8 Tips Masak Daging Empuk Tanpa Presto, Hemat Waktu dan Gas

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 30 Januari 2023 10:35
8 Tips Masak Daging Empuk Tanpa Presto, Hemat Waktu dan Gas
Di antara tips masak daging empuk tanpa presto yakni dengan penambahan bahan-bahan tertentu yang menguraikan protein daging hingga teknik memotong dan memukul daging.

Walau tanpa presto, kamu tetep bisa lho memasak daging hingga empuk dengan waktu yang singkat. Dengan tekstur daging yang empuk, bumbu masakan jadi lebih meresap dan lebih nikmat disantap. Cukup dengan teknik dan bahan pengempuk sederhana, daging bisa empuk dengan cepat tak memerlukan waktu lama.

Seluruh tips masak daging empuk tanpa presto di atas nggak perlu kamu lakukan secara berlebihan, karena justru bisa bikin daging jadi hancur. Cukup gunakan sedikit bahan pengempuk atau proses selama waktu yang ditentukan. Selain tips masak daging empuk tanpa presto, penting juga nih buat memiih bagian daging yang tepat. Jangan lupa juga sesuaikan dengan jenis hidangan yang akan kamu masak ya!

1 dari 3 halaman

Tips Masak Daging Empuk Tanpa Presto © Diadona

Nanas Parut

Udah jadi pengetahuan umum bahwa parutan nana s adalah tips masak daging empuk tanpa presto. Ini karena nanas mengandung enzim bromelin yang dapat memutuskan ikatan peptida pada protein dalam ukuran lebih kecil.

Bila digunakan secara tepat, nanas bisa mengempukkan daging tanpa mengubah kandungan nutrisinya. Cara menggunakannya cukup mudah kok, yakni balurkan daging ke parutan nanas dalam suhu ruang selama 15 sampai 30 menit saja. Hindari pengguaan suhu tiggi lebih dari 70 derajat celcius karena bisa bikin enzim pengempuk daging tersebut rusak. Selain itu jangan terlalu lama karena bisa membuat daging hancur.

Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang bisa berfungsi untuk mengempukkan daging. Sama halnya seperti enzim bromelin pada nanas, enzim papain dapat memecah atau menghancurkan rantai protein daging sehingga daging akan menjadi lunak atau empuk. Selain dengan penambahan papain, keempukan daging juga dipengaruhi oleh bangsa ternak dan teknik memasak.

2 dari 3 halaman

Tips Masak Daging Empuk Tanpa Presto © Diadona

Pukul-Pukul Daging

Agar daging empuk, pukul-pukul dengan menggunakan meat hammer. Kamu bisa menggantinya dengan memukul menggunakan ulekan.

Namun kalau kamu sering memasak daging nih, sisihkan budet untuk membeli meat hammer ya! Meat hammer lebih disarankan karena memiliki bagian bergerigi yang membuat daging tidak mudah hancur.

Potong Berlawan dengan Serat

Memotong daging berlawanan dengan serat bertujuan agar serat daging lebih pendek. Dengan serat pendek tersebut, daging akan lebih mudah dikunyah.

Bahan Pengempuk Daging

Nggak pengen ribet? Tambakan bahan pengempuk daging yang bisa kamu dapatkan di tokobahan makanan. Bahan pengempuk daging ini mengandung komponen seperti enzim papain dan bromelin yang memutus ikatan protein, sehingga daging jadi lebih empuk. Gunakan sesuai dengan petunjuk keamanannya ya!

3 dari 3 halaman

Cara Memasak Daging Biar Empuk © Diadona

Gunakan Metode 5-30-7

Tak ada kedua bahan tersebut? Tenang aja, masih ada kok tip masak daging empuk tanpa presto tapi tetap hemat gas, caranya yakni dengan metode 5-30-7

Caranya yakni dengan merebus daging dengan panci tertutup sampai air mendidih, selama 5 menit. Selanjutnya diamkan daging selama 30 menit di panci tertutup lalu hidupkan kembali kompor selama 30 menit. Matikan lagi kompor dan diamkan selama 7 menit.

Diadona nggak nemuin penjelasan ilmia mengenai tips masak daging empuk tersebut, namun kemungkinan nih proses selama 30 menit di mana daging dibiarkan dalam air mendidih dalam panci yang tertutup juga merupakan proses memasak secara slow. Cara ini selain praktis juga hemat gas, cocok untuk olahan daging rebus.

Soda Kue

Merendam daging sebentar dalam larutan soda kue dan air dapat meningkatkan pH pada permukaan daging. Akibatnya, protein daging jadi sulit berikatan. Daging akan tetap empuk dan lembab saat dimasak.

Caranya gampang banget. Ambil 1/4 sdt soda kue untuk satu kilo daging giling lalu diamkan elama kurang lebih 15 menit saja. Selanjutnya daging akan tetap terasa juicy dan empuk setelah dimasak.

Jangan Tambahkan Garam Ketika Proses Perebusan

Merebus daging bisa ditambah dengan bumbu aromatik seperti sereh, daun salam, dan masih banyak lagi. Namun hindari penggunaan garam. Sebab garam bertujuan untuk mengikat protein dan membuat daging lebih lama matang.

Bila kamu ingin membumbuinya dengan dengan garam, tambahkan ketika daging sudah mulai empuk.

Menurut kamu, tips masak daging empuk tanpa presto mana nih yang paling mudah?

Beri Komentar