8 Cara Food Preparation Agar Bahan Makanan Lebih Awet dan Masak Lebih Cepat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 11 November 2022 17:43
8 Cara Food Preparation Agar Bahan Makanan Lebih Awet dan Masak Lebih Cepat
Dengan cara food preparation, kamu bisa memasak dengan lebih cept karena bahan sudah siap dan tinggal cemplung doang. Bahan makanan juga lebih awet karena disimpan dengan benar

Dilihat dari namanya, food preparation berarti menyiapkan makanan. Ini merujuk pada praktik menyiapkan bahan makanan selama beberapa waktu ke depan agar memasak jadi lebih mudah dan cepat. Cara food preparation juga dilakukan dengan penyimpanan bahan makanan secara tepat sehingga lebih awet.

Dengan menyiapkan bahan makanan, waktu memasak jadi lebih singkat. Misalnya, sayuran berdaun sudah disiangi dan dipisahkan dari tangkainya jadi ketika akan dimasak, tinggal cuci doang dan tinggal cemplung deh. Begitu pula pada bahan lauk hingga bahan bumbu.

Ada beberapa hal yang harus kamu siapkan dalam cara food preparation. Apa aja nih?

1 dari 5 halaman

Cara Food Preparation © Diadona

Punya Kulkas yang Berfungsi dengan Baik

Pastikan kulkas berfungsi dengan baik dan dalam suhu tepat untuk menyimpan makanan. Bersihkan kulkas seminggu sekali dengan menggunakan lap bersih dan cairan pembersih dapur.

Tentukan Menu yang Akan Dimasak

Food preparation sebenarnya nggak cuman menyiapkan makanan agar lebih cepat dan mudah dimasak atau agar bahan makanan awet lebih lama tapi juga meminimalisir kebingungan menu saat akan masak serta menghindari membuang bahan makanan karena tak terpakai atau busuk.

Sebelum berbelanja ke pasar, bikin daftar dulu menu makanan yang akan kamu siapkan dalam beberap hari ke depan. Kalau masih bingung mau masak apa nih, kamu bisa menginitop deretan resep masakan sehari-hari dari Diadona.

Siapkan Wadah

Dalam cara food preparation, kamu harus menggunakan wadah kedap udara. Tak perlu beli kok, cukup gunakan yang kamu miliki di rumah. Selain wadah berbentuk container box, kamu juga bisa menggunakan plastik klip dengan ukuran yang sesuai. Plastik tersebut biasanya bisa dipakai berulang dan tentu bila ditempatkan di kulkas, akan lebih hemat tempat.

2 dari 5 halaman

Cara Food Preparation © Diadona

Langsung aja deh ke cara food preparationnya berikut ini :

Kategorikan Bahan Sesuai dengan Olahannya

Bahan-bahan yang akan dimasak dalam satu sajian bisa kamu tempatkan di satu wadah. Misalnya bahan sayuran untuk memasak sayur asem atau sayur sop bisa kamu letakkan dalam satu continer box asalkan bahan tersebut memiliki aturan penyimpnan yang sama. Nggak cuman bikin hemat tempat, meletakkan bahan tersebut dalam satu wadah memudahkan kamu untuk mencarinya.

Bikin Bumbu Dasar untuk Mempersingkat Waktu Memasak

Ragam masakan Indonesia biasanya terbagi dalam tiga jenis bumbu dasar, yakni bumbu dasar putih yang biasanya digunakan dalam masakan seperti tumisan, rawon dan lainnya, bumbu dasar merah untuk memasak balado dan bumbu dasar kuning seperti yang digunakan untuk mebuat soto, pesmol dan lainnya. Bumbu dasar sendiri terdiri dari racikan bumbu-bumbu dasar sesuai dengan jenisnya lalu dihaluskan.

Punya stok kamu nggak perlu lagi menyiapkan dan menghaluskan bumbu rempah setiap kali memasaknya. Cukup ambil stok bumbu dasar, tambah dengan bahan lain sesuai dengan jenis masakan. Dengan penyimpanan yang tepat, bumbu dasar bisa tahan lama hingga berminggu-minggu.

Sortir Sayuran

Sebelum memasukkannya sayuran ke kulkas, sortir dulu bagian sayuran yang bagus dan buang bagian yang telah jelek. Misalnya, sayuran yang menguning, busuk, atau terkena hama tanaman. Ini juga berlaku pada sayuran yang kamu beli di supermarket juga lho!

Potong bagian sayuran yang sudah busuk dan tidak bisa digunakan biar nggak merembet ke bagian yang segar.

Buat Minyak Bawang Putih

Bila kamu sering menggunakan bawang putih cincang, kamu bisa membuat miyak bawag putih untuk membuat prose memasak jadi lebih mudah. Cara food preparationnya gampang banget kok. Pertama, kupas bawanag putih tanpa mencucinya. Dengan menggunakan pisau dan peralatan lain yang bersih dan kering, cincang bawang putih sesuai negan ukuran yang biasanya kamu gunakan. Tempatkan di wadah kaca tertutup yang bersih dan kering

Tambahkan dengan minyak sayur sampai seluruh cincangan bawang putih terendam. Kamu bisa menyimpannya di suhu ruan atau kulkas agar lebih awet. Hanya saja bila kamu menggunakan minyak goreng, minyak ini akan setengah membeku ketika cincangan bawang putih kamu tempatkan di kulkas. Untuk menghindarinya, gunakan minyak sayur lainnya seperti minyak zaitun, minyak canola atau minyak jagung dan tempatkan di suhu ruang. Setiap kali akan menggunakannya, ambil dengan menggunakan sendok yang kering dan bersih. Keberadaan air sedikit saja akan membuat minyak bawang putih berjamur.

Pisahkan Bahan dalam Per Kali Porsi Memasak

Bila bahan-bahan yang akan kamu bekukan kamu beli dalam jumlah beberapa kali masak, maka pishkan potongan dan bagi per porsi masak dlam wadah yang berbeda. Kenapa demikian?

Jadi setiap kali kamu akan memasak bahan makanan yang masih beku, tentu kamu akan melelehkannya dulu kan? Proses tersebut dinamakan dengan thawing. Nah ketika kamu menempatkan banyak bahan makanan di freezer, melakukan thawing, mengambil sebagian bahan dan meletakkan kembali sisanya di freezer bukan? Saat akan dimasak, bahan makanan tersebut akan melalui proses thawing kembali.

Daging yang mengalami proses thawing berulang akan jadi kering dan keras. Selain itu juga thawing berulan rawan menimbulkan bakteri karena daging sempat berada di suhu ruang.

3 dari 5 halaman

Cara Food Preparation © Diadona

Dan begini nih carafood preparation tergntung pada jenis bahan makanannya :

Ikan

Cara food preparation ikan dan protein hewani lainnya bisa kamu lakukan segera setelah membelinya di pasar. Untuk ikan, bersihkan kotoran, insang dan juga bagian sisiknya. Buang isi perut, beri perasan jeruk nipis lalu simpan di container box. Tempatkan di freezer.

Sebelum disimpan, pastikan ikan masih segar ya!

Udang

Cara food preparation untuk udang sangat mudah dan memudahkan kamu ketika akan memasaknya. Pertama, kupas kulit udang, buang kotorannya jika ada. Cuci bersih lalu beri perasan air jeruk nipis dan garam. Simpan di container box dan pisahkan untuk setiap kali masak.

Daging Ayam

Setelah membelinya dari pasar, potong daging dalam ukuran sesuai masakan. Cuci bersih lalu beri airperasan jeruk nipis. Simpan dalam container box.

Daging Sapi atau Kambing

Potong daging sesuai dengan kebutuhan lalu simpan di wadah kedap udara. Tempatkan di freezer bersuhu minus 18 derjat.

4 dari 5 halaman

Cara Food Preparation © Diadona

Tempatkan Sayuran di Kulkas Sesuai Jenisnya

Biasanya sih kulkas punya 3-4 rak penyimpanan makanan dan gunakan rak ini sesuai dengan jenis makananmu. Contohnya nih rak bagian bawah yang memiliki suhu relatif rendah dan stabil sangat cocok untuk sayuran berdaun yang rentan busuk.

Rak bagian tengah cocok banget untuk menyimpan wortel, kacang panjang, kol, buncis dan lainnya. Trus bagian paling atas bisa kamu gunakan untuk menyimpan sayuran dengan kadar air tinggi, contohnya mentimun.

Pisahkan Buah dan Sayuran

Cara food preparation untuk buah dan sayuran adalah dnengan tak menyimpan keduanya di wadah yang sama. Alasannya, gas etilen yang dikeluarkan oleh buah matang bisa mengenai sayuran dan membuatya jadi cepat busuk.

Tempatnya buah dan sayur dan rak terpisah atau tutup sayur menggunakan wadah kedap udara.

 

Sayuran Berdaun

Karena lebih mudah layu, cara food preparation sayuran berdaun nggak boleh disamakan dengan sayuran keras seperti wortel, mentimun hingga brokoli. Kamu ggak perlu mencucinya erlebih dahulu sebelum menyimpannya di kulkas, kecuali kamu bisa memastikan untuk mengeringkannya secara optimal. Sebab, sisa air yang berada di sayuran bisa membuatny lebih mudah busuk ketika disimpan.

Sayuran cukup disiangi dari gagangnya dan ditempatkan di wadah terpisah. Simpan di wadah tertutup baik berupa kantong plastik klip atau wadah kontainer. Alasi dengan menggunakan tisu makan atau serbet bersih untuk menyerap kelembaban yang dihasilkan oleh sayuran yang bisa membuatnya cepat busuk.

Menyimpan sayuran di suhu dingin bakalan membantu melindunginya dari kecepatan pembusukan. Tapi perlu diperhatikan juga bahwa suhu dingin juga bisa menyedot uap dari sayuran sayuran bisa kering. Untuk cara food preparation sayuran, letakkan di dalam wadah atau kantung plastik. Hindari meletakkannya tanpa penutup.

Cabe

Jangan buang batangnya, simpan di container box dengan dialasi tissue. Beberapa orang menyebut cara food preparation cabe dengan menempatkan bawang putih kupas di dalam box cabe akan membuat cabe jadi awet lebih lama.

Tempe

Tempatkan di container box dan letakkan di kulkas. Cek secara berkala.

Tahu

Agar lebih awet, cara food prearation tahu yakni dengan mencucinya menggunakan air bersih lalu susun dalam box. Rendam denan air matang yang sudah diberi dengan sedikit garam. Beberapa orang memilih untuk merebus tahu sebentar di air mendidih yang sudah diberi garam atau merendamnya dengan air panas. Masukkan ke kulkas ketika tahu dan air rendaman sudah dingin.

Mentimun

Cara food preparation untuk sayuran dengan kadar air tinggi seperti mentimun yakni dengan membungkusnya menggunkan plastik wrap. Ini bakalan membuat mentimun segar lebih lama karena bungkus plastik ini berfungsi sebagai " kulit kedua" yang mencegah hilangnya kelembaban tanpa menyebabkan pengembunan. Meletakkan mentimun di suhu yang terlalu rendah bisa membuatnya kering semtara suhu panas akan membuat mentimun berlendir dan busuk.

Tauge

Tanpa cara food preparation yang tepat, tauge bisa cepat busuk lho! agar tetap segar, beberapa sumber menyebut bahwa cara penyimpanan yang tepat untuk taoge yakni dengan merendamnya di air dalam wadah tertutup. Jangan lupa untuk mengganti airnya setiap hari Taoge akan tetap segar dan tak berwarna kehitaman selama beberapa hari ke depan.

Namun ad carafood preparation taoge yang lebihgampang nih. Pertama, sortir tauge yang udah jelek, angin-nginkan agar kering lalu simpan di wadah tertutup dengan dialasi tissue.

Daun Kemangi

Potong sedikit batang daun kemangi, bagi per pori masak dan simpan di wadah tertutup.

5 dari 5 halaman

Cara Food Preparation © Diadona

Kentang dan Ubi Jalar

Setelah membelinya dari pasar, carafood preparation untuk kedua bahan ini adalah dengan meletakkan di suhu ruang. Simpan di tempat yang sejuk dan gelap dengan kelembaban yang relatif tinggi. Pisahkan dari bawang, pisang, dan barang-barang penghasil etilen lainnya.

Jagung

Bila kamu berencana membuat dadar jagung, cra food preparation berikut ini akan membantu kamumemsak ddar jagung lebih cepat dan bikin jagung jadi leboh awet. Pertama, cuci bersih jagung lalu serut kasar. Didihkan air dan rebus jagung ekitar 1-2 menitsaja. Tiriskan, tunggu dingin kemudian masukkan ke container box, sipan di freezer.

Jeruk Nipis

Tempatkan di food container dan bungkus menggunakan tisue atau kertas. Cara food preparation ini akan membuat kulit jeruk nipis jadi keras jadi sebelum menggunakannya, rendam jeruk dengan menggunakan tissue.

Bawang

Harus diakui kalau mengupas bawang putih dan bawang merah memerlukan wktu yang lama setiap kali memasak. Tapi tenang aja, aja cara food preparation yang memudahkan banget untuk kedua bahan ini kok!

Kupas bawang merah dan bawang putih. Tanpa dicuci, tempatkan di wadah terpisah, alasi dengan tisue atau kertas. Kamu bisa meletakkannya di bagian kulkas paling bawah. Untuk bawang bombay, simpan di suhu ruang.

Daun Bawang

Potong daun bawang sesuai dengan ukuran container box, tempatkan dengan dialasi tissue. Simpan di kulkas bagian bawah.

Daun Jeruk dan Daun Salam

Masukan keduanya ke wadah tertutup dan letakkan ke freezer, bisa awet 3 bulan

Gula Merah

Sisir gula merah terlebih dahulu agar lebih mudah digunakan, simpan di toples lalu letakkan di kulkas.

Jahe, Kunyit, Lengkuas, Kencur dll

Cuci bersih seluruh bahan, keringkan. Simpan di wadah dan tempatkan di kulkas dengan dialasi tissue.

Dengan cara food preparation yang tepat, kamu bisa meningkatkan daya simpan makanan, memasak lebih cepat karena bahn-bahan telah disiapkan serta lebih bergizi. Menarik banget kan?

Beri Komentar