7 Tips Memilih Pepaya yang Manis, Buah Pencuci Mulut yang Segar dan Lezat

Reporter : Arifina
Rabu, 24 Mei 2023 17:07
7 Tips Memilih Pepaya yang Manis, Buah Pencuci Mulut yang Segar dan Lezat
Ini nih tips agar tak salah memilih buah pepaya!

Pepaya menjadi salah satu buah yang cukup banyak digemari masyarakat Tanah Air. Buah berwarna oranye ini memiliki rasa yang manis, segar, dan  sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Di dalam buah pepaya  mengandung vitamin A, rendah lemak, mengandung zat besi, fosfor, kalium, protein, dan karbohidrat. Daging pepaya dipercaya dapat membantu memperlancar pencernaan, lho!

Namun, untuk mendapatkan buah pepaya yang manis dan segar harus pintar-pintar dalam memilihnya. Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips memilih pepaya yang manis. Simak yuk!

1 dari 7 halaman

Kenali Warnanya

Tips Memilih Pepaya yang Manis © Diadona

Hindari memilih pepaya yang masih hijau atau terlalu pucat, karena kemungkinan besar masih belum matang sepenuhnya. Pepaya yang sudah matang memiliki kulit yang berwarna kuning hingga jingga kemerahan.

Kamu juga bisa memilih pepaya yang memiliki bintik-bintik kecoklatan pada kulitnya. Ini juga salah satu tanda buah pepaya telah mencapai tingkat kematangan yang baik.

2 dari 7 halaman

Pilih dari Tekstur yang Tepat

Tips Memilih Pepaya yang Manis © Diadona

Memastikan rasa manis dan matang buah pepaya kamu bisa memperhatikan tekstur dari buah tersebut. Saat menekan pepaya dengan ujung jari akan terasa empuk, maka dipastikan itu sudah matang.

Jika pepaya terasa terlalu keras, maka kemungkinan besar belum matang. Hindari juga pepaya yang terlalu lembek atau lunak, karena itu bisa menjadi tanda pepaya yang terlalu matang atau bahkan mulai membusuk.

3 dari 7 halaman

Perhatikan Kualitas Kulit Pepaya

pepaya © Diadona

Selain dari warna dan tekstur, kamu juga harus memperhatikan kondisi kulit luar pepaya. Dari situ akan diketahui pepaya berkualitas baik atau tidak.

Jangan memilih pepaya yang kondisi kulitnya tidak halus. Buah pepaya yang segar dan memiliki ras manis adalah yang bebas dari memar dan sayatan pada kulitnya.

4 dari 7 halaman

Lihat Bagian Dasar Buah Pepaya

Tips Memilih Pepaya yang Manis © Diadona

Memastikan rasa manis pada buah pepaya juga bisa dilihat dari bagian dasar buahnya. Jika berwarna kekuningan, bisa dipastikan kematangan pepaya sudah merata.

Namun, jika dasar buahnya masih berwarna hijau, bisa jadi tingkat kematangan pepaya hanya sebagian saja.

5 dari 7 halaman

Periksa Aroma Pepaya

Tips Memilih Pepaya yang Manis © Diadona

Bau pepaya yang matang dan manis biasanya sangat khas dan menarik. Jika pepaya memiliki aroma wangi khas buah yang kuat dan segar, itu adalah indikator buah tersebut matang sempurna.

Jika tidak memiliki aroma, bisa jadi pepaya masih belum matang. Hindari memilih pepaya dengan aroma menyengat, sebab kemungkinan buah ini terlalu matang dan hampir busuk.

6 dari 7 halaman

Pastikan Tangkai Buah Pepaya Masih Segar

Tips Memilih Pepaya yang Manis © Diadona

Cara lain memastikan pepaya terasa manis dan segar adalah dengan memastikan bagian tangkainya. Jika terlihat masih segar maka itu yang harus kamu pilih.

Hal itu juga memengaruhi tingkat rasa dari buahnya, lho! Hindari memilih tangkai buah yang layu, sebab itu menandakan pepaya sudah terlalu lama disimpan.

7 dari 7 halaman

Simpan di Suhu Ruang

Ilustrasi Pepaya © Diadona

Jika kamu membeli buah pepaya yang belum matang sempurna, kamu tetap bisa mendapatkan rasa yang manis. Caranya, simpan di suhu ruang di tempat yang gelap.

Nantikan dalam 1-3 hari agar mendapati pepaya dengan tingkat kematangan sempurna. Dengan begitu kamu tetap bisa memakan buah pepaya yang manis dan segar.

Itulah sederet tips memilih pepaya yang manis. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar