6 Tips Masak Opor Ayam agar Tidak Bau Amis, Anti Ribet dengan Bahan Tambahan Ini

Reporter : Arifina
Jumat, 6 Oktober 2023 16:07
6 Tips Masak Opor Ayam agar Tidak Bau Amis, Anti Ribet dengan Bahan Tambahan Ini
Kamu hanya perlu beberapa bahan tambahan saja biar memasak opor ayam tak lagi bau amis!

Tips masak opor ayam agar tidak bau amis harus kamu perhatikan untuk mendapatkan hasil masakan yang lezat. Opor ayam menjadi salah satu hidangan wajib di perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Namun, banyak pula masyarakat Tanah Air yang membuat menu olahan ini untuk masakan sehari-hari ataupun ketika momen acara penting. Bahan utama dalam memasak opor ayam adalah ayam yang direbus dengan kuah santan dan bumbu yang kaya akan rempah-rempah.

1 dari 9 halaman

Tips Masak Opor Ayam agar Tidak Bau Amis © Diadona

Secara umum, cara memasak opor ayam sebenarnya mudah. Namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama saat mengolah ayamnya.

Sebab, jika salah dalam pengolahan justru akan didapati rasa opor ayam bau amis meskipun sudah dimasak dengan berbagai bumbu. Nah, biar kamu tak salah pengolahan,  berikut ini diadona.id rangkumkan tips masak opor ayam agar tidak bau amis yang bisa kamu terapkan. Yuk simak!

2 dari 9 halaman

Baluri Ayam dengan Cuka

Salah satu tips agar ayam tidak bau amis saat dimasak adalah membalurinya dengan cuka. Dilansir dari thespruceeats.com, cuka putih dapat membantu menghilangkan bau amis pada ayam.

Caranya mudah, masukkan ayam ke dalam wadah apapun asal tidak terbuat dari logam. Kemudian tuangkan 120ml cuka putih ke dalam wadah tersebut. Aduk rata hingga seluruh permukaan ayam terbalut dengan cuka tersebut.

Diamkan selama 4-5 menit, kemudian cuci bersih ayam menggunakan air mengalir. Perlu diingat, jangan terlalu lama mendiamkan ayam dengan baluran cuka agar tekstur daging tidak menjadi keras.

3 dari 9 halaman

Rebus Terlebih Dahulu

Ilustrasi Opor Ayam Kuning © Diadona

Pastikan kamu merebus ayam terlebih dahulu sebelum mengolahnya menjadi opor ayam. Cara ini bisa menjadi pegganti cuka untuk menghilangkan bau amis lho!

Rebuslah ayam hanya dengan menggunakan air saja, tanpa tambahan apapun. Didihkan air pada panci, kemudian masukkan ayam, dan rebus hingga hingga ssetengah matang ataupun matang, sesuai selera masing-masing.

Aroma amis pada ayam akan larut dalam air rebusan bersamaan dengan kandungan kolesterol di dalamnya yang juga ikut luntur. Setelah selesai direbus, angkat dan tiriskan ayam.

Sebaiknya buang saja air rebusan ayam tadi karena meskipun air tersebut mengandung kaldu, tetapi terdapat kolesterol dan bau amis di dalamnya.

4 dari 9 halaman

Rebus Ayam dengan Bumbu

Apabila kamu merasa kurang jika merebus ayam hanya dengan air. Lakukanlah tips yang satu ini. Rebus ayam dengan menambahkan bumbu dapur di dalamnya.

Bumbu dapur yang bisa kamu tambahkan adalah bawang putih, jahe, atau belimbing wuluh. Caranya mudah, rebus air terlebih dahulu kemudian masukkan ayam dan bumbu yang akan digunakan.

Masak hingga matang ataupun setengah matang, namun pastikan bumbu dapur yang digunakan merupakan bumbu yang memiliki sifat dapat menghilangkan bau.

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat mengurangi bau amis. Jahe dikenal memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu menghilangkan bakteri dan bau amis. Sementara belimbing wuluh ternyata juga bisa mengurangi bau amis dengan memberikan rasa yang segar dan asam pada ayam.

5 dari 9 halaman

Cuci dengan Kunyit Bubuk

Ilustrasi Kunyit © Diadona

Untuk menghilangkan bau amis pada ayam saat dimasak, kamu bisa menggunakan kunyit bubuk. Bahan dapur ini tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu opor saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai penghilang bau amis pada ayam.

Kunyit dikenal ampuh untuk menghilangkan bau amis pada bahan makanan. Caranya mudah, yaitu cuci ayam menggunakan kunyit bubuk setelah direbus. Setelah dicuci, bau amis pada ayam akan hilang dan digantikan oleh aroma khas kunyit yang tajam.

6 dari 9 halaman

Beri Perasan Jeruk Nipis

Jeruk nipis terkenal sebagai salah satu bahan utama yang dapat menghilangkan bau amis ayam. Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan asam dan memiliki aroma yang kuat serta segar.

Supaya saat memasak opor ayam tidak bau amis, lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis atau lemon sebelum dimasak. Selain itu, kamu juga bisa merendam ayam dengan campuran air dan perasan jeruk nipis selama beberapa menit untuk menghilangkan bau amis dan memberikan rasa segar pada ayam.

Namun perlu diingat, pastikan untuk tidak menggunakan jeruk nipis terlalu banyak agar rasa ayam tidak terlalu didominasi oleh rasa asam dari jeruk nipis. Gunakanlah jeruk nipis sebagai perasan setelah opor ayam matang dan sebelum disajikan agar rasanya semakin segar.

7 dari 9 halaman

Tumis Bumbu Halus sebelum Dimasak

Tips Masak Opor Ayam agar Tidak Bau Amis © Diadona

Sebelum mulai memasak opor ayam, tumislah bumbu halusnya terlebih dahulu. Tambahkanlah bahan dapur yang memiliki aroma sedap seperti serai, jahe, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk.

Bahan-bahan tersebut dapat menghilangkan bau amis pada ayam karena memiliki aroma yang kuat dan khas. Tumis bumbu halus dan bahan dapur tadi hingga wangi dan matang. Setelah itu, baru masukkan ayam yang sudah direbus sebelumnya.

Masak hingga ayam berubah warna kemudian tuangkan santan cair. Aduk-aduk agar santannya tidak pecah dan masak hingga ayam empuk dan mendidih. Tuangkan santan kental lalu masak kembali hingga mendidih. Tambahkan bumbu penyedap, aduk rata kemudian matikan kompor. Opor ayam siap disajikan.

8 dari 9 halaman

Itulah tadi beberapa tips masak opor ayam agar tidak bau amis yang bisa kamu coba di rumah. Sebelum disajikan, beri perasan jeruk nipis dan taburan bawang goreng pada opor ayam agar rasanya menjadi semakin segar dan gurih.

Opor ayam dapat disajikan dengan nasi, lontong, dan ketupat. Jangan lupa tambahkan pula kerupuk agar opor jadi semakin nikmat saat disantap. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar