7 Tips Masak Ikan Pari, Lezat dan Gurih Anti Bau Pesing

Reporter : Arifina
Kamis, 7 September 2023 18:17
7 Tips Masak Ikan Pari, Lezat dan Gurih Anti Bau Pesing
Mengolah ikan pari yang gurih anti bau pesing perlu trik khusus lho! Simak yang berikut!

Tips masak ikan pari harus diketahui untuk mencegahnya berbau pesing. Sebab bila bau tersebut tak hilang, tentu bakalan bikin masakan jadi kurang sedap.

Ikan pari adalah salah satu jenis ikan yang banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Masyarakat Jawa biasa menyebut ikan pari dengan iwak pe atau yang berarti ikan pe.

Ikan pari memiliki daging yang tebal dan gurih, serta dapat diolah menjadi berbagai macam masakan atau olahan ikan. Di antaranya, ikan pari goreng, ikan pari bakar, ikan pari gulai, ikan pari asam pedas, dan masih banyak lainnya.

Karena pilihan sajian yang menarik itulah, membuat masyarakat Indonesia banyak menjadikan ikan pari sebagai makanan sehari-hari. Banyak olahan masakan lezat yang dapat dibuat dengan bahan ikan pari dan bumbu rempah-rempah khas nusantara.

1 dari 9 halaman

Tips Masak Ikan Pari © Diadona

Tak hanya rasanya yang gurih dan nikmat, ikan pari juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari halodoc.com, ikan pari memiliki banyak kandungan nutrisi antara lain, lemak, protein, kalium, natrium, kalsium, magnesium, tembaga, fosfor, zinc, zat besi, vitamin B, dan vitamin D. 

Sayangnya, ada banyak orang yang kurang suka makan ikan pari karena baunya yang pesing menyengat. Padahal, bau ini bisa diatasi bila cara memasaknya benar dan tepat lho!

Buat kamu yang ingin mengolahnya sendiri di rumah, berikut diadona.id rangkumkan tips masak ikan pari anti bau pesing. Yuk, simak!

2 dari 9 halaman

Gunakan Gula

Gula tidak hanya bisa digunakan sebagai pemanis rasa makanan ataupun minuman. Namun, bahan makann yang satu ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai penghilang bau menyengat pada ikan lho, termasuk ikan pari.

Caranya gampang, bersihkan terlebih dahulu ikan pari dengan air mengalir, kemudian baluri ikan pari dengan gula pasir ke seluruh bagian tubuh ikan secara merata. Diamkan dan tunggu selama 5 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

3 dari 9 halaman

Beri Lumuran Garam dan Jeruk Lemon

Garam dan jeruk lemon perpaduan yang tepat untuk menghilangkan bau menyengat pada ikan pari. Kedua bahan tersebut merupakan bahan dapur yang sudah sering digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan. Salah satunya ialah ampuh untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

Caranya, cuci bersih ikanpari terlebih dahulu . Di tempat terpisah campurkan garam dan perasan jeruk lemon. Lalu balurkan campuran kedua bahan tadi pada seluruh bagian ikan secara merata.

Diamkan selama 10-20 menit kemudian bilas hingga bersih.  Ikan pari siap untuk dimasak.

4 dari 9 halaman

Baluri dengan Jahe

Tips Masak Ikan Pari © Diadona

Selain untuk menambah cita rasa, rempah-rempah dikenal efektif untuk menghilangkan segala jenis bau termasuk bau menyengat pesing pada ikan pari. Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang cukup ampuh menghilangkan bau menyengat saat pengolahan masakan ikan pari.

Oleh karena itu, untuk menghilangkan bau amis pada ikan pari, kalian bisa mencoba untuk menggunakan baluran jahe. Caranya sangat mudah, bersihkan terlebih dahulu ikan pari dengan air mengalir.

Kemudian baluri ikan pari dengan parutan jahe atau bubuk jahe secara merata. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit.  ikan pari siap buat dimasak setelahnya.

5 dari 9 halaman

Rendam dengan Air Asam Jawa

Dilansir dari alodokter.com, asam jawa memiliki banyak kandungan nutrisi yang bergizi, yaitu vitamin B, vitamin C, vitamin K, asam amino, kalsium, kalium, magnesium, selenium, dan zat besi. 

Selain terdapat kandungan yang bagus untuk tubuh, asam jawa memiliki rasa  asam jawa juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau pad ikan pari.

Caranya mudah, setelah ikan pari dibersihkan, rendam dengan asam jawa yang telah dilarutkan dengan air selama 10-15 menit. baru setelah itu ikan siap untuk diolah ya!

6 dari 9 halaman

Beri Cuka

Rasa asam pada cuka dapat digunakan sebagai penghilang bau pesing pada ikan pari. Cuka merupakan bahan dapur yang memiliki banyak kegunaan.

Cuka biasa digunakan sebagai salah satu bahan masakan yang bisa menambah rasa asam dan segar. Kandungan asam yang ada di dalamnya dapat menetralisir bau amis pada ikan.

Cara menggunakannya mudah, setelah ikan dicuci bersih dengan air, balurkan saja cuka ke seluruh bagian ikan pari.  Diamkan sejenak, dan ikan siap dimasak.

7 dari 9 halaman

Rendam dengan Susu

ilustrasi susu © Diadona

Siapa sangka susu yang biasa diminum ternyata bisa digunakan sebagai penghilang bau amis pada ikan pari.  Kandungan kasein pada susu mampu mengikat trimetilamin oksida yang dapat menyebabkan bau amis.

Namun, susu yang bisa digunakan hanyalah susu full cream atau UHT yang memiliki rasa plain. Susu yang memiliki rasa-rasa seperti coklat ataupun strawberry tidak bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada ikan ya.

Langkah pertama adalah bersihkan ikan pari terlebih dahulu dengan air mengalir supaya kotoran yang ada pada ikan hilang. Kemudian, rendam ikan dengan susu selama 30 menit. Setelah selesai, bilas hingga bersih dan bau amis pada ikan akan hilang. 

8 dari 9 halaman

Balurkan dengan Tepung

Tepung ternyata dapat digunakan sebagai penghilang bau amis pada ikan pari. Caranya mudah, cukup balurkan saja pada ikan pari hingga semua permukaannya tertutup dengan tepung.

Lalu diamkan selama 10 menit. bau menyengat pada ikan pari akan diserap oleh tepung. Setelah selesai bilas ikan dengan air bersih. 

Itulah beberapa tips masak ikan pari yang bisa kamu terapkan di rumah agar terhindar dari bau menyengat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

9 dari 9 halaman

Beri Komentar