5 Cara Membuat Nasi Bakar yang Gurih, Enak, dan Simple

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 20 Oktober 2022 16:10
5 Cara Membuat Nasi Bakar yang Gurih, Enak, dan Simple
Nasi bakar menjadi salah satu makanan enak yang unik. Walaupun begitu, rasa dan kenikmatannya tidak kalah dengan makanan lain! Simak cara membuat nasi bakar yang bikin nagih berikut!

Siapa nggak kenal nasi bakar? Pasti semuanya pada tahu dong. Yap, nasi yang dibakar di dalam bungkusan daun pisang dengan berbagai isian lauk menjadi favorit masyarakat karena kelezatannya yang khas dan kepraktisannya, sehingga membuat orang penasaran cara membuat nasi bakar sendiri.

Nasi bakar memiliki banyak varian isi lauk di dalamnya, seperti ayam, ikan, atau daging yang tentunya sama-sama nikmat dengan aroma smokey khas hasil bakaran. Yuk simak cara membuat nasi bakarnya!

 

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Nasi Bakar Ayam Suwir

cara membuat nasi bakar ayam suwircara membuat nasi bakar ayam suwir © Cookpad.com/lizna ananda

Nasi bakar ayam suwir menjadi nasi bakar yang paling basic, protein ayam pasti akan disukai banyak orang. Dilansir dari cookpad Lizna memberikan resep inspirasi cara membuat ayam suwir yang endull!

Bahan-bahan

Bahan Untuk Nasi nya :

  • 1/2 liter beras pulen
  • 1 bungkus santan kara kemasan segitiga
  • 3 siung bawang merah, iris halus
  • sedikit garam
  • secukupnya teri nasi / teri medan
  • secukupnya daun salam, sereh dan lengkuas

Bahan Untuk Ayam Suwir :

  • 250 gr dada ayam, rebus dan suwir-suwir
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • secukupnya garam, gula dan penyedap rasa

Bumbu yg dihaluskan :

  • 5 buah cabai merah keriting
  • 10 buah cabai rawit merah (sesuai selera)
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm lengkuas
  • 1 batang sereh, iris halus
  • sedikit terasi (optional)

Bahan Lain :

  • Daun Kemangi
  • Daun Pisang

Cara Membuat

  • Tumis bawang merah iris hingga harum, lalu masukkan teri medan, goreng hingga agak kering. Lalu tambahkan daun salam, daun jeruk dan sereh.
  • Masukkan tumisan teri medan ke dalam beras yg telah dicuci bersih, di beri air seperti memasak nasi kaya biasa dan tambahkan santan. Aduk rata, tambahkan sedikit garam. Masak beras di rice cooker hingga matang.
  • Tumis bumbu halus, tambahkan daun salam dan daun jeruk, masak hingga bumbu harum dan matang. Lalu masukkan ayam suwir, tambahkan sedikit air, saus tiram, kecap manis, garam, gula dan penyedap rasa. Masak hingga agak kering.
  • Tes rasa, matikan api. Sisihkan.
  • Siapkan daun pisang, ambil satu centong nasi, pipihkan. Beri suwiran ayam dan daun kemangi. Lalu tutup, gulung dan padatkan. Sematkan ujung2 nya dg tusuk gigi hingga rapi.
  • Setelah semua selesai, kukus nasi selama 10 menit. Ini sesuai selera aja, mau langsung dibakar jg bisa 
  • Jadi deh nih nasi bakarnya

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Nasi Bakar Teri

Cara Membuat Nasi Bakar TeriCara Membuat Nasi Bakar Teri © instagram.com/@thikacookie

Nah, kalo resep ini buat kamu yang suka makan ikan, dilansir dari brilliofood ada resep cara membuat nasi bakar teri dengan sambal dan petai nya yang sedep banget!

Bahan-bahan

  • Nasi uduk
  • 4 genggam beras
  • Air santan (kekentalan sedang)
  • 2 lembar daun salam
  • Sejumput garam
  • Bahan Sambal Teri:
  • Segenggam teri, goreng sampai kecoklatan
  • 1 papan petai, kupas
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 15 buah cabai rawit merah
  • Sejumput gula merah
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam atau kaldu bubuk
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan tambahan:

  • 5 lembar daun pisang untuk membungkus
  • Beberapa tusuk gigi

Cara membuat:

  • Masak nasi uduk di rice cooker seperti menanak nasi biasa.
  • Goreng semua bahan sambal kecuali teri, petai, dan lengkuas, haluskan, goreng lagi dengan menambahkan teri goreng, petai, dan lengkuas, test rasa.
  • Tata daun pisang, isi dengan nasi lumuri sambal di atasnya timpa dengan nasi lagi, gulung daun dan sematkan kedua ujung dengan tusuk gigi atau lidi. Ulangi sampai habis.
  • Bakar di atas pemanggang atau teflon sampai daun terlihat kecokelatan. Sajikan dengan lalapan atau lauk lainnya.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Nasi Bakar Cumi

cara membuat nasi bakar cumicara membuat nasi bakar cumi © instagram (@byviszaj) via brilliofood

Para pecinta seafood, khususnya cumi-cumi pasti ngiler nih. Dilansir dari brilliofood terdapat resep inspirasi cara membuat nasi bakar cumi yang kenyal kres nggak ada lawan!

Bahan:

  • 3 porsi nasi putih
  • 6 lembar daun pisang
  • Bahan tumis cumi asin:
  • 300 gr cumi asin
  • 2 daun salam
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 1 serai, geprek
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • Air
  • Garam dan gula
  • Bumbu iris:
  • 12 bawang merah
  • 6 bawang putih
  • 15 cabai hijau
  • 10 cabai rawit utuh

Cara membuat:

  • Cuci bersih cumi asin lalu rendam di air panas selama 10 menit, kemudian cuci bersih lagi dan potong-potong. Goreng cumi asin sebentar lalu angkat, tiriskan.
  • Tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi lalu masukkan sisa bahan lainnya, tumis sampai matang. Masukkan saus tiram dan beri sedikit air, garam, dan gula, cek rasa.
  • Masukkan cumi asin dan kecap manis, aduk rata. Masukkan cabai rawit utuh, aduk sampai bumbu menyerap.
  • Penyajian:
  • Siapkan daun pisang, rapikan tepinya lalu bersihkan dengan lap kain. Panaskan daun pisang di atas api kompor sebentar saja sampai permukaan lentur.
  • Taruh nasi di atas daun pisang lalu beri 2 sampai 3 sdm tumis cumi asin di atas nasi putih. Gulung perlahan dan padatkan ujung-ujung kanan dan kirinya menggunakan sendok. Lalu sisa daunnya putar dan masukkan ke dalam atau bisa juga tusukkan dengan lidi.
  • Bakar nasi di atas teflon sampai daun pisang kecoklatan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Nasi Bakar Tongkol

Cara Membuat Nasi Bakar TongkolCara Membuat Nasi Bakar Tongkol © Cookpad.com/bunda kiana khansa

Dilansir dari cookpad bunda Kiana memberikan resep inspirasi cara membuat nasi bakar tongkol buat kamu yang suka lembut dan meaty nya ikan tongkol

Bahan

  • 2-3 cup nasi
  • secukupnya Air
  • 1 santan kara 65 ml
  • 1 lembar daun salam
  • 1 lembar daun pandan
  • Sereh geprek
  • secukupnya Garam
  • 1 sdm margarin untuk menumis

Bumbu halus untuk nasi :

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm lengkuas geprek
  • Isian tongkol:
  • 100 gr tongkol yang sudah disuwir (saya beli yang sudah jadi)
  • 2 genggam kemangi yang sudah dicuci
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang daun bawang iris
  • 1 lengkuas geprek
  • 1/2 batang sereh geprek
  • 3-4 sdm Santan/air

Bumbu halus:

  • 4 buah cabe merah/sesuai selera
  • 1/2 cm kunyit bakar
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 sdt lada bubuk

Cara Membuat

  • Panaskan margarin,tumis bumbu halus yang untuk masak nasi,beri lengkuas geprek,tumis hingga harum,Sisihkan.
  • Cuci bersih beras,beri santan,air,daun salam,sereh,daun pandan,masukan bumbu tumisan,beri garam,masak di ricecooker seperti biasa.biarkan matang
  • Isian: panaskan 1 sdm margarin,masukan bumbu halus tumis hingga harum,masukan daun jeruk,daun salam,lengkuas sereh.aduk rata,beri gula,garam jika perlu,kaldu bubuk,aduk rata,beri sedikit santan/air,aduk sampai daging tongkol sedikit kering,lalu masukan daun bawang daun kemangi,masak hingga kemangi layu,angkat.
  • Ambil satu lembar daun,masukan beberapa sendok nasi,ratakan,isi dengan isian,tutup lagi dengan nasi,bungkus seperti membungkus lontong,lalu bakar hingga daun pembungkus sedikit gosong
  • Nasi bakar ikan tongkol kemangi siap disajikan

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Nasi Bakar Tuna

cara membuat nasi bakar tunacara membuat nasi bakar tuna © instagram.com/@astriepasaribu

Kalo kamu bosen sama nasi bakar yang gitu-gitu aja, coba deh resep nasi bakar dari  brilliofood (https://rasabunda.com/resep/resep-nasi-bakar-tuna-pedas/) ini. Terdapat cara membuat nasi bakar tuna yang tentunya menambah cita rasa ikan laut yang segar dan mantap!

Bahan

  • Nasi
  • Beras 3 cup
  • Garam 1 sdt
  • Serai geprek 1 batang
  • Daun salam 2 lembar
  • Daun jeruk 1 lembar
  • Santan 100 ml
  • Air secukupnya

Isian

  • Ikan tuna 300 gr
  • Serai geprek 1 batang
  • Daun jeruk sobek-sobek 1 lembar
  • Daun kemangi 1 genggam
  • Minyak secukupnya
  • Bumbu halus
  • Bawang merah 6 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Cabai merah 10 buah
  • Cabai rawit merah 5 buah
  • Garam ½ sdt
  • Kaldu bubuk ¼ sdt
  • Pembungkus
  • Daun pisang
  • Lidi 

Cara Membuat

  • Cuci bersih beras dan masukkan ke panci magic com. Masukkan sisa bahan nasi lainnya dan masak seperti memasak nasi pada umumnya. Aduk rata dan masak hingga matang
  • Lumuri ikan tuna dengan garam lalu kukus hingga matang. Goreng sebentar saja kemudian suwir-suwir
  • Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan serai dan daun jeruk.
  • Masukkan tuna yang sudah disuwir-suwir. Aduk rata. Bumbui dengan garam dan kaldu bubuk. Koreksi rasa, matikan api, dan taburi daun kemangi di atasnya
  • Siapkan daun pisang. Tata nasi kemudian beri isian tuna suwir, gulung dan padatkan. semat dengan lidi, lakukan hingga habis.
  • Bakar di teflon hingga wangi. Sajikan

Gimana Diazens? Mudah bukan cara membuat nasi bakar di atas? Pastinya dong! Selamat mencoba di rumah dan semoga bermanfaat!

Penulis: Akhiroel Mohammad Effendi

Beri Komentar