpa Bantuan Tukang © Diadona

Sebelum memulai pemasangan, kamu perlu membuat garis lurus dari atas ke bawah pada sisi-sisi samping dinding menggunakan pensil. Garis ini sebagai penanda yang akan digunakan sebagai panduan saat pemasangan wallpaper.

8. Pemasangan Wallpaper

Saatnya memasang walpaper nih! Kamu bisa memulai dengan menempelkan lakban kertas secara merata pada seluruh permukaan dinding. Lalu, tempelkan double tape pada sisi belakang lembaran vinyl secara merata.

8 dari 9 halaman

9. Siapkan Lembaran Vinyl

Selanjutnya, lembaran vinyl yang sudah ada bisa mulai ditempelkan. Tapi, sebelumnya laisi lembaran vinyl dengan double tape pada permukaan lakban kertas yang telah terpasang di dinding ya!

10. Tekan Bidang Tempelan

Berikutnya, dengan menggunakan kain majun kamu perlu menekan bidang tempelan. Hal ini agar vinyl merekat dengan kuat.

9 dari 9 halaman

11. Ulangi Langkah 10

Cara Memasang Walpaper Dinding Vinyl Tanpa Bantuan Tukang © Diadona

Melakukan penekanan bidang tempelan bisa dilakukan berulang kali hingga seluruh permukaan dinding tertutupi oleh lembaran vinyl.

12. Cek Kerapian Pemasangan

Terakhir, cek kembali kerapian dari wallpaper yang sudah dipasang. Biarkan lem mengering dengan sempurna, Pastikan juga permukaan wallpaper rata dan bersihkan sisa-sisa lem agar hasilnya maksimal.

Nah, itu tadi 12 cara memasang walpaper dinding vinyl secara mandiri tanpa bantuan tukang. Selamat mncoba ya!

Beri Komentar