9 Tips Membuat Bubur Nasi Cepat, Lembut dan Enak Tanpa Makan Waktu

Reporter : Arifina
Rabu, 2 Agustus 2023 19:07
9 Tips Membuat Bubur Nasi Cepat, Lembut dan Enak Tanpa Makan Waktu
Buat bubur nasi dengan cepat tanpa makan waktu, simak yang berikut yuk!

Bubur nasi menjadi salah satu pilihan menu sarapan yang banyak digemari. Cita rasanya yang lezat dengan tekstur lembut membuat bubur nasi juga digunakan untuk makan orang yang sedang sakit. Resep bubur nasi dibuat dengan cara merebus beras dalam waktu yang lama hingga lembut.

Beragam cara dihadirkan untuk bisa memberikan cita rasa tersendiri pada hidangan bubur nasi. Hal itu bergantung cara penyajiannya, seperti memberi toping dan kuah. Mulai dari ayam, kacang, sayuran dan masih banyak lainnya.

1 dari 10 halaman

Tips Membuat Bubur Nasi Cepat © Diadona

Selain membeli di sejumlah tempat, bubur nasi bisa dibuat sendiri di rumah lho! Caranya pun sebenarnya mudah, jika kamu mengetahui triknya.

Bahkan, hanya dalam hitungan menit kamu sudah bisa mendapatkan bubur nasi yang lembut dan lezat. Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips membuat bubur nasi cepat, seperti apa? Simak yuk!

2 dari 10 halaman

Cuci Beras Hingga Bersih

Untuk membuat bubur nasi, bahan utama yang dibutuhkan adalah beras. Sebelum mulai memasaknya, pastikan kamu mencuci beras hingga benar-benar bersih.

Cuci beras di sebuah wadah dengan air mengalir dan membuangnya. Lakukan setidaknya 3 kali, dan tiriskan ya!

3 dari 10 halaman

Rendam Beras

Sebelum memulai proses memasak, sebaiknya rendam beras terlebih dulu selama beberapa jam. Cara ini akan membantu proses penyerapan air pada beras, sehingga teksturnya akan lebih cepat lunak dan menjadi bubur.

Selain itu, merendam beras terlebih dahulu sebelum dimasak justru akan meningkatkan kadar nutrisi pada nasi lho!

4 dari 10 halaman

Perhatikan Proses Perebusan

Ilustrasi Bubur Nasi untuk Orang Sakit © Diadona

Kamu bisa menyiapkan air biasa atau kaldu untuk proses merebus beras menjadi bubur nasi. Pastikan beras dimasukkan ke dalam panci saat air atau kaldu sudah mendidih ya!

Sebab, jika belum mendidih akan membuat bubur nasi jadi encer dan mudah berair saat dingin.

5 dari 10 halaman

Masak dengan Api Kecil

Hati-hati saat proses memasak bubur, pastikan kamu hanya menggunakan api kecil ya! Memasak bubur dengan api besar bukan menjadikan makin cepat matang, tapi akan membuat bubur menggumpal dan bisa gosong.

Sedangkan, memasak bubur nasi dengan api kecil akan menjadikan hidangan matang sempurna. Tambahkan 1 sampai 2 lembar daun salam dan bumbu-bumbu penyedap agar aroma bubur nasi lebih menggoda.

6 dari 10 halaman

Aduk Secara Terus Menerus

Memasak bubur nasi harus dilakukan dengan pengadukan secara terus menerus. Hal ini agar hasil bubur tidak menggumpal dan lembut.

Selain itu, mengaduk saat memasak bubur nasi akan menjadikan kaldu dan bumbu lainnya tercampur rata.

7 dari 10 halaman

Diamkan Pada Panci Tertutup Selama 30 Menit

Ilustrasi Bubur Nasi Sajian Cepat © Diadona

Setelah matang, jangan langsung menyajikan bubur nasi. Namun, diamkan dulu dalam panci tertutup selama 30 menit.

Hal ini agar bubur tetap lembut dan tidak gosong. Baru setelah itu sajikan dengan toping yang diinginkan ya!

8 dari 10 halaman

Masukkan Beras dalam Plastik Berisi Air

Ini adalah cara cepat lainnya yang bisa kamu terapkan untuk membuat bubur nasi. Setelah mencuci beras dengan bersih, masukkan ke dalam plastik berisi air dan simpan dalam kulkas.

Setelah dirasa dingin, masukkan ke dalam panci untuk masak bubur. Hanya butuh 7 menit, maka bubur nasi akan matang sempurna.

Metode ini dinamakan dengan metode 5-30-7 dan biasa dilakukan untuk membuat hidangan cepat matang dan empuk, mulai dari untuk merebus daging, merebus ceker, merebus kacang hijau dan masih banyak lainnya.

9 dari 10 halaman

Blender Nasi

Tips lainnya yang bisa dilakukan yakni memasak bubur nasi dari nasi yang sudah matang nih! Caranya mudah, blender nasi bersama air hingga benar-benar hancur.

Selanjutnya, masak nasi dengan air mendidih dengan api kecil hingga teksturnya lunak menjadi bubur.

10 dari 10 halaman

Gunakan Slow Cooker

Tips Membuat Bubur Nasi Cepat © Diadona

Ingin lebih cepat dan tanpa ribet, kamu hanya perlu menggunakan slow cooker saat memasak bubur nasi. Masukkan semua bahan, mulai dari beras, air, daun salam, daging ayam dan bumbu lainnya di malam hari sebelum tidur.

Lalu masak dengan temperatur rendah, di pagi harinya bubur langsung siap disantap tanpa perlu mengaduk selama proses memasak. Simpel banget ya!

Itulah tips membuat bubur nasi cepat anti ribet, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar