7 Tips agar Pisang Tidak Cepat Busuk, Dijamin Segar Tahan Lama

Reporter : Arifina
Kamis, 12 Oktober 2023 19:07
7 Tips agar Pisang Tidak Cepat Busuk, Dijamin Segar Tahan Lama
Jika buah pisang Anda cepat busuk setelah membelinya, berarti ada yang salah saat menyimpannya! Simak tips berikut yuk!

Tips agar pisang agar tidak cepat busuk bisa dijadikan acuan untuk membuat buah berwarna kuning ini tetap segar. Pisang merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki tekstur sangat lunak jika sudah matang, sehingga buah ini akan cepat lebih mudah busuk jika tidak benar saat menyimpannya.

Dilansir dari p2ptm.kemkes.go.id, mengkonsumsi pisang dapat mengatasi hipertensi pada tubuh. Buah lunak ini juga dapat mengatur keseimbangan cairan sehingga tekanan darah tetap stabil.

Kandungan karbohidrat dan vitamin A yang tinggi menjadikan buah pisang banyak manfaatnya untuk tubuh.  Seperti, membantu tubuh tetap bugar setiap waktu. Selain itu, pisang juga berkhasiat untuk mengatasi permasalahan kulit, mulai dari kulit kering, merawat kulit orang lanjut usia, sampai mengatasi jerawat.

1 dari 9 halaman

Tips agar Pisang Tidak Cepat Busuk © Diadona

Buah pisang dapat dinikmati dengan berbagai cara, seperti dimakan langsung, digoreng, dikukus, atau diolah menjadi hidangan lainnya. Namun, buah pisang akan cepat busuk jika saat membelinya sudah keadaan matang dan menyimpannya di tempat yang lembab dalam jangka waktu yang lama.

Hindari meletakkan buah pisang di tempat lembab yang berlebih. Karena dapat memicu tumbuhnya jamur yang mengakibatkan pembusukan. Jadi, usahakan untuk tidak menyimpan pisang yang sudah matang di tempat yang tidak terlalu lembab.

Nah, berikut ini beberapa tips supaya buah pisang tidak mudah busuk dan tetap segar. Yuk, simak!

2 dari 9 halaman

Pilih Pisang Setengah Matang

Saat membeli pisang, sebaiknya pilih buah yang masih setengah matang. Jika membeli pisang yang sudah matang lalu menyimpannya, maka akan cenderung cepat busuk.

Namun, jika pisang masih belum atau setengah matang akan lebih aman disimpan dalam jangka waktu yang lama untuk matang. Ciri buah pisang setengah matang dapat dilihat dari kulit buah yang masih berwarna hijau dengan sedikit bercak kuning pada sekitar batang.

Kemudian, pisang yang setengah matang memiliki daging buah yang tidak terlalu lunak saat diraba.

3 dari 9 halaman

Bungkus Batang Pisang Dengan Plastik atau Kresek

Tips agar Pisang Tidak Cepat Busuk © Diadona

Membungkus batang pisang dengan plastik atau kresek dapat membantu buah ini tidak cepat busuk dan tahan lama. Hal tersebut karena buah pisang melepas gas etilen yang dapat mempercepat proses pematangan dari bagian batangnya.

Caranya, bungkus masing-masing buah pisang dengan plastik atau kresek pada bagian atas atau batangnya. Dengan begitu, pisang dapat memperlambat buah pisang melepas etilen lebih jauh.

Setelah itu, taruh di tempat yang sekiranya tidak lembab atau tempat dalam suhu ruangan.

4 dari 9 halaman

Gantung-Gantung Buah Pisang

Cara selanjutnya yang dapat memperlambat buah pisang membusuk adalah dengan menggantungnya. Cara ini dapat membuat kandungan gas pada buah pisang memperlambat pembusukan.

Sehingga pisang akan tetap segar dan lebih tahan lama. Selain itu, cara ini sangat efektif untuk mencegah bercak hitam yang membuat gas etilen pada buah pisang tidak berkumpul di satu titik pada sekitar buah pisang.

Cukup gantungkan buah pisang pada posisi atau tempat yang sekiranya terkena angin cukup banyak. Maka, kamu bisa mendapati buah yang awet dan segar.

5 dari 9 halaman

Hindari Tempat Lembab

Ilustrasi Pisang © Diadona

Buah pisang akan cepat busuk jika ditaruh di tempat yang lembab. Hal itu karena tekstur buah pisang yang sudah matang itu lunak, sehingga jika ditaruh ditempat yang lembab, akan semakin mudah untuk membusuk.

Oleh karena itu, simpan buah pisang pada suhu kamar atau dengan suhu sekitar 20-25 derajat celcius. Jangan untuk meletakkan buah pisang di dekat jendela yang langsung terpapar sinar matahari, karena akan lebih cepat untuk proses pematangannya.

6 dari 9 halaman

Simpan di Kulkas atau Lemari Es

Lebih baiknya lagi jika buah pisang yang sudah matang disimpan pada lemari es atau kulkas. Suhu di dalam kulkas akan membantu memperlambat buah pisang untuk proses pematangannya.

Selain itu, jika buah pisang disimpan dalam lemari es  akan tetap segar dan tahan lama. Kulit pisang mungkin akan mengalami perubahan warna menjadi coklat, akan tetapi bagian buah atau bagian dalam buah pisang akan tetap segar saat akan dinikmati.

7 dari 9 halaman

Simpan di Wadah Tertutup

Tips agar Pisang Tidak Cepat Busuk © Diadona

Buah pisang yang sudah dipotong dan akan disimpan terlebih dahulu, sebaiknya simpan dalam wadah yang kedap udara atau tertutup. Cara ini agar tidak ada udara yang masuk ke dalam wadah yang dapat membuat buah pisang yang sudah dipotong-potong cepat busuk.

Berilah sedikit perasan jeruk nipis, air, atau nanas yang dapat membantu menjaga kesegaran buah pisang lebih lama saat disimpan di wadah yang tertutup. Karena larutan asam pada jeruk nipis atau yang lainnya membantu memperlambat oksidasi pada buah.

Setelah itu, tetap masukkan buah pisang di wadah yang tertutup dalam kulkas atau lemari es agar tetap segar jika akan diolah dan dinikmati untuk menjadi salad buah yang sehat dan lezat.

8 dari 9 halaman

Pisahkan dari Buah Lainnya

Pisang mengeluarkan gas etilen yang dapat mempercepat pematangan buah-buahan lainnya. Jadi, hindari menyimpan pisang bersama buah lainnya ya!

Cara ini tak hny membuat pisang tahan lama dan segar, tapi juga menghindarkan buah lainnya terkontaminasi yang menyebabkan pembusukan bersamaan.

Itulah beberapa tips agar buah pisang tidak cepat busuk, Kamu kini tak perlu khawatir jika harus menyimpan buah pisang lebih lama. Semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar