5 Tips Masak Ikan Tongkol Agar Tidak Gatal, Buang Bagian Beracun Ini!

Reporter : Arifina
Jumat, 8 September 2023 20:50
5 Tips Masak Ikan Tongkol Agar Tidak Gatal, Buang Bagian Beracun Ini!
Jika mulut, lidah, atau bahkan badan sering terasa gatal saat makan ikan tongkol, tandanya kamu kurang bersih dalam hal membersihkan dan mengolah ikan tongkol.

Tips memasak ikan tongkol agar tidak gatal mempermudah kamu untuk mengolah makanan satu ini dengan nyaman. Ya, sebagian orang yang sensitif terhadap alergi, harus pintar-pintar dalam mengolah makanan terutama yang berhubungan dengan makanan laut seperti ikan tongkol.

Dalam mengolah makanan dibutuhkan langkah-langkah yang benar agar bahan masakan yang akan dimasak tidak menimbulkan efek yang berbahaya untuk tubuh. Memasak ikan tongkol ini salah satu yang perlu diperhatikan, sebab jika salah mengolah bukan tidak mungkin menjadikan alergi dan timbul rasa gatal di tubuh.

Dilansir dari ffarmasi.unand.ac.id, jika timbul alergi atau gatal-gatal pada tubuh karena terbentuknya senyawa baru pada tubuh yang bersifat alergen Penyebab rasa gatal saat mengkonsumi ikan tongkol ini bisa muncul juga karena adanya zat histamin. Zat inilah yang berperan dalam reaksi alergi.

1 dari 8 halaman

Resep Ikan Tongkol Kuah Asam Pedas © Diadona

Sekain itu, dilansir dari sehatq.com, reaksi alergi yang terjadi pada tubuh saat makan ikan tongkol juga karena adanya alergen yang masuk ke dalaam tubuh. Hal tersebut yang memicu reaksi hipersensitifitas type 1, dan akhirnya menimbulkan tanda-tanda seperti kemerahan bengkak disertai gatal pada tubuh. 

Rasa gatal ini tentu saja menjadikan kurang nikmat saat memakan masakan berbahan utama ikan tongkol. Apalagi, ikan tongkol adalah salah satu makanan yang cukup banyak disukai masyarakat Tanah Air.

2 dari 8 halaman

Selain mudah ditemukan, ikan tongkol mempunyai harga yang cenderung lebih murah dibanding ikan-ikan lainnya. Nah, mencegah rasa gatal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara lho!

Sebab, munculnya rasa gatal-gatal ini dipicu dari berbagai hal. Mulai dari pemilihan ikan tongkol yang tidak segar hingga tata cara pengolahannya. Berikut ini diadona.id rangkumkan tips masak ikan tongkol agar tidak gatal dilansir dari berbagai sumber. Yuk, simak yang berikut! 

3 dari 8 halaman

Pastikan Memilih Ikan Tongkol yang Segar

Tips Masak Ikan Tongkol Agar tidak Gatal © Diadona

Pemilihan ikan tongkol menjadi salah satu cara mencegah rasa gatal saat mengkonsumsinya. Pastikan kamu memilih jenis ikan tongkol yang segar ya.

Ikan tongkol yang segar dapat dilihat dari cici-cici sebagai berikut, seperti memiliki aroma yang khas. Kemudian insang berwarna kemerahan, bagian daging kenyal, kulit cerah, dan mata ikan tongkol menonjol.

Jika saat membeli ikan tongkol kamu tidak menemui ciri-ciri tersebut, maka urungkan untuk membelinya. Sebab, jika tetap mengkonsumsinya, akan beresiko memunculkan reaksi pada tubuh, seperti mengalami gatal-gatal. Rasa gatal ini bahkan juga bisa muncul pada lidah. Jadi, perhatikan baik-baik saat membelinya ya!

4 dari 8 halaman

Buang Bagian Kepala Ikan Tongkol

Setelah memilih jenis ikan yang segar, maka kini saat masuk pada bagian proses pembersihan. Salah satu cara mencegah rasa gatal saat memakan ikan tongkol adalah dengan membuang bagian kepala ikan.

Sebab, bagian kepala ikan tongkol mengandung racun yang dapat menyebabkan gatal-gatal pada tubuh. Potong dan buang bagian kepala sebelum racun pada bagian kepala ikan menyebar ke bagian daging ikan saat proses pembersihan ya!

5 dari 8 halaman

Bersihkan Bagian Perut Ikan Tongkol

Tips Masak Ikan Tongkol Agar tidak Gatal © Diadona

Tahapan yang satu ini sangat penting diperhatikan sebelum kamu mengolah ikan tongkol menjadi masakan favorit. Kamu harus benar-benar memastikan bagian perut pada ikan tongkol bersih.

Hal ini dilakukan guna menghindari rasa gatal setelah mengolah ikan tongkol dan memakannya.  Dengan membersihkan isi perut ikan tongkol sampai benar-benar bersih, maka kamu dapat mengkonsumsi ikan dengan nyaman. Sebab, bagian racun yang terdapat di bagian perut ikan telah hilang.

6 dari 8 halaman

Bilas Ikan Tongkol dengan Air Mengalir

Setelah proses pembersihan selesai, pastikan kamu membilas ikan tongkol dengan air yang mengalir. bersihkan satu per satu agar ikan benar-benar bersih dari racun dengan sempurna.

Jika kamu membersihkan ikan tongkol dalam satu wadah, maka beberapa bagian yang beracun diperkirakan  tidak bersih optimal. Sehingga, hal itu membuat racun justru menyebar ke ikan lainnya.

Membersihkan dengan air yang mengalir, akan membuat bagian dari keseuruhan tubuh ikan yang masih ada kotoran segera terbuang dan tidak akan mencampuri ke ikan-ikan lainnya. Sehingga, kamu bisa memasak resep ikan tongkol dengan nikmat tanpa khawatir ya!

7 dari 8 halaman

Rebus Ikan Tongkol dengan Air Garam

Tips Masak Ikan Tongkol Agar tidak Gatal © Diadona

Cara lainnya untuk mencegah rasa gatal saat makan ikan tongkol yakni bisa dilakukan dengan merebusnya pada air garam. Caranya pun mudah, setelah ikan tongkol sudah dirasa bersih dan siap untuk diolah, maka rebus terlebih dahulu di air garam dengan api kecil saja.

Langkah ini bertujuan agar daging pada ikan tongkol tidak hancur saat akan diolah atau dimasak. Selain itu, cara ini dapat membantu mengurangi kemungkinan reaksi dari gatal-gatal atau alergi akibat ikan yang kurang matang.

Itulah beberapa tips dalam mengolah ikan tongkol agar tidak menimbulkan gatal-gatal pada tubuh. Jika kamu sudah memahami, jangan sampai ada kesalahan lagi dalam mengolah ikan tongkol ya! Selamat mencobanya, dan semoga bermanfaat!

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar