17 Resep Bistik Daging yang Empuk, Sederhana dan Lezat untuk Menu Sehari-hari

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 22 September 2022 19:24
17 Resep Bistik Daging yang Empuk, Sederhana dan Lezat untuk Menu Sehari-hari
Resep bistik daging ini bisa jadi inspirasi kamu biar nggak masak daging yang itu-itu aj

Bistik dikenal juga sebagai hidangan steak ala Indonesia. Resep bistik daging yang lezat biasanya tergantung pada tekstur daging dan juga sausnya yang lezat. Dagingnya lembut dengan bumbu saus legit yang menggoda selera. 

Saus yang lezat pada resep bistik daging ini dibuat dari racikan kecap dan berbagai jenis saus seperti saus inggris, saus tomat, saus tiram hingga saus sambal. Rasanya juga makin nikmat bila ditambah dengan aneka bumbu rempah khas Indonesia. Pembuatannya juga gampang kok, cocok untuk kamu yang bosan dengan olahan daging yang itu-itu saja.

 

1 dari 17 halaman

Resep Bistik Daging Empuk

Resep Bistik Daging EmpukResep Bistik Daging Empuk © cookpad.com/verlina

Rebus daging adalah kunci menghasilkan bistik daging yang empuk

Bahan :

  • 500 gram daging sapi
  • 3 butir bawang putih, geprek
  • 3 sdm kecap inggris
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap asin, optional
  • 4 sdm saus cabe
  • 5 sdm kecap manis
  • Secukupnya gula merah
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 bawang bombay
  • Minyak wijen secukupnya

Bumbu halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 6 butir bawang putih
  • 1 sdt lada hitam, boleh diganti dengan lada putih
  • 1/4 biji pala
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat :

  • Cuci daging sampai bèrsih lalu rebus dengan bawang putih sampai empuk lalu potong sesuai selera
  • Iris bawang bombai, bagi dua untuk bagian yang terakhir.
  • Iris juga gula merahnya
  • Tumis 1/2 bagian bawang bombay sampai harum, masukan bumbu halus aduk sampai harum, lalu masukan cabe, daging, kecap asin aduk-aduk dan tambahkan sedikit air lalu masukan kecap-kecapan dan saus tiram.
  • Tambahkan garam, gula pasir, gula merah, penyedap dan aduk lagi trus tambah segelas air.
  • Masak sampai menyusut, koreksi rasa dan masukkan setengah bagian bawang bombay tadi
  • Sajikan

2 dari 17 halaman

Resep Bistik Daging Bola-Bola

Resep Bistik Daging Bola-bolaResep Bistik Daging Bola-bola © Cookpad.com/Icha Ramdhanis

Berbentuk bola-bola, resep bistik daging sapi ini cocok banget buat menu anak-anak.

Bahan :

  • Mentega untuk tumis
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 1/2 buat tomat, potong-potong
  • secukupnya air
  • secukupnya pala bubuk
  • secukupnya lada putih bubuk
  • secukupnya garam, gula dan kaldu jamur
  • Sedikit kecap asin
  • 1 sdm saus tiram
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdt saus sambal

Sayuran

  • 1 buah wortel ukuran sedang
  • 1 buah kentang

Bola daging

  • 250 gram daging sapi cincang
  • 1 buah telur
  • 2 sdm tepung roti 
  • 1 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdt pala bubuk
  • 1/2 sdt lada putih
  • 1/2 sdt kecap asin
  • 1 sdm saus tiram

Langkah

  • Buat bola daging: masukan semua bahan dalam chopper supaya teraduk. Lalu buat bola-bola daging ukuran sesuai selera.
  • Rebus sebentar bola daging di air mendidih. Setelah matang, goreng dengan api kecil agar luarnya garing.
  • Untuk sayurannya, boleh diganti atau ditambah buncis, brokoli dll. Potong memanjang sayuran, lalu rebus sebentar. Tambahkan sedikit mentega. Setelah agak empuk, tiriskan dan sisihkan.
  • Iris bawang merah, bawang putih dan bawang bombay. Tumis sampai harum.
  • Tambahkan air, tambah kecap manis, saus tiram, kecap asin, saus sambal dan saus tomat. Masukkan juga pala bubuk, lada bubuk, gula, garam, kaldu jamur secukupnya.
  • Masukkan tomat yang sudah dipotong-potong. Aduk sampai tercampur.
  • Kecilkan api, masukkan bola daging yang sudah digoreng, aduk-aduk dan diamkan sebentar supaya bumbunya meresap.
  • Terakhir masukkan sayuran yang sudah ditiriskan. Aduk jangan lupa koreksi rasa.

3 dari 17 halaman

Resep Bistik Daging Sapi Sederhana

Resep Bistik Daging Sapi SederhanaResep Bistik Daging Sapi Sederhana © cookpad.com/Bunda Pashalenko

Bahan : 

  • 500 gr daging sapi khas dalam, potong-potong. Bersihkan
  • 2 buah tomat potong kasar
  • 5 sdm saus tomat
  • 5 sdm Kecap manis
  • 2 sdm margarine untuk menumis
  • 3 buah kentang rebus

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 1/4 sdt pala
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk

Cara membuat :

  • Tumis bumbu halus hingga harum. Masukan daging. Masak hingga daging berubah warna.
  • Masukan tomat yang di potong kasar, saus tomat dan kecap manis. Aduk rata. Koreksi rasanya. Tidak perlu di beri air ya, karena daging dan tomat sudah mengeluarkan air sendiri. Masak hingga daging empuk.
  • Masukan kentang rebus. Masak hingga daging empuk, bumbu meresap dan kuah menyusut. Koreksi rasanya. Angkat dan siap dihidangkan.

4 dari 17 halaman

Resep Bistik Daging Berempah

Resep Bistik Daging BerempahResep Bistik Daging Berempah © Instagram/@resepmasakaanrumah

Resep bistik daging ini menggunakan rempah-rempah khas yang membuat rasanya jadi super enak!

Bahan:

  • 1/2 kg daging has sapi
  • 1 sdm gula merah
  • 2 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • 600 ml kaldu sapi
  • 1/2 butir bawang bombay, iris
  • 1 batang daun bawang, iris
  • Air untuk merebus secukupnya
  • 4 sdm minyak untuk menumis
  • Bawang merah goreng untuk taburan secukupnya

Bumbu halus:

  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt merica butiran
  • Seruas jahe
  • 1/4 biji biji pala

Rempah-rempah:

  • 1 buah bunga lawang
  • 3 cm kayu manis
  • 2 buah kapulaga
  • 3 butir cengkeh

Cara membuat:

  • Cuci bersih daging, potong-potong sesuai selera. Rebus hingga daging matang.
  • Sisakan air rebusannya, saring dan ambil 600 ml air kaldunya.
  • Tumis bumbu halus hingga beraroma harum, masukkan rempah-rempah, aduk-aduk hingga semua bumbunya matang.
  • Masukkan daging yang telah direbus, air kaldu, gula merah, kecap manis, garam, dan gula pasir. Masak hingga mendidih dan dan kuah meresap.
  • Masukkan bawang bombay dan daun bawang, aduk-aduk hingga layu. Sesuaikan rasanya.
  • Ketika kuah sudah mulai mengental, angkat. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng.

5 dari 17 halaman

Resep Bistik Daging Sapi Cincang

Resep Bistik Daging Sapi CincangResep Bistik Daging Sapi Cincang © cookpad.com/Tintin Rayner

Bahan :

  • 500 gr daging cincang, bisa dicampur dengan daging ayam ya
  • 1 butir bawang bombay cincang halus
  • 2 sdt bawang merah goreng
  • 4 sdm tepung roti halus
  • 1 butir telur
  • 2 sdm susu bubuk
  • sesuai selera garam
  • sesuai selera gula pasir
  • sesuai selera pala
  • sesuai selera lada
  • sesuai selera kecap

bahan saus:

  • 1 sdm margarin untuk menumis
  • 4 butir bawang merah haluskan
  • 1 butir bawang bombay kecil,potong2
  • 500 ml air kaldu
  • 2-3 sdm saus tomat pilih yg merah lebi cantik
  • 1 sdt kecap manis/sesuai selera
  • 1 sdt saus inggris
  • sesuai selera garam,
  • sesuai selera pala
  • sesuai selera merica
  • sesuai selera gula pasir
  • larutan air+maizena sebagai pengental

Cara membuat :

  • Campur daging dan semua bahan bistik, ratakan, pipihkan dengan ukuran sesuai selera
  • Panaskan margarin, goreng daging, balik 1x aja sampai semua sisinya matang lalu tiriskan
  • Membuat saus : tumis margarin dan bawang-bawangan, masukkan air kaldu dan beri semua bumbu koreksi rasa. Terakhir masukkan tepung maizena yang telah diencerkan.

6 dari 17 halaman

Resep Bistik Daging Jawa

Resep Bistik Daging JawaResep Bistik Daging Jawa © cookpad.com/Seruni Puspa Indah

Bagaimana resep bistik daging Jawa yang medhok banget?

Bahan :

  • 1 kg daging sapi
  • 1 bawang bombay
  • 16 siung bawang merah
  • 1 buah biji pala
  • 3 buah tomat
  • 2 batang kecil kayu manis
  • 6 sdm kecap manis
  • 8 butir telur rebus
  • secukupnya garam, gula pasir, kaldu jamur dan merica bubuk
  • secukupnya bawang merah goreng
  • 1500 ml air
  • secukupnya minyak goreng untuk menumis
  • Pelengkap:
  • kentang goreng
  • wortel rebus
  • buncis rebus
  • buah tomat merah

Cara membuat :

  • Cuci daging sapi, lalu tusuk tusuk dengan garpu lalu kemudian potong potong daging sapinya dan sisihkan
  • Iris iris bawang merah, tomat dan bawang bombay. Haluskan biji pala.
  • Panaskan minyak dalam wajan, lalu tumis bawang merahnya sampai cukup harum lalu masukkan biji pala yang sudah dihaluskan dan kayu manis lalu aduk aduk rata, masak sampai bawang merah harum
  • Selanjutnya masukkan potongan daging, aduk aduk rata.
  • Setelah daging berubah warna, masukkan iris irisan tomatnya, aduk rata kembali lalu masukkan kecap manis.
  • Tambahkan air dan setelah airnya mendidih kecilkan api kompor. Tutup wajan agar daging cepat empuk. 
  • Beri garam, gula pasir, merica bubuk dan kaldu jamur, aduk rata dan cek rasanya.
  • Selanjutnya masukkan telur rebus, bawang merah goreng serta irisan bawang bombay, masak sebentar sampai airnya hampir menyusut.

7 dari 17 halaman

Resep Bistik Daging Sumenep

Resep Bistik Daging Sapi SumenepResep Bistik Daging Sapi Sumenep © Instagram/@dbas.foodstory

Resep bistik daging dari Sumenep ini ditambah dengan terasi Madura. Penasaran seperti apa rasanya?

Bahan:

  • 500 gr daging sapi has dalam, potong tipis bagi 6 bagian, pukul-pukul daging dengan alat pemukul daging bistik
  • Air secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Garam, gula secukupnya
  • Bawang merah goreng secukupnya

Bumbu halus (ulek halus):

  • 5 siung bawang putih besar
  • 1/4 buah pala
  • 1 sdt merica butir
  • 1 sdt terasi madura
  • 5 butir kemiri
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm kecap manis

Cara membuat:

  • Marinasi daging sapi dengan bumbu halus. Diamkan sebentar.
  • Siapkan wajan dan minyak goreng secukupnya, panaskan lalu goreng satu per satu irisan daging sapi sampai setengah matang saja. Angkat.
  • Tumis sisa bumbu halus marinasi di wajan yang sama sampai wangi, masukkan irisan daging tadi, beri sedikit air dan kecap manis. Tambahkan sedikit garam dan gula pasir secukupnya sambil koreksi rasa. Kecap manis bisa ditambahkan lagi sesuai selera asal jangan terlalu hitam. Beri bawang merah goreng. Masak sampai matang dan mendidih.

8 dari 17 halaman

Resep Bistik Daging Sapi Goreng Tepung

Resep Bistik Daging Goreng TepungResep Bistik Daging Goreng Tepung © Instagram/@hartatirtifena

Di resep bistik daging yang ini, daging digoreng dengan lapisan tepung nih.

Bahan:

  • 350 gr daging has dalam potong-potong lebar agak tipis
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt kaldu jamur bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt minyak wijen
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt kaldu sapi bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk

Saus:

  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1/2 siung bawang bombay, potong memanjang
  • 1 sdm margarin
  • 200 ml air
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdm kecap Inggris
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sdm gula
  • 1/2 sdm maizena, larutkan dengan air
  • 1 sdt minyak wijen

Bahan tepung (campur jadi satu, aduk rata):

  • 150 gr terigu protein sedang
  • 100 gr tepung Sajiku
  • 80 gr tepung tapioka 
  • 1 sdm bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk

Pelengkap:

  • Nasi putih
  • Wortel potong panjang, rebus
  • Buncis potong panjang, rebus

Cara membuat:

  • Saus: panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukkan air, beri bumbu-bumbu, biarkan mendidih, tes rasa, kentalkan dengan maizena, beri minyak wijen, aduk rata.
  • Campur daging dengan bumbu-bumbu, aduk rata diamkan sebentar biar merasuk, sisihkan.
  • Kocok lepas telur campur dengan kaldu sapi bubuk dan merica.
  • Balur daging dengan tepung, celupkan ke telur, gulingkan ke tepung sambil diremas-remas sedikit, goreng dengan minyak panas yang banyak sampai matang, angkat.

9 dari 17 halaman

Resep Bistik Daging Sapi Rumahan

Resep Bistik Daging Sapi RumahanResep Bistik Daging Sapi Rumahan © Mamaquink

Bahan :

  • 500 gram daging sapi
  • 1/2 buah bawang bombai
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap inggris
  • kecap asin secukupnya
  • 1 sdm saos tiram
  • 2 sdm saos sambal

Bumbu halus :

  • 1/2 sdt lada
  • Pala sejumput
  • 4 siung bwang putih
  • 8 butir bawang merah
  • Garam secukupnya

Bahan pelengkap

  • Wortel rebus
  • Selada
  • Buncis rebus

Cara memasak

  • Rebus daging sampai agak empuk, sisihkan air kaldunya lalu potong potong dagingnya
  • Tumis bawang bombai sampai wangi lalu masukkan bumbu halus.
  • Masukkan irisan daging aduk aduk lalu masukkan kecap manis, kecap asin, kecap inggris saos tiram dan saos sambal. Lalu masukkan air kaldunya.
  • Masak dengan api kecil dan biarkan airnya mengental dan dagingnya sampai empuk.
  • Cek rasa apabila sudah pas, angkat dan sajikan dengan selada, wortel dan buncis yang sudah direbus.

10 dari 17 halaman

Resep Bistik Daging Ayam

Resep Bistik Daging AyamResep Bistik Daging Ayam © instagram.com/dellasuzura/

Dengan daging ayam pun kamu bisa menikmati lezatnya resep bistik daging nih!

Bahan :

  • 500 gram fillet ayam cuci bersih potong kecil lumuri dengan jeruk nipis dan bilas kembali
  • 2 buah kentang potong wedges, goreng dan sisihkan
  • 2 buah wortel iris memanjang, rebus dan sisihkan.
  • 150 gram buncis potong pendek, rebus dan sisihkan

Bumbu marinasi ayam (diamkan selama 1 jam)

  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt lada bubuk
  • 4 sdm tepung bumbu serbaguna
  • 2 bungkus tepung bumbu serbaguna
  • 1 buah bawang bombay iris

Bahan saos

  • 1 sdm saus tiram
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • 2 sdm saus tomat
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 150 ml Air matang

Cara memasak : 

  • Marinasi ayam dengan bumbu diamkan 1 jam agar meresap sempurna.
  • Dalam wadah masukkan tepung bumbu serbaguna.
  • Ambil ayam yang telah dimarinasi kemudian gulingkan ke tepung bumbu lakukan sampai habis.
  • Goreng ayam sampai kecoklatan angkat dan sisihkan.
  • Tumis bombay sampai wangi.
  • Masukkan bahan saus aduk rata.
  • Tuang air biarkan mendidih.
  • Koreksi rasa dan tuang saus ke atas ayam yang telah di goreng.
  • Sajikan bistik bersama kentang goreng, buncis dan wortel rebus.

11 dari 17 halaman

Resep Bistik Daging Sapi untuk Diet

Resep Bistik Daging Sapi untuk DietResep Bistik Daging Sapi untuk Diet © instagram.com/diazkitchen/

Sederhana dan bergizi, resep bistik daging ini cocok banget untuk menu diet.

Bahan:

  • 500 gr daging sapi, potong agak tipis

Bumbu perendam:

  • 2 sdm saus inggris
  • 3 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt merica bubuk

Bahan bumbu:

  • 2 siung bawang putih, geprek lalu cincang
  • 1 bawang bombay ukuran sedang, iris tipis
  • 1-2 sdm saus tomat
  • 2 sdm kecap manis, tambahkan kalo suka manis
  • 1/2 sdt kaldu jamur atau kaldu sapi bubuk (opsional)
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1/2 sdt merica
  • 500 ml - 1 liter air
  • 1 sdm tepung terigu, larutkan dgn sedikit air
  • Gula
  • Garam
  • Margarin

Pelengkap:

  • French fries / mashed potato / potato wedges / nasi putih
  • Wortel rebus
  • Buncis rebus

Cara membuat:

  • Campur daging dan bumbu perendam hingga rata, biarkan kira 30-60 menit
  • Lelehkan margarin dalam wajan (bisa wajan cekung biasa atau pake grill pan) , masukkan daging satu persatu, bumbu rendaman jangan dimasukkan dulu, sampe berubah warna lalu balik, hingga ada warna kecokelatan seperti gosong (caramelized)
  • Kemudian masukkan sisa bumbu rendaman daging, tambahkan air, tambahkan garam dan pala bubuk, masak hingga daging empuk, tambahkan air bila daging belum empuk
  • Di wajan lain, tumis bawang putih dan bawang bombay dgn margarin hingga matang
  • Kemudian masukkan tumisan bawang bombay ke dalam daging, tambahkan kecap manis, saus tomat, kaldu bubuk, koreksi rasa
  • Kentalkan dengan larutan tepung terigu, masukkan sedikit-sedikit hingga kekentalan yang diinginkan
  • Sajikan dengan pelengkap

12 dari 17 halaman

Resep Bistik Daging Sapi dari Stok Daging Idul Adha

Resep Bistik Daging Sapi dari Stok Daging Idul AdhaResep Bistik Daging Sapi dari Stok Daging Idul Adha © instagram.com/nuukenlekso/

Biar olahan daging Idul Adha kamu nggak itu-itu aja, masak dengan resep bistik daging sapi ini ya

Bahan :

  • 500 gr daging sapi
  • 500 ml air (untuk rebus daging)
  • 4 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap asin
  • 2 sdm saus tomat/sambal
  • 1/2 bh bawang bombai (potong halus)

Bumbu halus :

  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Rebus daging masak agak empuk. Sisihkan air kaldunya, kemudian potong-potong daging sesuai selera.
  • Tumis bawang bombai, kemudian masukkan bumbu halus. Masak hingga tanak.
  • Masukkan potongan daging, aduk. Tambahkan kecap manis, saus tiram, kecap asin, saus tomat dan aduk rata.
  • Masukkan air kaldu masak hingga air mengental dan daging empuk.

13 dari 17 halaman

Resep Bistik Daging Sapi Saus Mentega

Resep Bistik Daging Sapi Saus MentegaResep Bistik Daging Sapi Saus Mentega © Instagram/@c_arvi

Saus pada resep bistik ini menggunakan saus mentega yang udah nak diragukan lagi gurihnya.

Bahan:

  • 200 gr daging sapi, iris berlawanan serat, tipis lalu pukul-pukul
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 5 sdm maizena

Bahan saus mentega:

  • 3 sdm margarin
  • 2 sdm kecap manis
  • 1/2 buah bawang bombay, iris-iris
  • 3 siung bawang putih
  • 4 sdm saus tomat
  • 2 sdm kecap asin
  • 100 ml air

Pelengkap:

  • Wortel dan buncis rebus

Cara membuat:

  • Marinasi daging dengan bawang putih, garam dan lada, baluri maizena, lalu goreng hingga kecokelatan.
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan margarine, tambahkan saus dan kecap, masak hingga mengental.
  • Siram saus ke atas daging. Sajikan dengan wortel dan buncis rebus.

14 dari 17 halaman

Resep Bistik Daging Sapi Brown Sugar

Resep Bistik Daging Sapi Brown SugarResep Bistik Daging Sapi Brown Sugar © Instagram/@yscooking

Bahan:

  • 500 gr daging sapi has dalam, rebus sampai empuk, laluiris
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm kecap Inggris
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm brown sugar
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • Garam, merica

Bumbu halus:

  • 4 bawang putih
  • 5 bawang merah

Pelengkap:

  • Selada
  • Wortel dan buncis rebus
  • Kentang goreng

Cara membuat:

  • Tumis bumbu halus sampai harum.
  • Masukkan bumbu-bumbu. Aduk rata lalu masukkan daging. Aduk rata.
  • Tuang air kaldu secukupnya, koreksi rasa.
  • Masak sampai meresap dan kuah kental. Sajikan dengan pelengkap.

15 dari 17 halaman

Resep Bistik Daging untuk Makan Anak

Resep Bistik Daging untuk Makan AnakResep Bistik Daging untuk Makan Anak © instagram.com/angelina.leon.rich/

Bingung bikin menu olahan apa lagi agar anak senang makan? Cobain resep bistik daging ini aja yuk!

Bahan:

  • 250gr daging has dalam iris tipis
  • 5 siung bawang merah iris tipis
  • 3 siung bawang putih iris tipis
  • 1sdm kecap inggris
  • 3-4 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • Sejumput pala bubuk
  • Garam, gula, merica secukupnya
  • Air secukupnya
  • 2sdm mentega
  • 1sdm maizena larutkan dengan sedikit air untuk pengental
  • Kentang iris tipis, goreng kering

Cara Membuat:

  • Panaskan mentega sampai leleh, tumis bawang merah dan bawang putih sampai layu, masukkan daging , tumis sampai berubah warna. 
  • Masukkan kecap inggris, kecap manis, kecap asin, air, garam, gula, merica , pala bubuk, masak hingga matang dan test rasa, lalu masukkan larutan maizena , aduk sebentar, Angkat.
  • Tata kentang yang sudah digoreng dalam piring, lalu siram dengan bistik daging

16 dari 17 halaman

Resep Bistik Daging Sapi dengan Paprika

Resep Bistik Daging Sapi dengan PaprikaResep Bistik Daging Sapi dengan Paprika © instagram.com/rosscake_palangkaraya/

Dengan tambahan paprika hijau dan merah, tampilan serta rasa dari resep bistik daging sapi ini jadi makin makin deh!

Bahan 

  • Daging 500 gr
  • Kecap manis 
  • Paprika merah dan hijau
  • Bawang bombay
  • Minyak goreng
  • Air

Bumbu dihaluskan

  • 8 Bawang merah
  • 8 Bawang putih
  • 1 sdt merica biji /lada hitam
  • 5 butir kemiri

Cara memasak :

  • Masukan minyak tumis bumbu dihaluskan sampai harus dan berubah warna kekuningan masukkan air setelah mendidih masukkan daging dan kecap 
  • Masak sampai mengering. Bila daging belum empuk bisa tambahkan air lagi dan masak lagi sampai air sedikit mengering lalu masukkan bawang bombay, paprika/cabe setalah sedikit layu matikan api.

17 dari 17 halaman

Resep Bistik Daging dengan Kuah

Resep Bistik Daging dengan KuahResep Bistik Daging dengan Kuah © Instagram/@alinelily.0910

Kuah yang enak banget pada resep bistik daging ini bisa kamu gunakan untuk menyiram nasi atau kentang.

Bahan:

  • 500 gr daging sapi has dalam
  • Telur rebus
  • Bawang putih geprek
  • Bawang bombay iris
  • Sedikit pala bubuk
  • Tomat iris halus
  • Kecap manis, kecap asin bangka
  • Gula organik
  • Kecap Inggris
  • Saos tiram
  • Kaldu jamur
  • Garam
  • Merica (bisa ganti black pepper)
  • Margarin untuk menumis

Cara membuat:

  • Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
  • Masukkan daging tumis sampai berubah warna.
  • Tambahkan sedikit pala bubuk.
  • Tambahkan air. Masukkan kecap asin bangka, kecap manis, lada, garam, kaldu. Diamkan sampai daging empuk.
  • Setelah daging empuk, masukkan telur rebus. Koreksi rasa dan bistik sapi siap disajikan.

Resep bistik daging sapi begitu mudah dibuat dan cocok banget sebagi salah satu resep olahan daging sapi yang wjib kamu cobain.

 

Beri Komentar