9 Tips Menyimpan Buah Agar Segar Tahan Lama dan Tidak Cepat Busuk, Tak Selalu Pakai Kulkas lho!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 24 November 2022 10:47
9 Tips Menyimpan Buah Agar Segar Tahan Lama dan Tidak Cepat Busuk, Tak Selalu Pakai Kulkas lho!
Beberapa buah malah tak boleh disimpan di dalam kulkas lho untuk membuatnya segar tahan lama

Karena manfaatnya yang tinggi buat kesehatan, WHO menyarankan kita untuk mengkonsumsi setidaknya 150 gram buah per hari. Sebagian besar orang membeli buah dalam jumlah yang cukup untuk beberapa hari dan menyimpannya. Namun tak jarang nih karena salah tempat dan metodenya, buah jadi cepat matang, busuk lalu hanya berakhir di tempat sampah.

Tak semua buah bisa disimpan di kulkas. Bahkan ada nih jenis buah yang tak boleh didekatkan dengan jenis buah lainnya karena bisa membuat matang lebih cepat. Gas etilen yang dilepaskan oleh buah matang akan diserap oleh buah mentah dan mempercepat proses pematanganya.

Proses ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan kematangan yang cepat pada buah lain atau justru akan membuat buah yang sudah matang jadi lebih cepat busuk bila saling didekatkan. Tempatkan apel, pisang dan tomat saling berjauhan karena ketiganya merupakan penghasil gas etilen yang berat. Ditambah juga pisahkan buah matang dengan yang lainnya dan jauhkan buah tersebut dari sayur-sayuran ya!

Cari tahu tip menyimpan buah agar segar tahan lama di artikel berikut ini.

1 dari 9 halaman

Anggur

Kulkas adalah Tempat Terbaik untuk Menyimpan Anggur Agar Tahan Lama © Diadona

Kulkas adalah tempat terbaik untuk menyimpan anggur sebab buah ini tumbuh di suhu dan kelembaban tersebut. Jadi untuk tips menyimpan buah ini agar tetap segar tahan lama, tempatkan anggur di dekat bagain belakang lemari es yang merupakan tempat terdingin. Tapi karena anggur bissa menyerap buah, jauhkan dari bahan makanan seperti ikan atau bawang ya!

Simpan anggur tanpa dicuci karena kelebihan air akan mempercepat proses pembusukan. Trus nih anggur membutuhkan sedikit ruang untuk bertahan selama mungkin. Ketika anggur dimasukkan ke dalam wadah kedap udara maka ini akan menciptakan kelembaban yang pada akhirnya bisa mempercepat pembusukan. Jdi gunakan wadah tanpa tutup untuk menyimpan anggur di kulkas.

2 dari 9 halaman

Avokad

Ilustrasi Buah Avokad © Diadona

Biarkan alpukat hijau dan mentah untuk matang sendiri di atas meja. Untuk mempercepat prosesnya, masukkan alpukat ke dalam kantong kertas berisi apel. Begitu matang, simpan avokad di lemari es. Setelah dipotong, simpan bijinya dan gosok dengan lemon atau minyak untuk mengurangi kecoklatan. Sementara itu buah seperti anggur, jeruk dan buah beri hanya akan rusak bila disimpan seperti demikian sehingga harus dimasukkan dalam kulkas.

 

3 dari 9 halaman

Apel

Untuk Mencegah Pencoklatan, Simpan Apel dengan Mengoleskannya Menggunakan Air Lemon © Diadona

Sering banget kan melihat irisan apel yang jadi berwarna coklat. Itu disebut dengan reaksi pencoklatan enzimatis, terjadi ketika buah apel terpapar oleh oksigen dan bukan merupakan sesuatu yang berbahaya. Untuk meminimalisirnya, kamu bisa mengolesi daging buah yang sudah dipotong dengan menggunakan air perasan lemon.

4 dari 9 halaman

Buah Berri

Agar Tahan Lama, Cuci Buah Beri dengan Cuka Lalu Keringka © Diadona

Cuci buah beri dengan larutan air cuka trus keringkan sepenuhnya dengan bantuan tisue atau serbet bersih. Selanjutnya, simpan di wadah yang sudah dialasi dan biarkan tutupnya sedikit terbuka untuk memungkinkan sirkulasi udara. Air cuka akan menurunkan pH permukaan buah sehingga membantu menghambat perkembangan bakteri dan spora

5 dari 9 halaman

Mangga

Cara Menyimpan Buah Mangga Agar Segar Tahan Lama © Diadona

Setelah matang dan lunak di suhu ruang, masukkan mangga ke dalam kulkas untuk menjaganya tetap segar dan meminimalkan pembusukan.

6 dari 9 halaman

Melon

Tips Menyimpan Melon Agar Segar Tahan Lama © Diadona

Setelah dipetik, buah melon masih akan terus mengalami proses pematangan. Selama proses ini jangan tempatkan melon di kulkas karena akan membuatnya daging buahnya jadi kering dan berserat.

Setelah melon dipotong, tips menjaga buah ini tetap segar yaitu tutup bagian yang terbuka dengan menggunakan plastik untuk mencegah melon menyerap rasa dan aroma dan bahan lain yang ada di kulkas kamu. kalau memungkinkan sih potong seluruh melon dan simpan dalam wadah sehingga kamu bisa langsung menyantapkan kapan saja.

7 dari 9 halaman

Pear

Tips Menyimpan Buah Pear Agar Segar Tahan Lama © Diadona

Membiarkan pir matang sepenuhnya di atas meja pada suhu kamar akan memberikan rasa dan tekstur terbaik. Kemudian tempatkan di kulkas untuk membuatnya tetap segar dan mmeperpanjang umur simpannay sampai satu minggu.

Ingin pear matang lebih cepat? masukkan ke dalam kantong kertas tertutup di atas meja.

8 dari 9 halaman

Pisang

Cara Menyimpan Buah Pisang © Diadona

Salah satu masalah yang sering kita alami ketika menyimpan buah pisang adalah buah-buahan ini matang dengan sangat cepat. Nah, Mimin punya tips mengatasinya sekaligus sebagai cara menyimpan pisang agar tetap segar.

Caranya yaitu dengan menjauhnya pisang dari buah-buahan lain. Agar pisang tidak cepat kecokelatan, pisahkan tandannya untuk memastikan pisang terken aliran udara yang baik.

Seperti banyak buah lainnya, pisang mengeluarkan gas etilen, yang mempercepat pematangan jadi jauhkan pisang dari buah lainnya ya!

9 dari 9 halaman

Semangka

Agar Segar Tahan Lama, Simpan Semangka di Kulkas © Diadona

Tak seperti melon, proses pematangan semangka akan berhenti setelah dipetik. Makanya begitu kamu mendapatkannya dari pasar, segera simpan di kulkas untuk membuatnya tetap segarya!

Semangka utuh dapat bertahan di lemari es hingga beberapa minggu, tetapi setelah dipotong, cobalah untuk mengkonsumsinya dalam waktu 3 hari.

Pastikan untuk menyimpan sayuran dan buah dengan cara yang tepat sehingga tidak terbuang sia-sia ya!

Beri Komentar